Lezatnya Kuah Beulangong, Pikat Lidahnya Ribuan Pengunjung Sail Sabang 2017

4 Desember 2017

Sabang | Indonesia Berkibar  News  – Memeriahkan even wisata bahari Sail Sabang 2017, sebanyak 18 kelompok kuliner khas Aceh mengikuti Festival Kuah Belangong pada hari pembukaan Sail Sabang 2017, di komplek stand kuliner Aceh di Pelabuhan CT-3 BPKS, Kota Sabang, Sabtu (02-12-2017) siang.

Sejumlah kelompok kuliner tersebut berasal dari 18 gampong dari dua kecamatan di Kota Sabang. Masing-masing kelompok memasak 1 belangong (kuali), kemudian dihidangkan ke sejumlah pengunjung yang berhadir untuk menyantap siang.

Even Organizer (EO) Stand Kuliner Aceh, Wan Windi Lestari mengatakan, festival kuah belangong dilaksanakan pada pembukaan Sail Sabang, tujuannya agar seluruh pengunjung bisa melihat cara meramu, memasak, sekaligus menikmati kuliner khas Aceh yang sudah melegenda tersebut.

“Ada sekitar 10-ribuan pengunjung, termasuk para rombongan kementerian menikmati kuah belangong,” kata Indi.

Sementara, Kepala Seksi Nilai Budaya Disbudpar Aceh, Evi Mayasari mengatakan, kuah belangong merupakan makanan khas Aceh yang harus terus dibudayakan, dan even Sail Sabang ini adalah salah satu media efektif untuk mempromosikan kepada wisatawan nusantara juga mancanegara.

Menurutnya, kehadiran para pengunjung Sail Sabang menjadi salah satu momen penting dalam memperkenalkan cita rasa serta cara memasak dari kuah belangong. “Festival kuah belangong ini salah satu dari sekian rangkaian yang digelar di Sail Sabang 2017,” katanya.

Evi mengaku bangga karena para pengunjung pada pembukaan Sail Sabang sangat antusias melihat sekaligus menikmati festival kuah belangong ini.

“Alhamdulillah antusias masyarakat sangat tinggi meskipun dalam situasi hujan acara bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Begitu juga dari para wisatawan nusantara maupun mancanegara,” ujar Evi.

Kegiatan festival kuliner Aceh lainnya juga akan digelar setiap harinya selama berlangsungnya Sail Sabang 2017 yang nantinya akannberakhir pada 5 Desember. Dan pada hari Minggu 3 Desember di lokasi yang sama juga akan digelar coconut festival dan festival master coffee.(rel/torong)