Bupati Sergai H Soekirman Menjadi Narasumber Polbangtan

18 September 2018

Medan | Indonesia Berkibar News - Bupati Sergai  Ir. H. Soekirman didampingi Kadis Pertanian Sergai Radianto Panjis,Kabid Ketahanan Pangan Ridwan Effendi Gultom,menjadi narasumber Pembekalan dan Kuliah Umum Masa Bimbingan Dasar (MBD) Mahasiswa Baru Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan TA. 2018-2019 di Aula Polbangtan Medan, Senin (17-09-2018).

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman  mengawali kuliah umumnya yang bertema "Mempersiapkan Generasi Milenial Pertanian"  Ir. H. Soekirman mengklasifikasikan mahasiswa yang hadir berdasarkan sosiometri melalui kelompok mahasiswa yang memiliki asal orang tua, pekerjaan, jenis kelamin, cita-cita (termasuk wirausaha pertanian), asal daerah (luar Sumut), serta pengetahuan tentang Google.

Terkait dengan Sustainable Development Goals (SDGs) 2015-2030  yaitu kesepakatan internasional oleh negara-negara di dunia untuk mencapai target hingga sampai 2030, hal ini yang sangat penting dan harus diketahui oleh generasi milenial. Dari 17 pencapaian SDGs tersebut diantaranya harus mengetahui dan memahami angka kemiskinan rendah, tidak ada kelaparan, semua orang sehat, kualitas pendidikan baik, kesetaraan gender, kualitas air bersih, energi yang bersih, pertumbuhan ekonomi, inovasi pembangunan infrastruktur, keadilan kesenjangan sosial ekonomi, serta pengembangan kemitraan.

“Masih ada 12 tahun lagi ke depan untuk mewujudkan pencapaian tersebut di Indonesia. Namun yang menjadi perhatian bagi mahasiswa pertanian adalah pada poin terwujudnya tidak ada lagi kelaparan, karena sektor pertanian adalah lumbung pangan, selain konsep agribisnis, pengembangan ekonomi kreatif, serta konsep pengelolaan lingkungan yang baik," paparnya.

“ Semoga kuliah umum ini menjadi bekal positif dan pemacu semangat bagi seluruh civivitas akademika Polbangtan ini untuk dipergunakan sebesar-besarnya bagi kemaslahatan umat manusia, “ pungkas Soekirman mengakhiri kuliah umumnya.

Wakil Direktur II Polbangtan Medan Nurlina Harahap, SP, M.Si menyampaikan rasa hormatnya kepada Bupati Sergai Ir. H. Soekirman atas berkenan hadir pada hari ini. Pada kegiatan hari ini selain mahasiswa baru TA 2018-2019, juga dihadiri mahasiswa tingkat 2 dan 4.

“ Kami ucapan terimakasih juga atas nama Akademika dengan dukungan dan bantuan dari Pemkab Sergai baik dalam pembelajaran, magang dan lainnya sehingga mahasiswa kami dapat lebih maju dan unggul," ujarnya.(torong/zul)