Pemkab Sergai Gelar Seminar Keikutsertaan Perempuan Dalam Berpolitik

21 Februari 2019
Sei Rampah | Indonesia Berkibar News -Bupati Sergai Ir H Soekirman diwakili Asisten Ekbangsos Ir H Kaharuddin,Asdep Polhukhankam Kementerian PP dan PA RI DR A Darsono Sudibyo, M.Si, Kepala DP2KBP3A Sergai Hj Irwani Jamilah SH,Ketua KPUD Sergai Erdian Wirajaya, di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah,Kamis (21-02-2019).

Kepala DP2KBP3A Hj Irwani Jamilah SH mengatakan  Seminar Keikutsertaan Perempuan Dalam Berpolitik di Kabupaten Sergai Tahun 2019 ini dilatarbelakangi masih kecilnya gaung dan partisipasi perempuan di bidang politik yang berdampak pada masih adanya kesenjangan laki-laki dan perempuan dalam pembangunan, baik partisipasi, akses, kontrol serta manfaat.

Sementara tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan peran dan partisipasi perempuan dalam berpolitik, baik sebagai calon anggota legislatif, maupun sebagai pemilih yang cerdas dalam menyongsong Pemilu 2019, dan agar organisasi perempuan dapat berperan dan memiliki kedudukan yang sangat penting dalam menyuarakan aspirasi kaum perempuan.

Sambutan Bupati Sergai Ir H Soekirman disampaikan Asisten Ekbangsos Ir H Kaharuddin mengatakan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan seminar hari ini sebagai upaya dan wujud nyata Pemerintah Kabupaten Sergai untuk memperkuat upaya-upaya peningkatan kualitas perempuan melalui berbagai kebijakan disemua aspek pembangunan.

"Hal tersebut mengingat kondisi dan posisi perempuan di Indonesia pada umumnya dan di Sergai pada khususnya masih tertinggal dibanding kaum laki-laki dalam berbagai aspek kehidupan seperti bidang sosial, politik, ekonomi, pendidikan dan budaya.Menyongsong Pemilu Tahun 2019 ini pemberdayaan perempuan di bidang politik merupakan salah satu indikator meningkatnyq kesempatan bagi perempuan untuk mengembangkan potensi dirinya serta meningkatkan kesejahteraan hidupnya," harapnya.

 Melalui seminar ini diharapkan dapat memberikan pengalaman, kesadaran dan perubahan perilaku kepada para peserta, baik sebagai pimpinan di organisasi maupun calon legislatif dari partai politiknya untuk terus meningkatkan kualitas diri, agar keikutsertaan perempuan dapat bermanfaat dalam mewujudkan kesetaraan gender dan pembangunan.

Acara diisi dengan dialog interaktif dan penyampaian materi "Strategi Kampanye Pemilu Legislatif 2019" oleh Asdep Polhukhankam Kementerian Darsono.(fit)