Ramadhan Fair Jadikan Medan Barometer Kota Religius

20 Mei 2018
 Medan | Indonesia Berkibar News -  Gubsu Ir H T Erry Nuradi MSi membuka Ramadhan Fair XV tahun 2018 di Taman Sri Deli Jalan Sisingamangaraja Medan, Sabtu (19-05-2018).
  Selain pemukulan bedug, pembukaan Ramadhan Fair juga dimeriahkan dengan penampilan grup band asal ibu kota Seventen. Diharapkan melalui event ini, Kota Medan menjadi salah satu barometer kota yang masyarakatnya religius.

 Selain itu menurut Gubsu, Ramadhan Fair merupakan bukti bahwa Kota Medan mempunyai peran penting dalam peningkatan seni dan budaya bernuansa Islami. Ditambah lagi, event ini diisi dengan berbagai kegiatan yang bernuansa religius.

 “Untuk itulah melalui Ramadhan Fair, kita harapkan ukhuwah Islamiyah, harmonisasi dan kerukunan antar umat beragama mampu lebih ditingkatkan lagi ke depannya. Kepada masyarakat Kota Medan, saya juga berharap kegiatan ini dapat menjadi syiar Islam yan sejuk dan penuh pesona,” kata Gubsu Pembukaan Ramadhan Fair turut dihadiri Wagubsu Nurhajizah Marpaung, Kapoldasu Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw, Wakapoldasu Brigjen Pol Drs Agus Andrianto, Pangkosek Hanudnas 3 Medan Marsma TNI Tri Wibowo Santoso, unsur Forkopimda Kota Medan, Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi,Sekda Kota Ir H Syaiful Bahri Lubis, Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin, Drs H Abdillah AK selaku penggas Ramadhan Fair.

 Wali Kota mengatakan, Ramadhan Fair kini sukses menjadi ikon pariwisata religi yang identik dengan kemeriahan suasana Ramadhan di Kota Medan. Sebab, perhelatan akbar tahunan setiap bulan Ramadhan itu selalu menampilkan aneka bazar kuliner dan produk UMKM bernuansa Islami.

 Oleh karenanya Ramadhan Fair kerap dinantikan warga, tidak terbatas hanya umat Muslim tetapi umat lainnya banyak juga menghadirinya bersama anggota keluarga maupun koleganya, termasuk juga para wisatawan baik lokal maupun manca negara.

 Menurut Wali Kota, hal itu menunjukkan keberagaman menjadi semangat yang dijunjung tinggi di ibukota Provinsi Sumatera Utara. Artinya, agama benar-benar mampu menjadi rahmat bagi sekalian alam semesta, terutama di bulan suci Ramadhan.

Wali Kota mengungkapkan, Kota Medan kini menjadi contoh multikutural yang sangat harmonis di Indonesia. “Jika pun ada riak-riak kecil yang mencoba mengganggu keharmonisan tersebut, seluruh elemen masyarakat secara bersama-sama dengan kesadaran sendiri langsung bergerak mengantisipasinya,” kata Wali kota.

Ramadhan Fair juga menjadi wadah silaturahmi dan interaksi sosial religius sekaligus menjadikan dunia usaha , terutama UMKM dapat berkembang sekaligus meningkatkan segmen pasar produk-produk yang dihasilkan. Yang lebih penting lagi tegas Wali Kota, Ramadhan Fair diharapkan dapat mendorong pelaku UMKM untuk mampu bersaing dengan pasar modern.

 Sebelumnya, Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung diwakili Wakil Ketua DPRD Medam H Iswanda Nanda Ramli, atas nama pimpinan dan anggota DPRD Medan sangat mengapresiasi kepada Pemko Medan atas digelarnya Ramadhan Fair. Selain sebai syiar Islam, event yang rutin digelar setiap tahunnya sebagai wadah silaturahmi bagi warga Kota Medan.

 “Di samping itu yang lebih penting lagi, kegiatan ini juga mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat karena diikuti para pelaku UMKM,” ungkap Iswanda. (bundo/torong)