Kabupaten Nias Selatan Pringati Hari TBC Sedunia

24 Maret 2018

Nias Selatan | Indonesia Berkibar News - Peringatan Hari TB Sedunia Tahun 2018 kali ini diselingi dengan penyerahan hibah bakal baju PKK Provinsi Sumatera Utara kepada TP-PKK Desa pada 5 (lima) Kecamatan, bertempat di halaman Kantor Camat Aramo, Jumat (23-03-2018).

Kegiatan ini dimulai dengan acara pembacaan laporan pelaksanaan kegiatan oleh Ketua Panitia Analisa Nasir Laia selaku Kepala UPTD Puskesmas Aramo dan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis hibah  bakal baju PKK Provinsi Sumatera Utara kepada TP-PKK Desa, masing-masing Desa dari 5 Kecamatan, yakni : Desa Hili’amozula Kecamatan Aramo, Desa Tuidrao Satu Kecamatan Amandraya, Desa Orodua Sibohou Kecamatan Ulu Susua, Desa Sifalago Susua Kecamatan Susua, dan Desa Hilimbowo Kecamatan O’ou. Penyerahan ini didahului dengan penandatanganan berita acara, pakta integritas dan pernyataan tanggungjawab permohonan hibah bakal baju PKK Provinsi Sumatera Utara tahun 2017 oleh Pejabat Kepala Desa dari masing-masing Desa.

Dalam rangkaian acara “Toss TB Bersama” Peringatan Hari Tuberculosis se-Dunia, Panitia melaksanakan Penyerahan Bingkisan kepada Pengawas Minum Obat (PMO) dan Penghargaan kepada Juru Pemantau Tuberculosis (Jumanto) serta pada kesempatan itu dilakukan juga Penandatangan Komitmen Lintas Sektoral UPTD Puskesmas Aramo dalam melaksanakan Akreditasi Puskesmas Tahun 2018 yang berakhir dengan kata penutup oleh Camat Aramo Sozisokhi Laia, S.Sos.

Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH.,MH, dalam arahannya mengatakan bahwa Penyakit TB ini merupakan penyakit yang sangat berbahaya karena Penyakit jenis ini penyebab kematian nomor 2 setelah HIV/AIDS. Oleh karena itu beliau berharap setiap Puskesmas dapat bekerja sesuai target tetapi harus dilakukan dengan pengumpulan data terlebih dahulu. Berkenaan dengan penyaluran hibah bakal baju PKK, Bupati menghimbau agar ibu-ibu PKK di Desa tetap semangat melakukan aktivitas.

Usai acara, Bupati dan rombongan menuju Puskesmas Aramo guna meninjau langsung kesiapan disana dan melihat langsung TOGA (Taman Obat Keluarga) yang ada di halaman Puskesmas dan dilanjutkan dengan pembukaan tirai papan TOGA oleh Ketua TPPKK Kabupaten Nias Selatan Ny. Megawati Sozanolo Ndruru dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DPW) Kabupaten Nias Selatan Ny. Martina Ikhtiar Duha, disaksikan oleh Bupati, Camat dan Tokoh Masyarakat yang hadir pada saat itu.(Mesiana BLL/torong)