Wali Kota Apresiasi Gerakan Perempuan Tebar Dan Pelihara Pohon



Medan | Indonesia Berkibar News - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin  S MSi MH sangat mengapresiasi dan mendukung penuh digelarnya kegiatan Pembinaan Gerakan Perempuan Tebar, Tanam dan Pelihara Pohon  PKK Kota Medan 2018  yang dilaksanakan di Kelurahan Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan, Kamis (20-12-2018). Sebab, kegiatan ini dinilai memiliki semangat yang tinggi dalam mewujudkan lingkungan Kota Medan yang hijau, asri dan sejuk.                         

Menurut Wali Kota, seluruh masyarakat memiliki tanggung jawab penuh dalam menjaga dan memelihara lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. Selain mewujudkan lingkungan yang hijau dan asri, juga meminimalisir  dampak polusi usaya di tengah-tengah masyarakat. Itu sebabnya kegiatan tebar, tanam dan pelihara pohon memberi penyadaran dan wawasan kepada semua akan pentingnya memelihara dan menjaga lingkungan

“Melalui kegiatan  tebar, tanam dan pelihara pohon secara tidak langsung  memberikan penyadaran kepada kita akan pentingnya memelihara dan menjaga lingkungan, guna menghindari berbagai bencana yang mungkin dapat ditimbulkan akibat kerusakan lingkungan. Apalagi  diketahui ada beberapa daerah di Sumut yang mengalami bencana longsor,” kata Wali Kota dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kadis Pemberdayaan Perempuan, Pelindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Medan Damikrot.

Menyikapi hal itulah kata Wali Kota, persoalan itu harus menjadi perhatian bersama sekaligus mentehaui betapa pentingnya  menebar dan menanam pohon guna menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan. Di samping itu juga untuk mendukung terwujudnya upaya Pemko Medan menjadikan Kota Medan sebagai green city.

“Program ini dapat terwujud jika mendapat dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat. Untuk itu sinergitas Pemko Medan dengan masyarakat harus terus dilakukan, sehingga dapat mengubah pola pikir masyarakat dari gaya membuang sampah sembarangan menjadi pelaku sebagai pelopor kebersihan  dan kelestarian lingkungan,” harapnya.
               
Sebelumnya Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani SH diwakili Sekretaris TP PKK Erina Melani menjelaskan, Gerakan Perempuan Tebar, Tanam dan Pelihara Pohon dilakukan serentak di seluruh Indonesia dengan tujuan  untuk mengajak berbagi akan pentingnya penanaman dan pembididayaan pohon berkelanjutan dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan lahan, guna mendukung  ketahanan pangan serta peningkatan pendapatan keluarga.

“Hasil dari gerakan ini baru akan kita rasakan manfaatnya pada masa mendatang. Untuk itulah saya mengajak seluruh wanita, teruta TP PKK Kota Medan mulai dari kecamatan hingga kelurahan dan lingkungan untuk menjaga dan memelihara bersama pohon yang telah kita tanam hari ini, sehingga dapat tumbuh dengan baik,”  pungkas Erina membacakan sambutan tertulis Ketua TP PKK Kota Medan. (bundo)