Hebat!!! Dirut PTPN IV Siwi Peni Peduli Lingkungan, Telah Salurkan Rp344, 7 Miliar




Sosa Padanglawas | Indonesia Berkibar News - Hebat! pantas diberi acungan jempol kepada  Dirut  PTPN IV nyonya Siwi Peni .Kenapa tidak . Ternyata sang Dirut ini memiliki  kepedulian ekstra terhadap masyarakat  dilingkungan perusahaan penghasil devisa negara  itu. Seolah istilah  orang Medan, masyarakat di sana  tak hanya  jadi "penonton budiman", sebaliknya  dapat   merasakan  keberhasilan   perusahaan BUMN memproduksi  sawit.

Nah,  dari "tangan dingin" sang  Dirut ini, PTPN-lV, Senin (25-03-2019) ,telah dilakukan 
Penyerahan bantuan melalui rekening masing-masing masyarakat yang tergabung dalam 66 Kelompok Tani, disaksikan unsur muspida, muspika dan Manajer Kebun Sosa Misran,
Bantuan sebelumnya sudah dilaksanakan Juni 2015 senilai Rp2,5 miliar dan bulan Juli 2017 senilai Rp10 miliar.
                                                                                                                                              
Dikatakan  Dirut, adalah   ibu dari seorang putra yang tengah  menimba ilmu di luar  Sumut,  bahwa  Program CSR adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan yang sesuai kemampuan perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap sosial/ lingkungan sekitar perusahaan itu berada. Ini, ujarnya, sebagai wujud nyata kepedulian terhadap lingkungan sekitar, PTPN IV kembali melaksanakan program CSR. Bantuan program CSR kali ini diberikan senilai Rp11,45 miliar kepada 3.241 masyarakat yang berasal dari 13 Desa di Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas,imbuhnya.

Berbicara  setentang rasa tanggungjawab, Dirut Siwi Peni bilang, bentuk tanggungjawab itu bermacam-macam, katanya,mulai dari melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan, pemberian beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian sarana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk desa/ fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat, khususnya masyarakat yang berada di luar perusahaan, tuturnya.

Masih dalam konteks  tanggungjawab perusahaan tersebut, Siwi Peni mengharapkan program CSR bagi masyarakat sekitar perusahaan,  penerima  mempergunakan kesempatan itu dengan sebaik-baiknya. Selain itu juga sangat diharapkan, untuk turut membantu menjaga aset perusahaan demi keberlangsungan pelaksanaan program CSR di tahun-tahun mendatang,tukasnya.

Kemudian  ia memaparkan secara rinci setentang posisi dan kapasitas PTPN IV. Dikatakan, sebagai salah satu Anak Perusahaan BUMN Perkebunan terbesar di Indonesia, memiliki tanggung jawab besar. Pertama mempertahankan keberlangsungan perusahaan agar dapat terus berperan dalam pemberian lapangan kerja, memberikan kesejahteraan karyawan, dan berperan dalam peningkatan perekonomian, dan pembangunan di masyarakat terutama di lingkungan operasional perusahaan.

Tentunya untuk dapat melaksanakan itu semua syarat utamanya perusahaan harus menghasilkan laba. Dari laba tersebut, sebagian diberikan kepada pemegang saham dalam bentuk dividen dan pajak, sebagian untuk membangun perusahaan, sebagian untuk kesejahteraan karyawan dan sebagian untuk membangun lingkungan dan masyarakat di sekitar perusahaan berada.

Selain CSR, ada program lain yang juga merupakan tanggungjawab sosial kepada masyarakat yaitu PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan). Melalui ketiga program tersebut sejak 2009 hingga Februari 2019 PTPN IV telah menyalurkan sejumlah Rp344,7 miliar, yang tersebar di Kabupaten/ Kota yaitu Medan, Tebing Tinggi, Simalungan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tobasa, Mandailing Natal, Langkat, Asahan, Labuhan Batu, Batubara dan Padang Lawas,pungkasnya.
   
Seperti diketahui  Siwi Peni, merupakan satu satunya  perempuan  mendapatkan "amanah"  sebagai "orang nomorsatu/Dirut"   di 14 (empatbelas)PTPN di negeri  tercinta ini.

Sebelumnya, sang ibu yang dikategorikan  "tangguh" dalam  meniti karier, pernah menduduki jabatan  sebagai Kepala Wilayah di PT Bank Negara Indonesia (BNI).

Ditengah  penyerahan bantuan tersebut,Pardede, salah seorang masyarakat dari Desa Air Bale menyatakan bahwa masyarakat sangat bersyukur dengan terealisasinya program CSR ini, karena kondisi perekonomian saat ini sangat memprihatinkan. “Bantuan yang kami terima sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup kami sehari-hari.

"Dengan terealisasinya program CSR ini, berarti sudah terpenuhi program PTPN IV Kebun Sosa, dengan harapan ke depan, jalinan hubungan masyarakat semakin harmonis dan membawa dampak yang positif terhadap kinerja PTPN IV termasuk Kebun Sosa.," ujarnya sembari mengucapkan terima kasih.

Gunung Tua selaku Asisten I Kabupaten Padang Lawas  mengatakan, bahwa semoga bantuan program CSR ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat. “Ke depan PTPN Kebun Sosa dapat bermitra positif dengan masyarakat serta berkontribusi terhadap pembangunan di Kabupaten Padang Lawas.

"Semoga PTPN IV Kebun Sosa semakin kondusif dan tidak ada lagi penjarahan produksi TBS, yang pada akhirnya produktivitas TBS akan semakin meningkat," tukasnya.(bundo/torong)