Pemkab Sergai Gelar UKW Tahun 2018

9 Mei 2018
Sei Rampah | Indonesia Berkibar News - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai), Selasa (08-05-2018) menggelar kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Tahun 2018 bertempat di Aula Sultan Serdang di Sei Rampah.

 Kegiatan yang berlangsung selama 2 (dua) hari mulai Selasa-Rabu (08 s/d 09-05-2018) ini dibuka secara resmi oleh Wabup Darma Wijaya dan dihadiri oleh Kadis Kominfo Sergai Ikhsan, AP, para penguji dan admin seperti Hendro Basuki, Sayid Iskandarsyah, IGMB Dwikora Putra, Ahmad Istiqom, Yudi Warman, Taty Fatimah, Syamsul Huda, Oktap Riyadi, Firdaus Komar, Eka Putea dan Hermansjah. 

Wabup Sergai Darma Wijaya mengemukakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya yang dilakukan Pemkab Sergai dalam rangka mewujudkan implementasi Undang-Undang Ri No 40 Tahun 1999 tetang Pers. 

Selanjutnya Standar Kompetensi itu menjadi “alat ukur” profesionalitas wartawan. Oleh karenanya, kegiatan UKW ini sangat penting untuk memenuhi ketentuan sehingga dapat dijadikan pedoman dalam hal penerapan profesi kewartawanan.

"Melalui UKW ini wartawan akan diuji kemampuan intelektual dan pengetahuan umumnya, sebab di dalam Standar Kompetensi Wartawan (SKW) itu melekat pemahaman tentang pentingnya kemerdekaan berkomunikasi, berkomunikasi berbangsa dan bernegara yang demokratis," papar Wabup.

 Uji Kompetensi ini memang harus kita lalui mulai dari sekarang, karena kita ingin menjadi pionir lahirnya wartawan-wartawan yang profesional dan menjadi bagian tak terpisahkan dalam suksesnya pembangunan di Tanah Bertuah Negeri Beradat,harap  Wabup.

 Sebelumnya Kadis Kominfo Ikhsan, AP dalam laporannya menyampaikan tujuan dilaksanakanya kegiatan ini adalah untuk mempererat tali silaturrahmi serta meningkatkan kemitraan Pemkab Sergai dengan wartawan dalam hal mempublikasikan program-program maupun hasil-hasil pembangunan.

 "Sebagai upaya meningkatkan kompetensi para wartawan khususnya dilingkungan Pemkab Sergai. Untuk jumlah peserta sebanyak 70 orang serta melibatkan penguji yang berasal dari Direktur UKW Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat," papar Kadis. 

Ketua PWI Sumut Hermansjah mengapresiasi Pemkab Sergai telah melaksanakan UKW kepada Wartawan Unit Pemkab, dengan melaksanakan UKW ke depan Wartawan Sumut semakin banyak berkopetensi.

"Ke depan banyak lagi Pemkab/Pemko menyatakan kesediannya melaksanakan UKW, Pemko Tebing Tinggi, Deli Serdang, Langkat," papar Ketua PWI Sumut.(torong/fit)