Wakil Walikota Medan Tutup MTQ Ke-52,Medan Barat Keluar Sebagai Juara Umum, Tahun Depan Medan Selayang Tuan Rumah MTQ Ke-53

16 Maret 2019

Medan | Indonesia Berkibar News - Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution Msi menutup gelaran festival Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke- 52 Kota Medan Tahun 2019 yang digelar di Jalan Kapten Rahmad Buddin, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, Sabtu (16-03-2019) malam. Penutupan festival pemuliaan kitab suci Al Qur’an yang telah berlangsung selama sepekan sejak Sabtu (09-03-2019) Maret lalu tersebut dipenuh oleh para pengunjung. Tercatat puluhan ribu warga memadati arena MTQ yang berasal dari seluruh penjuru Kota Medan.

Kecamatan Medan Barat keluar sebagai juara umum dengan perolehan sebesar 93 point. Kemudian di posisi runner-up berhasil direbut Kecamatan Medan Area dengan perolehan nilai 45 point.Disusul juara ketiga dengan jumlah point yang sama yakni 36 point diraih oleh Kecamatan Meda Petisah dan Medan Maimun.

Selanjutnya Kecamatan Medan Selayang ditetapkan menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ ke-53 Tingkat Kota Medan tahun 2020. Hal tersebut ditandai dengan pemberian bendera MTQ dari petugas Paskibraka kepada Wakil Wali Kota Medan untuk diserahkan kepada Camat Medan Selayang Sutan Tolang Lubis. Penyerahan bendera MTQ tersebut turut disaksikan Sekda Kota Medan Ir Wirya Alrahman MM, Unsur Forkopimda Kota Medan, Anggota DPRD Kota Medan F- Gerindra Surianto, perwakilan OPD,Camat.

Menurut  Wakil Wali Kota, MTQ harus dijadikan sebagai media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif.  Secara nyata telah terbukti MTQ  mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah. Yang terpenting ungkap Wakil Wali Kota, bagaimana penyelenggaraan MTQ bisa menggairahkan masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami  Al Qur’an sebagai pedoman dan petunjuk hidup manusia.

“Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, sebab pelaksanaan MTQ yang berlangsung selama sepekan ini telah berjalan dengan baik. Saya berharap event ini mampu melahirkan qari-qarian untuk bisa ikut  dalam kegiatan dan jenjang yang lebih tinggi  lagi. Alhamdulillah, Kota Medan sampai saat  ini masih menajdi basis qori qoriah terbaik,” kata Wakil Wali Kota.

Melalui MTQ ke-52 Tingkat Kota Medan tahun 2019, mari kita jadikan momentum untuk mensukseskan gerakan meng-Qur’an-kan masyaraklat dan memasyarakatkan Al Qur’an sehingga akan lahir generasi-generasi yang Qur’ani, harapnya.(bundo)