Pangdam I/BB Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H

22 Desember 2017
 


Medan | Indonesia Berkibar News - Ketauladanan Rasullah SAW menjadikan motivasi dan peningkatan kualitas bagi prajurit yang disampaikan Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri pada acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1439 H/2017 M yang diikuti lebih kurang 500 orang terdiri dari Prajurit, ASN dan Ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana jajaran Kodam I/BB Sewilayah Medan, Kamis,(21-12-2017) di Masjid At Taqwa Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan.


Pangdam I/BB menyebutkan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan momen yang sangat tepat untuk mengikuti jejak kehidupan Muhammad Rasulullah SAW, tidak hanya sebagai seorang Nabi pembawa risalah keagamaan, tetapi merupakan sebagai misi rahmatan lil alamin. Oleh karena itu, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW hendaknya tidak sebatas kegiatan rutinitas saja, namun dijadikan sebagai wahana untuk pencerahan yang dapat menumbuhkan motivasi bagi peningkatan kualitas diri, guna mendukung pelaksanaan tugas. Melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, disunnahkan memperbanyak shalawat sebagai wujud cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW.


Lebih lanjut Pangdam I/BB mengatakan, keteladanan akhlak Nabi Muhammad SAW hendaknya menjadi acuan bagi kehidupan kita seorang muslim tentang kejujuran (shiddiq) Nabi Muhammad SAW, dengan membangun kehidupan yang sopan santun, sikap terbuka dan toleransi antara umat beragama, sesuai dengan tema peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yaitu "Jadikan hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1439 H/2017 M, sebagai keteladanan dalam meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat".


Tema ini merupakan aplikasi dari nilai-nilai perjuangan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Rasulullah SAW. Jadikanlah keteladanan ini sebagai landasan motivasi juang dan profesionalisme prajurit dan ASN dalam pengabdian kepada Bangsa dan Negara.


Sementara itu,  Ustad M. Iqbal S.Pdi, MA dalam Tausiyah mengatakan, ketauladanan Rasullah SAW merupakan contoh bagi kita sebagai umat muslim, baik diri sendiri maupun dalam membina keluarga. Salah satu contoh sifat Rasullah SAW yang ditauladani diantaranya sifat sabar dan tawakal dalam menghadapi segala permasalahan, kemudian rasa bersyukur dalam menerima rezeki yang diberikan Allah SWT. Selanjutnya dalam hadistnya Rasullah SAW menyampaikan  "salah satu penghuni surga yaitu gemar membaca Al Quran, menjaga lisan atau ucapan sesuai ajaran Islam, memperbanyak sedekah kepada fakir miskin," guna menjadikan manusia yang bertaqwa kepada Allah SWT.


Terlihat hadir dalam acara tersebut, para Staf Ahli Pangdam I/BB, para Staf Khusus Pangdam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, para Kabalakdam I/BB, Pa Lo AL dan para Dansat jajaran Kodam I/BB.(bahren)