Gubsu Tengku Erry Serahkan Bantuan 1.200 Sepedamotor Operasional Desa

24 Desember 2017
Gubsu Tengku Erri Serahkan BantuanKota Pinang | Indonesia Berkibar News - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi didampingi  Kadis Perberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Aspan Sopian, Bupati Labuhan Batu Selatan (Labusel) Wildan Aswan Tanjung, Ketua APDESI Sumut Zainul Akhyar, Sekdakab Labusel Zulkifli  menyerahkan bantuan kenderaan operasional berupa sepedamotor kepada tiga pilar, yakni Kepala Desa, Babinsa, dan Babinkambtimas.

Penyerahan bantuan sepedamotor itu dilakukan saat Tengku Erry menutup Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Sumut yang diikuti seluruh Kepala Desa dari 8 Kabupaten yang gelar di Kota Pinang, Labuhan Batu Selatan (Labusel), Minggu (24-12-2017).

Gubsu Tengku Erry menyampaikan rasa syukurnya karena bisa bersilaturahmi bersama Aparatur Desa dari Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Tapanuli Selatan, Tapteng, Madina dan Pengurus TP PKK. Karena dengan bersilaturahmi akan dapat saling mengenal dan bertukar informasi,uncap Gubsu.

Sesuai Nawacita Presiden Joko Widodo membangun Indonesia dari pinggiran tentunya memulai pembangunan dari Desa untuk mewujudkan Indonesia Hebat dan Sumatera Utara semakin Paten, ujar Gubsu.

"Seperti yang disampaikan pak Bupati Labusel tadi setiap Desa saat ini bisa mendapatkan Rp1,5 miliar. Tetapi tentu dari dana yang kita peroleh itu harus bethati-hati. Karena seperti kita ketahui Kepala Desa, Bupati bahkan Gubernur banyak yang bukan berasal dari birokrat. Oleh karenya kita harus benar-benar memahami segala aturan yang ada agar tidak berurusan dengan pihak berwajib kelak,"papar Gubsu.

Guna peningkatan kapasitas Kepala Desa, Pemprovsu juga melakukan penilaian desa dan kelurahan terbaik yang dilakukan secara berjenjang dari tingkat kecamatan, Kabupaten Kota dan juga tingkat Provinsi. Dengan adanya penilaian ini setidak aparatur desa semakin termotivasi menjadi desa terbaik. Dan tidak kalah pentingnya lanjut Gubsu, Pemprovsu memberikan dukungan kepada tiga pilar desa yakni Kepala Desa, Babinsa dan Babinkamtibmas.

"Seperti hari ini kita memberikan bantuan tiga pilar Desa kenderaan operasional sepeda motor. Total bantuan kita tahun ini sebanyak 1.200 unit. Insyaallah tahun depan akan kita lanjutkan lagi bantuan ini untuk yang belum mendapatkan.  Hari ini kita juga memberikan bakal seragam PKK setiap Desa dan Kelurahan 20 pieces," papar Gubsu.

Sementara Bupati Labusel Wildan berharap melalui Rakerda dapat meningkatkan wawasan Kepala Desa dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Selain itu juga melalui Rakerda yang digelar sejak tanggal 22 Desember 2017 dapat menjadi ajang bertukar informasi produk unggulan yang nantinya dapat diterapkan di Daerah masing-masing.

"Saya ucapkan selamat datang kepada Bapak Gubernur dan rombongan. Semoga bapak senantiasa diberi kesehatan dan melanjutkan pembangunan di Sumut dimasa mendatang,"ujarnya.

Kadis PMD Sumut Aspan Sopian mengatakan Pemprovsu dibawah kepemimpinan Dr HT Erry Nuradi akan terus memberikan perhatian lebih untuk pembangunan Desa dengan total Desa dan Kelurahan di Sumut.

"Melalui Rakerda ini, Gubsu pun berharap dapat melahirkan program-program kerja yang mendukung pengembangan Desa  sebagaimana yang diterapkan dalam Nawa Cita,"ujarnya.(bundo/gunawan)