Bupati Sergai Soekirman Tinjau TPA Desa Sei Parit


Sei Rampah |Indonesia Berkibar News - Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman didampingi Kapolres Sergai AKBP Juliarman Eka Putra Pasaribu, Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin,Pabung 02/04 DS Mayor Inf M Sirait, Camat, Kepala Desa,dalam acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019, tinjau  Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Sei Parit Kecamatan Sei Rampah,Kamis (21-02-2019).

Bupati Sergai Ir H Soekirman mengatakan 21 Februari 2019 ini adalah Hari Peduli Sampah Nasional, kita di Sergai membangun pengetahuan tentang kondisi persampahan di lingkungan kita, dengan cara melakukan kunjungan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

"Dalam satu hari tidak kurang 31 Ton sampah yang di buang ke TPA ini, sampah-sampah yang berasal dari limbah rumah tangga, domestik dan perusahaan rumahan lainnya hanya di buang begitu saja di TPA ini tanpa diolah terlebih dahulu," paparnya.

Selanjutnya merupakan wadah membangun kesadaran seluruh stakeholder betapa sampah ini menjadi mala petaka bersama jika tidak kita kelola dengan baik, untuk itulah kesadaran merupakan hal utama yang harus di bangun agar gerakan mengatasi  sampah dapat sama-sama dijalankan.

Kapolres Sergai AKBP Juliarman Eka Putra Pasaribu mengatakan peringatan HPSN tahun 2019 sengaja dilakukan di TPA dengan tujuan untuk mengajak masyarakat agar peduli dengan sampah karena sumber sampah berasal dari : sampah yang berasal dari rumah tangga, pertanian, perdagangan perkantoran dan industri. Selain itu juga sampah berasal dari sisa bangunan dan konstruksi gedung, jalan raya, kegiatan pertambangan  dan peternakan perikanan.

Pada peringatan HPSN mengajak semua elemen masyarakat untuk menghargai kehidupan bersama, merasa memiliki tanggungjawab moral terhadap alam semesta serta mencintai menyayangi dan melestarikan alam dan isinya karena manusia diciptakan bertanggungjawab dalam kebersihan lingkungannya, harapnya.(fit)