Edukasi

Loading...

Pemkab Sergai Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi E-Planning SIPEREKAT


Sei Rampah |Indonesia Berkibar News - Semakin cepatnya perkembangan teknologi informasi mengharuskan kita untuk beradaptasi dalam pemanfaatannya guna mendukung efektifitas kerja terutama instansi pelayanan publik pemerintah seperti aplikasi E-Government. Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik dan transparansi sistem pemerintahan modern sebagai satu cara untuk memperbaiki sistem birokrasi konvensional.





Penerapan E-Government dalam hal ini E-Planning mutlak dilaksanakan. Seperti kita ketahui bahwa beberapa pemerintah daerah di Indonesia telah merasakan manfaat yang cukup besar dalam penerapan aplikasi ini seperti efektivitas kerja, efisiensi anggaran dan peningkatan capaian indikator kinerja.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) Darma Wijaya dalam sambutannya sekaligus membuka sosialisasi dan pelatihan penggunaan aplikasi E-Planning Sistem Informasi Perencanaan Berbasis Masyarakat (SIPEREKAT) Tahun 2017 bertempat di aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (11-12-2017).

Turut hadir dalam pembukaan Kepala OPD dan Camat se-Sergai serta seratusan  peserta yaitu anggota DPRD dan operator , OPD dan camat beserta operatornya.

Lebih lanjut Wabup menyebutkan untuk menyambut tahun anggaran 2018, pelatihan aplikasi E-Planning ini dipersiapkan guna penyusunan program dan kegiatan Pemkab Sergai untuk tahun perencanaan 2019 atau tahun ketiga dari RPJMD periode 2016-2021. Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman dan kemudahan kepada aparatur pemerintah dalam merencanakan program/kegiatan pembangunan daerah dalam bentuk sistem yang terintegrasi.

Aplikasi E-Planning SIPEREKAT ini memuat modul aplikasi E-Musrenbang mulai dari dusun/lingkungan atau rembuk warga, desa hingga kecamatan. Modul aplikasi pokir DPRD untuk menampung hasil reses anggota DPRD. Modul aplikasi RKPD yang juga memuat menu Renja OPD dan modul aplikasi satuan harga, kata Wabup Darma Wijaya.




Sebelumnya Ketua Panitia penyelenggara kegiatan Budi Damanik dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannnya kegiatan ini untuk memberikan pemahaman dan kemudahan kepada aparatur pemerintah dalam merencanakan program/kegiatan pembangunan daerah dalam bentuk sistem yang terintegrasi. Sedangkan waktu pelaksanaan kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari mulai Senin s/d Selasa tanggal 11 s/d 12 Desember 2017.


Sedangkan peserta kegiatan sebanyak 161 orang yang terdiri dari 45 anggota DPRD Sergai, 30 orang Kepala OPD, 17 Orang Camat, 5 orang operator perwakilan dari anggota DPRD, 17 orang operator perwakilan dari kantor camat dan 47 orang operator perwakilan dari seluruh OPD dan kecamatan se-Sergai, kata Budi Damanik. (m risky)

Share on Google Plus
Loading...

0 komentar:

Posting Komentar