Pemprov Sumut Apresiasi Prestasi Kanwil Kemenkumham

Medan | Indonesia Berkibar News -  Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) mengapresiasi prestasi Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumut. Diantaranya telah berhasil mencapai predikat terbaik wilayah bebas korupsi untuk pelayanan publik dan menduduki peringkat ke-3 Kanwil terbaik se-Indonesia.

 Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Sabrina yang mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di acara serah terima jabatan Kepala Kanwil Kemenkumham Sumut dari Priyadi kepada Dewa Putu Gede di Hotel Four Points, Jalan Gatot Subroto, Medan, Jumat malam (01-03-2019).
Keberadaan aparatur Kemenkumham punya peranan penting dalam upaya bersama-sama membangun supremasi hukum secara adil, kewenangan Kemenkumham dapat dirasakan oleh masyarakat luas sebagai ujung tombak penegakan hukum," ujar Sekdaprov Sabrina saat membacakan sambutan Gubernur.

Dikatakannya, selama ini hubungan antara Pemprov dengan Kanwil Kemenkumham selama ini telah berjalan dengan baik. Gubernur mengapresiasi kerja-keeja yang telah dilakukan Priyadi sebagai Kakanwil Kemenkumham Provsu yang lama. "Khususnya dalam pembangunan hukum yang terkait dengan kebijakan pembentukan hukum, keimigrasian, bidang pemasyarakatan serta penguatan pelayanan HAM," katanya.

Kepada Kakanwil Kemenkumham Sumut yang baru Dewa Putu Gede, Gubernur berpesan agar selalu menjaga hubungan baik yang selama ini telah terjaga. Serta bersama-sama melakukan pembaruan sekaligus menciptakan terobosan inovasi yang mampu memberikan solusi berbagai masalah di bidang hukum dan HAM.

"Hal ini dilakukan sebagai upaya bersama untuk memantabkan gerak pembangunan bangsa termasuk di Provinsi Sumut, sekaligus dalam rangka mewujudkan Sumut bermartabat," ujarnya.

Kakanwil Kemenkumham Sumut yang lama, Priyadi mengucapkan terima kasihnya atas kerja sama yang dilakukan berbagai pihak termasuk Pemprov Sumut. Menurutnya tantangan saat ini, adalah jumlah tahanan yang sangat tinggi. Sumut berada nomor 1 dari 33 provinsi.Selain itu, kasus narkoba adalah yang terbanyak. "Itu jadi tantantan, masalah kriminalitas adalah masalah yang berbahaya bagi kita semua," kata Priyadi.

Meski begitu, dari sisi pelayanan publik, Kanwil Kemenkumham telah mencapai predikat terbaik se-Indonesia. Oleh sebab itu, Priyadi berharap ke depan masyarakat akan memperoleh nilai lebih atas apa yang telah dilakukan Kemenkumham. "Sehingga rakyat Sumut memperoleh pelayanan terbaik dari kami," katanya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham yang baru Dewa Putu Gede mengatakan akan melanjutkan prestasi yang telah dilakukan Priyadi semasa menjabat. Agar bekerja maksimal, Dewa Putu Gede meminta semua pihak untuk dapat bersinergi dengannya di bidang hukum dan HAM.(torong/bundo)