Sekdaprovsu Sabrina Motivasi 3 Siswa SMP Sutomo I



Medan | Indonesia Berkibar News - Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Dr Ir Hj Sabrina MSi mengucapkan selamat dan memotivasi tiga siswa SMP Sutomo I yang akan berangkat mewakili Sumatera Utara (Sumut) pada Lomba Cerdas Cermat (LCC) Kebudayaan, yang diselenggarakan oleh Museum Nasional di Jakarta pada 3-7 September 2018. Tiga siswa itu adalah Alvinson, Jealjoline dan Kristalia Tandri.

“Selamat kepada anak-anakku, kalian telah terpilih melalui seleksi untuk mewakili provinsi kita, untuk bertanding di tingkat nasional. Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), sudah pasti kami sangat bangga. Lakukan persiapan matang dan selamat bertanding,” ujar Sabrina, saat menerima para siswa di ruang kerjanya Kantor Gubernur Sumatera Utara Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Jumat (31-08-2018).

Kepada para siswa, Sabrina berpesan agar melakukan persiapan dan menjaga kesehatan. “Persiapan maksimal boleh, tetapi jangan sampai mengesampingkan kesehatan. Karena kalau badan sudah tidak sehat, sulit kita berpikir,” katanya.

Sabrina juga mengingatkan agar para siswa bijak menggunakan gawai. Menurutnya, saat ini banyak fenomena negatif yang timbul akibat kelalaian dalam memakai gawai. Untuk itu, Sabrina mengimbau agar para siswa memanfaatkan gawai untuk hal-hal positif, termasuk mengumpulkan bahan persiapan untuk bertanding. “Fasilitas yang diberikan orang tua, manfaatkan untuk hal positif. Jangan hanya untuk bermain game atau sosial media,” pesannya.

Lebih lanjut, Sabrina juga memotivasi para siswa untuk bangga dengan bidang yang mereka geluti. Tidak jarang bidang sosial seperti sejarah dan budaya dianggap remeh oleh beberapa pihak. “Tidak menang di matematika atau sains, tapi menang di sejarah. Tanpa sejarah dan kebudayaan, artinya kita kehilangan jati diri. Tetap bangga dan semangat, bahwa kalian juga bisa. Bisa berprestasi dan berbuat untuk bangsa dan negara dengan keahlian kalian,” tuturnya.

Sabrina berharap agar pada tahun mendatang sosialisasi dan seleksi LCC Kebudayaan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut lebih gencar dilakukan. Sehingga lebih banyak lagi siswa, guru, dan sekolah yang akrab dengan isu-isu sejarah, kebudayaan dan museum.

Diketahui, LCC Kebudayaan Tingkat Nasional untuk SMP/MTs merupakan kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun oleh Museum Nasional sejak tahun 2015. Tujuannya untuk membantu siswa mengingat dan memahami kebuyaan dan sejarah perjuangan bangsa, dan mengapresiasi museum.

Turut hadir dalam audiensi tersebut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Dr Ir Hj Hidayati MSi, mewakili Dinas Pendidikan Medan, dan guru pembimbing siswa.(bundo)