Loading...

Danlanal Sabang Pimpin Patroli Rutin Perairan Laut Aceh

 Sabang | Indonesia Berkibar News– Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Edi Haryanto,SE, memimpin langsung patroli keamanan perairan lauat Aceh. Kolonel Edi Haryanto, melaksanakan patrol menggunakan KAL Seumelu II.I.26, yang sangat berjasa dalam mengamankan kedaulatan NKRI, KAL Seumelu sendiri dikomandani Letda Laut (P) Eko Heryanto. 

 Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Edi Haryanto,SE, kepada Wartawan Minggu (20-05-2018) mengatakan patroli tersebut merupakan operasi rutin, atau program kerja Lanal Sabang, dengan tujuan untuk member rasa aman kepada pengguna laut, dan juga keamanan bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)., kata Kolonel Edi Haryanto. Danlanal Edi Haryanto, menjelaskan kehadiran kapal patroil ditengah laut, bukan saja mengatisipasi kejahatan dan pelanggaran di laut, tetapi lebih dari itu tugas pelaksanaan patroli sekaligus member pembinaan serta penertiban dokumen kapal-kapal terutama bagi kapal yang tidak ada izin, atau surat izin berlayar sudah berakhir.

 Pelaksanaan patroli dan operasi kali ini difokuskan untuk mengantisipasi penyuludupan barang jenis sembako atau barang lainnya dari luar negeri, yang masuk ke Sabang dan Aceh. Pasalnya, perairan Aceh merupakan lintasan internasional yang tergolong rawan dan perlu ada perhatian khusus dalam pengamanan laut., jelasnya.

 Sebagaimana diketahui lanjut Kolonel Edi Haryanto, Aceh ini berbatasan langsung dengan Negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia, yang rentan dilakukan penyeludupan oleh pihak-pihak yang mencari keuntungan dengan cara melanggar Undang-undang NKRI.

 Untuk itu Lanal Sabang sebagai penjaga keamanan laut paling barat Indonesia, wajib dan selalu siap melakukan kegiatan keamanan laut secara terpadu dan professional, agar pengguna laut dan masyarakat nelayan dapat merasa aman dan nayaman dalam melakukan aktifitas. Selama melaksanakan patroli KAL Seumelu dalam tugasnya, memeriksa kapal-kapal yang melintas laut Benggala Aceh. Bahkan, melakukan tugas rutinnya seluruh wilayah perairan Aceh secara umum., terang Komandan yang ramah senyum ini.(jal/torong)
Share on Google Plus
Loading...

0 komentar:

Posting Komentar