Bupati Sergai Hadiri Diseminasi Iptek LIPI

13 September 2018

Tanjung Beringin | Indonesia Berkibar News  - Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Kepala OPD, Camat Tanjung Beringin Drs Zulfikar, Anggota Komisi VII DPR RI Abdul Wahab Dalimunthe, Wakil Pimpinan LIPI Tommy Hendrix halaman kantor Camat Tanjung Beringin, Rabu (12-09-2018)  tema Pemanfaatan dan penerapan Iptek di Daerah.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengatakan Kecamatan Tanjung Beringin mayoritas masyarakatnya berpencaharian sebagai nelayan dan umumnya suka bersenandung jika hendak kelaut. Sebagai bukti putera daerah asli Kecamatan Tanjung Beringin seperti Deswa mampu berprestasi pada ajang pencarian bakat dan kini “Mus Brother” masuk dalam 3 besar di tingkat nasional. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Tanjung Beringin memiliki talenta yang bisa dibanggakan.

Terdapat 31 urusan wajib pemerintah yang pertama adalah urusan wajib pendidikan formal dan informal. Mengenai teknologi, selain masyarakat belajar sendiri juga diperlukan pihak lain untuk melakukan pendidikan. Seperti era revolusi 4.0 yang saat ini kita hadapi.

 “ Saya sangat berterimakasih dengan hadirnya LIPI karena telah menyebarluaskan Iptek di Tanah Bertuah Negeri Beradat. Jika kita tidak bisa memanfaatkan teknologi maka kita akan dikalahkan dan dilindas oleh perkembangan zaman, ” ujarnya.

Wakil Pimpinan LIPI  Tommy Hendrix, ST, M.Si mengatakan  Hari ini merupakan hari yang berbahagia, kami dari LIPI datang ke Sergai untuk kegiatan ini dengan tujuan mensosialisasikan program pemerintah pusat  sehingga dapat bersinergi dengan pemerintah daerah. Hal ini menjadi titik tolak kedepan agar lebih optimal dan dapat diberdayakan di daerah.

"Apa yang dicita-citakan LIPI dapat menyentuh masyarakat, dalam rangka desiminasi aset penelitian oleh masyarakat menjadi point penting untuk perkembangan zaman dalam mendukung teknologi harus diarahkan dari hulu ke hilir . Kegiatan ini juga tidak putus sampai disini akan tetapi banyak yang dimanfaatkan dalam hal ini faktor digitalisasi tentu akan membantu daerah menuju revolusi industri," paparnya.

Anggota Komisi VII DPR RI H. Abdul Wahab Dalimunthe, SH mengatakan masyarakat Tanjung Beringin memerlukan teknologi dalam melaksanakan aktifitasnya sehari-hari, akan tetapi harus diimbangi dengan kreativitas yang produktif sehingga dapat meningkatkan penghasilan bagi masyarakat.

“ Semoga dengan kehadiran LIPI di tengah-tengah kita mampu menambah wawasan dan pengetahuan bagi para pelaku UKM maupun kelompok tani lainnya agar mampu bersaing pada era revolusi 4.0 ini,”paparnya.

Kegiatan ini diwarnai dengan paparan dari para narasumber LIPI serta pembagian 1000 bibit pohon mangga dan 1000 bibit pohon jambu kristal kepada para peserta.(torong/zul)