Pemko Harus Benahi Keuangan Semua OPD

9 Agustus 2018
Medan | Indonesia Berkibar News - Ketua DPRD Medan, Henry Jhon Hutagalung, meminta Walikota Medan, Dzulmi Eldin, lebih meningkatkan kinerja jajarannya agar hasilnya bisa lebih baik ke depan. 

 "Pemko Medan diharapkan segera membenahi keuangannya di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan ada baiknya melakukan koordinasi dengan BPK untuk merapikan berbagai persoalan yang menyangkut barometer keuangan, supaya standar," ujarnya kepada wartawan, Rabu (08-08-2018). 

 Seperti diketahui, Pemko Medan terancam tidak mendapatkan dana insentif daerah dari Kementerian Keuangan akibat gagal mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Sumut terkait laporan atas pencatatan aset dan pengelolaan keuangan daerah tahun anggaran 2017.

 Menurut Henry Jhon, Walikota sebaiknya mencari solusi agar laporan keuangan bisa menjadi WTP (Wajar Tanpa Pengecualian), seperti mencari apa penyebabnya serta membuat tim untuk membenahi kekurangan yang ada. Dibuat target sebelum BPK masuk pada Oktober nanti, supaya semuanya rapi. 

 "Karena informasi yang diperoleh, Pemko Medan selalu melaporkan keuangan pada waktu terakhir. Sehingga membuat LHP terlambat, LPJ juga terlambat, KUA PPAS juga menjadi lebih lambat," ujarnya Kata politisi PDI Perjuangan itu, keterlambatan tersebut sudah terjadi dalam beberapa tahun belakangan ini. “Sebaiknya hal itu jangan terulang lagi,” ujarnya lagi. 

 Selain itu, ia juga mempermasalahkan penanganan yang dilakukan Pemko Medan banyak yang lambat terutama terhadap keluhan masyarakat seperti jalan, sampah, soal pajak reklame, retribusi IMB (Izin Mendirikan Bangunan), pelayanan administrasi kependudukan yang memerlukan gedung lebih baik untuk melayani masyarakat.

 "Intinya, Pemko Medan harus benar-benar berbenah dan merubah sikap serta kinerja agar pembangunan lebih cepat dan masyarakat tidak selalu mengeluh dengan cara kerja pemerintah, ujarnya mengakhiri. (torong/zul)