RSUD Pirngadi Punya Unit Transpusi Darah

25 April 2018
Medan | Indonesia  Berkibar News-  Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, DR. Bambang Wibowo,SP.OG(K),MARS bersama Wali Kota Medan, Drs. H.T Dzulmi Eldin S,M.Si yang diwakili oleh Wakil Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution,M.Si meresmikan instalasi unit transpusi darah RSUD Dr. Pirngadi Kota Medan, di halaman depan gedung RSUD Dr. Pirngadi Kota Medan, Selasa (24-04-2018). 

Peremian ini ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, DR. Bambang Wibowo,SP.OG(K),MARS. 

Wakil Wali Kota mengatakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan rumah sakit yang semakin berkualitas, Pemerintah Kota Medan melalui manajemen RSUD Dr. Pirngadi Kota Medan terus melakukan inovasi pelayanan yang semakin baik, salah satunya adalah mengembangkan instalasi unit transpusi darah, dengan harapan unit ini nantinya dapat bertanggung jawab atas tersedianya darah dalam jumlah yang cukup, berkualitas serta aman untuk digunakan, sehingga dapat mendukung pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi pada masa mendatang.

 "Rencananya kita akan membangun wing baru, renovasi total gedung lama dengan tetap mempertahankan bagian dari arsitektur heritage, mengembangkan sistem informasi manajemen rumah sakit, serta menambah beberapa alat-alat kesehatan yang lebih memadai sehingga dapat mendukung pelayanan unggulan rumah sakit."kata Wakil Wali kota.

 Sementara itu, Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, DR. Bambang Wibowo,SP.OG(K),MARS dalam sambutanya mengucapkan selamat atas peresmian instalasi unit transpusi darah RSUD Dr. Pirngadi Kota Medan, diharapkan instalasi ini memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kota Medan.

 Bambang Wibowo juga berpesan kepada manajemen RSUD Dr. Pirngadi Kota Medan agar menjaga kualitas darah yang ada, jangan sampai terjadi kelalaian karena resikonya samgat tinggi. 

 "Harus dijaga kualitasnya, jangan sampai darah tersebut terinfeksi,"pesan Bambang. 

Sebelumnya, Dirut RSUD Dr. Pirngadi Kota Medan dr.Suryadi Panjaitan, M.Kes,Sp.PD dalam laporanya mengatakan Instalasi Unit Transpusi Darah RSUD Dr. Pirngadi Kota Medan di bangun untuk memenuhi kebutuhan darah masyarakat. Sebab, kebutuhan darah di RSUD Dr. Pirngadi Kota Medan mencapai 1000 kantung setiap bulan sehingga perlu dibangun unit instalasi darah ini.(bundo)