Wakil Wali Kota Medan Hadiri Peringatan Hari Guru Nasional Yayasan Pencawan School

24 November 2018


Medan | Indonesia Berkibar News - Perayaan Hari Guru Nasional yang digelar Yayasan Pencawan Medan di Pencawan School Medan, Jalan Bungan Ncole, Sabtu (24-11-2018) berlangsung meriah. Berbagai perlombaan yang melibatkan guru dengan murid digelar untuk mengisi peringatan hari bagi pahlawan tanpa tanda jasa tersebut.

Wakil Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si yang juga turut hadir dalam kemeriahan ini menyampaikan harapannya kepada para guru agar  mampu mengelola kerja sama satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat untuk mengobarkan gerakan nasional revolusi mental.

Para guru, lanjut Akhyar, merupakan salah satu agen sosialisasi primer setelah keluarga bagi pertumbuhan generasi muda. Melalui sekolah dan guru, generasi muda memperoleh tempahan karakter yang nantinya akan dibawa hingga dewasa.

 ”Revolusi mental ini merupakan karakter bangsa yang selayaknya ditanamkan sejak dini. Karekteristik anak-anak di Indonesia sudah semestinya selaras dengan falsafah Pancasila. Karenanya melalui didikan guru lah hal tersebut dapat diwujudkan,” ujar Akhyar

"Berikan penghormatan pada guru, tanpa mereka kita tidak akan sukses dan mempunyai bekal ilmu pengetahuan," harap Wali Kota pada acara yang dihadiri segenap siswa, guru, dan pengurus Yayasan Pencawan School.

Perlombaan yang digelar untuk memeriahkan peringatan hari guru nasional ini terdiri dari dua kategori yakni kategori guru dan kategori siswa. Adapun perlombaan yang digelar diantaranyastand up comedy, fashion show, dance,  vokal solo, badminton, dan tenis meja.

Lomba seni yang diselenggarakan ini, dinilai Akhyar patut diapresiasi karena bermanfaat menggali dan meningkatkan potensi serta kreativitas siswa di bidang seni, mengembangkan imajinasi siswa, serta membentuk moral, daya kognitif serta psikomotorik serta lebih menambah keakraban antara guru dan murid.

”Saya berharap upaya ini dapat menjadi motivasi dan inspirasi dalam penggalian dan pengembangan bakat siswa serta memperkuat ikatan emosional antara guru dan murid,” pungkas Akhyar.

Peringatan Hari Guru Nasional ini turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara, sekaligus Dewan Pembina Yayasan Pencawan Ruben Tarigan, SE, Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut Minarti, Kepala Yayasan Pencawan School Drs. Masti Pencawan, Kepala Sekolah SMK Pencawan School Medan Restu Utama  Pencawan, Mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Masrul Badri, Camat Medan Tuntungan Gelora Kurnia Putra Ginting, para guru dan siswa-siswi Yayasan Pencawan Medan. (bundo)