Peringatan Hari Jadi Kabupaten Nias Selatan Ke-15 Tahun 2018 Terlaksana Dengan Baik


Nisel | Indonesia Berkibar News - Upacara peringatan hari jadi Kabupaten Nias Selatan (Nisel) ke-15 Tahun 2018, di lapangan Orurusa Telukdalam, Sabtu (28-07-2018), terlaksana dengan baik dalam cuaca yang sangat bersahabat sehingga semua acara dapat berjalan sebagaimana mestinya. Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., bertindak sebagai inspektur upacara, dan Camat Fanayama, Ridho A.A. Fau,SSTP.,M.AP., selaku komandan upacara, kemudian Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Nias Selatan, Drs. Setiaro Waruwu sebagai perwira upacara.

Upacara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Nias Selatan, Sozanolo Ndruru, Ketua DPRD Sidi Adil Harita,S.Sos.,M.A., Forkada se-Kepulauan Nias, Forkopimda Kabupaten Nias Selatan, Plt. Sekretaris Daerah Ir. Ikhtiar Duha,MM., Ketua Tim Penggerak PKK Yustina Hilarius Duha dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Megawati Sozanolo Ndruru, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala Perangkat Daerah, Camat, Kepala Bagian lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, Kepala Instansi Veritikal, Pimpinan Partai Politik, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Kepada Desa, Ketua BPD, ASN, TNI, Polri dan Tenaga Honorer, LSM, Pers, Pelajar dan Mahasiswa serta tamu dan undangan lainnya. 
Peringatan hari jadi Kabupaten Nias Selatan Tahun ini diberikan tema: “Tingkatkan Sinergitas dan Semangat Kerja Menuju Nias Selatan Berbudaya dan Sejahtera”. Dengan Ketua Panitia, Anggreani Dachi,SP., selaku Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga Kabupaten Nias Selatan dan Sekretaris, Seksama Sarumaha,S.IP.,M.A., selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Nias Selatan. Pembawa renungan adalah Pdt. Tiruni Hondro,S.Th., sebagai pendeta Jemaat BKPN Botohilitano. 
Sebelum pelaksanaan upacara, DPRD Kabupaten Nias Selatan melaksanakan rapat paripurna istimewa dalam rangka hari jadi Kabupaten Nias Selatan yang ke-15 Tahun 2018, di gedung DPRD jalan arah Sorake Km. 3 Telukdalam. Rapat itu dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan, Sidi Adil Harita,S.Sos.,M.A., dan didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Yohana Duha dan Elisati Halawa,ST. Selanjutnya upacara di lapangan Orurusa Telukdalam diawali dengan Pembacaan sejarah singkat pembentukan Kabupaten Nias Selatan oleh Nurganti Dachi sebagai Anggota BPP Bamus Pernis sekaligus sebagai Anggota DPRD Kabupaten Nias Selatan Periode 2004-2009. Dilanjutkan dengan pembacaan arti lambang daerah oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan, Yohana Duha. 
 
