Berkunjung Candi Gedung Songo


Bandungan/Semarang | Indonesia Berkibar News - Bandungan Kabupaten Semarang berhawa sejuk. Dengan jarak tempuh sekira 5 jam  dari kota Semarang.  Bandungan  seumpama Brastagi.   Tampak dikejauhan Gunung  Uanggaran dengan ketinggian 2050 DPL yang sudah jinak.  Dibawah kaki gunung  warganya bercocok tanam hortikultura (sayur mayur).  Daerah ini merupakan  sentra sayur mayur  yang dipasarkan keberbagai daerah  di Jawa Tengah, oleh pedagang pengumpul.

Dikiri-kanan  jalan  luas terbentang  hamparan  tanaman padi, bak permadani  menyambut  kedatangan tetamu. Indahnya negeriku.Indonesiaku.Untuk menuju  daerah sejuk Bandungan rombongan  harus  bertukar  kenderaan roda4 yang ukurannya  seperti l300. Karena kenderaan bus   tidak  mampu  menaiki  jalan  tanjakan.

Rombongan pun tiba memasuki  kawasan  bukit Candi Gedong Songo. Dari rumah penduduk  bergema lagu dangdut  Jawa melalui  pengeras suara. Rombongan  masuk setelah guide  membeli tiket.  Untuk mendapatkan  candi   yang  tinggal 5  dari 9 candi, karena sudah  tinggal puing. menurut  penjaga   untuk  bisa mencapai  4 candi berada diketinggian harus  menaiki kuda.Pedmilik kuda pun menawarkan  untuk satu orang /kuda  samapai ke canti paling atas dikenakan Rp.75.000/kuda.pemilik kuda  akan menuntut pengendara.

Menurut giude Semarang Hartoko Edo, Candi candi tersebut dibangun dinasti syalendra.  Bio energi di puncak  kawasan Cando Gedung songo sangat hembat sekelas  Pegunungan Tibet. Bio energi itu menyerap ketubuh . Ceritanya  zaman itu Ken Arfok sangat terpikat dengan Kendedes yang berkulit  indah, keindahan kulit dan wajah,tubuhnya karena  menyerap bio energi.  (bundo)