Empat Kecamatan Di Nisel Ikut Musrembang 2019

8 Februari 2019

Nias Selatan | Indonesia Berkibar News - Empat Kecamatan di Wilayah I Kabupaten Nias Selatan (Nisel), mengikuti pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Aula Dolin Cottage Sorake, Kecamatan Luahagundre Maniamolo, Nisel, Jumat (08-02-2019).

Musrenbang tahun ini dibagi dalam 6 (enam) wilayah dimana khusus Wilayah I ada empat Kecamatan yakni, Kecamatan Teluk Dalam, Fanayama, Luahagundre Maniamolo dan Onolalu. sementara, pesertanya terdiri dari Pejabat Kepala Desa, Ketua BPD,  Sekretaris Desa serta Tokoh Masyarakat dari 53 desa.

Kegiatan di wilayah I dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Nisel, Gayus Duha SPd, mewakili Bupati Nisel, dihadiri Anggota DPRD Dapil I Fombagidodo Manao, Danlanal Nias diwakili Pasintel Mayor Marinir Jayusman SH, Asisten Pembangunan dan Perekonomian Martinus Halawa SPd dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Nisel.

Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha mengatakan, maksud pelaksanaan Musrenbang adalah untuk menyepakati kebutuhan pembangunan yang lebih prioritas sebagai bahan dalam penyusunan RKPD tahun 2020.

Kata dia, beberapa pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 khususnya wilayah I, antara lain,  penataan pantai Sorake Kecamatan Luahagundre Maniamolo, pembangunan jalan dari Desa Siwalawa menuju Desa Onohondro Kecamatan Fanayama dan pembangunan jalan dari Desa Hilifalago menuju Desa Hilinamozaua Kecamatan Onolalu.

Para Camat juga dalam kegiatan itu memaparkan beberapa usul Pembangunan sebagaimana hasil Musrenbang tingkat Desa. Usul dimaksud yakni usul pembangunan manusia, pembangunan ekonomi dan pembangunan infrastruktur.

Sementara, Camat Fanayama, Ridho Aeska Amurizokho Fau, mengatakan,  usul pembangunan tersebut diantaranya, pembangunan gedung Paud di Desa Lahusa Fau, renovasi gedung dan pembangunan pagar SMPN 1 Fanayama, rehab gedung Puskesmas Pembantu di Desa Hilinawalo Fau, pengadaan peralatan dan pakaian sanggar budaya di Desa Siwalawa, penataan pinggir air terjun sungai Zumali di Desa Onohondro, pembangunan jalan usaha tani menuju persawahan Gia’oyo di Desa Hiligito Orahili, pengaspalan jalan menuju Kantor Camat Fanayama, pengerasan dan pengaspalan jalan dari Desa Siwalawa menuju Desa Hilimondregeraya, dan pembangunan bronjong di Bawagoli Desa Siwalawa dan Desa Hilikaramaha.

Selain Camat Fanayama, Camat Teluk Dalam, Dionisius Wau juga turut menyampaikan usul pembangunan antara lain, pembangunan gedung Paud di Desa Ganowo Sa’ua, pembangunan gedung SDN Hilisao’otoniha, pembangunan gedung SMP di Desa Hililaza, pembangunan polindes di Desa Nanowa, pembentukan sanggar budaya Kelurahan Pasar Teluk Dalam, pengadaan pupuk pertanian di Desa Hilisondrekha, pengadaan kapal penangkap ikan di Desa Hilitobara, pembangunan badan jalan dari Balikhi menuju SDN Sa’ua Desa Hiliganowo, pembangunan bronjong di Desa Hiligeho, rehabilitasi jalan dari jalan provinsi menuju Desa Hilisondrekha dan bantuan perumahan bagi warga miskin di Desa Bawolowalani.

Sedangkan usul dari Camat Onolalu, Tahonogo Loi SPd yaitu pembangunan gedung Paud di Desa Hilimondregeraya, pengadaan sumber daya air di Desa Hilionaha, pembangunan los pekan di Desa Hilimondregeraya, pembangunan TPT dan gorong-gorong dari Desa Hilikara – Hilionaha di Hilikara, peningkatan kualitas rumah tidak layak huni di Desa Sa’ua dan Desa Hilinamozaua Raya, dan pembangunan Kantor Camat Onolalu.

Camat Luahagundre Maniamolo, Ta’ajari Wau SPd juga menyampaikan  beberapa usul diantaranya pembangunan gedung Paud di Desa Botohilisilambo dan Desa Bawomaenamolo, pemugaran rumah adat di Desa Hiliamaetaniha, lanjutan penataan pantai Sorake di Desa Botohili Sorake, pengaspalan jalan usaha tani dari Hilimaenamolo menuju Onaya di Desa Hilimaenamolo, bantuan perahu untuk nelayan di Desa Bawomaenamolo dan Desa Lagundri, pembangunan drainase dari jembatan gendro’o sampai jembatan luahagundre di Desa Lagundri dan pembangunan air bersih di Desa Hiliamaetaniha.

Usai pemaparan para Camat,  dilanjutkan dengan acara diskusi dipandu oleh Plt. Sekcam Luahagundre Maniamolo, Martianus Zebua SE. Sebelumnya, Sekretaris Bappeda Kabupaten Nisel Abdiel Sonasa Amazihono juga memaparkan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2019. (Mesiana Buulolo)