Dalam pidato Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., mengatakan berdirinya Kabupaten Nias Selatan berdasarkan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2003, tentunya tidak lepas dari perjuangan dan kebulatan tekad dari lapisan masyarakat Nias Selatan. “Perjuangan untuk menjadikan Nias Selatan sebagai daerah otonom tujuannya untuk mempercepat pembangunan melalui peningkatan kualitas dan kemudahan memberikan pelayanan bagi masyarakat. Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan Pemerintah Daerah dalam memperpendek rentang kendali pemerintah sehingga pelayanan kepada masyarakat, penyelenggaraan pemerintahan dan pengelolaan pembangunan lebih efektif,” ujar Bupati Hilarius Duha.
Oleh karena itu, Bupati Nias Selatan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pejuang pemekaran Kabupaten Nias Selatan atas segala jasa dan sumbangsih dalam perjuangan pembentukan Kabupaten Nias Selatan, serta selalu berdoa kiranya para pejuang pemekaran itu dilimpahkan kesehatan yang baik sehingga dapat senantiasa memberikan kontribusi pemikiran untuk Kemajuan Nias Selatan.
“Berbagai program dan upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah selama ini, diantaranya pembangunan infrastruktur meliputi jalan, jembatan, saluran irigasi, pengadaan sarana air bersih, sanitasi desa, pembangunan dan rehab gedung sekolah, kantor Cabang Dinas Pendidikan dan Kantor Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan. Selanjutnya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) antara lain pemberian bantuan pendidikan kepada mahasiswa di berbagai perguruan tinggi. Kemudian pada bidang pertanian meliputi peningkatan produksi tanaman pangan dan program ketahanan pangan,” papar Bupati Hilarius Duha. 
Selain itu, Bupati Nias Selatan mengatakan bahwa Pemerintah Daerah pada saat ini juga berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan melalui penataan kawasan objek wisata, penyelenggaraan event bertaraf nasional dan internasional serta meningkatkan kesiapan masyarakat dalam hal sadar wisata dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Adapun event yang bertaraf nasional dan internasional dalam bidang kepariwisataan yakni Kabupaten Nias Selatan akan menyelenggarakan kejuaraan surfing internasional pada tanggal 24-28 Agustus 2018. Selanjutnya, Kabupaten Nias Selatan sebagai tuan rumah untuk menyelenggarakan “Ya’ahowu Nias Festival atau Pesta Ya’ahowu” tingkat Kabupaten/Kota se-Kepulauan Nias yang akan dilaksanakan pada tanggal 16-20 November 2018,” ungkap Bupati Nias Selatan sembari mengajak seluruh lapisan masyarakat Nias Selatan untuk menyukseskan kedua event tersebut.
Perayaan hari jadi Kabupaten Nias Selatan ini, Bupati bersama Wakil Bupati Nias Selatan memberikan hadiah kepada beberapa siswa yang berprestasi dari tingkat SD sampai SMA/SMK sebagai tindaklanjut program Dinas Sosial Kabupaten Nias Selatan. Dalam memeriahkan hari jadi Kabupaten Nias Selatan itu berbagai kegiatan yang dilaksanakan diantaranya pertunjukan seni kreasi dan penampilan merching band dari kalangan pelajar serta pertunjukan sanggar budaya Vokalista Pertiwi yang digagas oleh Dra. Suster Yustina Hondro. Sementara kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2018 teridiri dari: lomba memasak nasi goreng antara Kepala Perangkat Daerah dan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (LCM-B2SA) dengan menggunakan bahan pangan lokal, pesertanya Kelompok Tim Penggerak PKK yang mewakili beberapa kecamatan berdasarkan rayonisasi se-Kabupaten Nias Selatan. Serta lomba peragaan busana berpakaian adat tradisional Nias Selatan, pesertanya para Camat berpasangan dengan istri/suami masing-masing. Pada Jumat malam 27 Juli 2018  Forkopimda bersama masyarakat melaksanakan nonton bareng (Nobar) dengan judul film Rongkaphu di Tano Niha karya Ponti Gea dimana salah satu makna yang tersirat dalam film itu menampilkan keunikan dan keunggulan budaya khususnya di Kabupaten Nias Selatan seperti rumah adat dan lompat batu.
Seusai pelaksanaan upacara hari jadi Kabupaten Nias Selatan tahun 2018, Forkopimda Kabupaten Nias Selatan melaksanakan pemusnahan barang bukti ganja dan penumpahan minuman tuak yang turut disaksikan oleh Forkada se-Kepulauan Nias. Tuak yang ditumpahkan itu mencapai ribuan liter dari hasil sitaan Polisi Resor Nias Selatan. “Ini salah satu upaya untuk pemberantasan tidakan kriminalitas yang terjadi di wilayah Kabupaten Nias Selatan dengan salah satu penyebabnya mabuk karena minuman dari tuak,” ujar Kapolres Nias Selatan, AKBP Faisal F. Napitupulu,S.I.K.,MH., dalam pres rilis. (Mesiana Buulolo/torong)