Demi Kenyaman Masyarakatnya Pemko Medan Ambil Alih Tugas BWS

3 Agustus 2018
Medan | Indonesia Berkibar News - Demi kenyamanan masyarakat kota Medan yang dipimpin Tengku Dzulmi Eldin, maka Pemko Medan tepatnya "orang nomorsatu" Medan, mengambil alih tugas Balai Wilayah Sungai ( BWS) dalam melaksanakan pengorekan Sungai Selayang. 

Bahkan, Walikota dengan sapaan akrab Eldin turun langsung,Kamis (02-08-2018) memimpin pengorekan Sungai Selayang telah dua kali banjir yang telah terjadi sangat mengganggu kenyamanan dan ketenangan masyarakat. 

 Eldin bilang,sebenarnya pengorekan Sungai Selayang masih kewenangan pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Wilayah II. 

 “Pengorekan yang kita lakukan ini sebagai langkah antisipasi saja, sebab kita tidak mau Sungai Selayang meluap kembali sehingga berdampak dengan warga sekitar. Kita lihat saja kondisi Sungai Selayan saat ini, selain sendimennya(pendangkalan) cukup tinggi, juga terjadi penyempitan di alur sungai. Jika ini tidak diatasi, Sungai Selayang akan kembali meluap pada saat hujan deras turun kembali,” bebernya. 

 Sedangkan untuk pengorekan rutin dan permanen, jelas Wali Kota, merupakan wewenang pihak BWS Sumatera II. Dikatakan Wali Kota, Pemko Medan sifatnya sebatas membantu. Itu pun jika Memoramdum of Understanding (MoU) antara BWS Sumatera II, Pemerintah Provinsi sumatera Utara dan Pemko Medan yang saat ini tengah dipersiapkan ditandatangani. 

 “Jadi menunggu MoU ditandatangani kita pun harus melakukan langkah-langkah antisipatif dan tidak melanggar ketentuan maupun peraturan yang berlaku. Semoga dengan pengorekan yang dilakukan hari ini, insha Allah mampu meminimalisir terjadinya banjir akibat luapan Sungai Selayang,” harapnya. 

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan menurunkan sejumlah alat beratnya seperti spider excavator yang cara kerjanya seperti seekor laba-laba yang dapat beraksi di medan sesulit apapun. Kemudian excavator mini, long up serta sejumlah truk yang digunakan untuk mengangkut sendimen hasil pengorekan.

 Warga sekitar sangat mengapresiasi pengorekan tersebut. Sebab Sungai Selayang yang dikorek itu membelah dua kelurahan yakni PB Selayang 1, Kecamatan Medan Selayang dan Kelurahan Tanjung Rejo, Kecamatan Medan Sunggal. 

Sebelumnya, Wali Kota didampingi Kadis PU Kota Medan Khairul Syahnan, Kabag Humas Ridho Nasution, Camat Medan Sunggal Indra Mulia dan Camat Medan Selayang Sutan Tolang Lubis meninjau Sungai Batuan di Jalan Perjuangan, Kelurahan Tanjung Rejo, Kecamatan Medan Sunggal. 

 Selain pendangkalan, sungai juga dipenuhi sampah akibat masih rendahnya tingkat kesadaran masyarakat. Kondisi itulah yang selama ini memicu Sungai Batuan meluap setiap kali hujan deras turun (bundo)