Loading...

Walikota Apresiasi IPHI Medan Latih Guru Jadi Pembimbing Manasik Haji




Medan | Indonesia Berkibar News -  Walikota Medan, Drs H.T. Dzulmi Eldin S, MSi diwakili Kabag Agama  Setdako Medan, Drs. H. Ilyas Halim, MPd mengapreasiasi Pelatihan Calon Pembimbing Manasik Haji bagi Guru TK, MIN, Mis, Tsanawiyah dan Aliyah Sederajat se-Kota Medan, yang digelar Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Medan, Kamis (21-12-2017) di Asrama Haji Medan.  Dengan pelatihan ini, para guru nantinya dapat memberikan pemahaman benar soal pelaksaaan ibadah haji bagi anak-anak didik.

“Ibadah haji memang harus dikenalkan pada anak didik  baik secara formal maupun non-formal. Karena itu, untuk memberikan pemahaman akan ilmu ibadah haji dengan benar, para guri harus terlebih dahulu memahami soal ibadah haji dan berbagai persoalannya yang meliputinya,” sebut Walikota.


Walikota mengajak ratusan guru yang menjadi peserta itu serius mengikuti setiap tahapan pelatihan agar memahami betul materi yang diberikan, sehingga mudah menularkan pemahaman itu kepada anak didik.


“Pemahaman terhadap materi menjadi sangat dibutuhkan, sebab pembelajaran bagi anak tidak cukup hanya dengan menyampaikan materi sebagaimana yang tertulis didalam buku, tapi juga butuh improvisasi agar lebih mudah dipahami para peserta didik, dan improvisasi hanya dapat dilakukan, jika guru-guru memahami betul materi yang akan dia ajarkan,” ungkapnya.


Sebelumnya panitia pelaksana, H Halim Hasibuan SSos menyebutkan, materi pelatihan meliputi kebijakan pemerintah dalam penyelenggaraan haji, fiqih haji dan hikmah dan keutamaan ibadah haji, proses perjalanan haji dan tempat berziarah di tanah suci, tata cara prosedur pendaftaran haji dan hak dan kewajiban jamaah haji, adat istiadat dan budaya bangsa Arab dan talimatul hajj.


“Dalam pelatihan ini, peserta tidak hanya mendapatkan teori, namun juga langsung melakukan praktik. Dengan demikian, para guru-guru yang sebagian besar memang belum pernah menunaikan ibadah haji ini dapat benar-benar memahami apa yang disampaikan oleh para narasumber,” katanya.


Dia menambahkan, tujuan IPHI Medan menggelar pelatihan ini juga untuk meningkatkan kualitas, kreativitas dan integritas guru sebagai pembimbing manasik haji bagi murid-murid. Karena itu, pihaknya sengaja mengundang para narasumber yang kompeten, di antaranya Drs. Ilyas Halim, MPd, Drs. H. Sangkot Siregar, MPd, Drs Agus Mariono, dan Drs Imran Harahap MA.


Pada kesempatan itu, Drs Imran Harahap MA yang merupakan Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kemenag Kota Medan, juga menilai pentingnya pelatihan manasik haji bagi para guru-guru ini. PIhaknya memang berkepentingan agar penyelengaraan bimbingan manasik haji dapat berjalan dengan baik dan lengkap.


“Kemenag Kota Medan juga mempunyai para pembimbing yang telah mempunyai sertifikasi untuk memberikan bimbingan manasik haji. Karena itu, kita juga membuka diri untuk dilibatkan berbagai pihak yang ingin menyelenggarakan manasik haji,” ungkapnya. (bahren )






Share on Google Plus
Loading...

0 komentar:

Posting Komentar