Tim VII Safari Ramdhan Pemkab Sergai Kunjungi Masjid Istiqlal Bandar Kalifah


Bandar Khalifah | Indonesia Berkibar News - Tim VII safari Ramadhan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) kini tiba di penghujung akhir dalam safari Ramadhan. Diakhir kunjungannnya, Tim VII mengunjungi Masjid Istiqlal, Desa Juhar, Kecamatan Bandar Kalifah.

Ketua Tim Rombongan Kadis Pertanian Sergai, H. Radianto, SP. MMA diwakili  Sekertaris Dinas Pertanian, Syahrizal,SP, Sekertaris Dinas Kelautan dan Perikanan, Takdir Manurung, SP.MP, Kepala Bidang Perkebunan, Dedi Iskandar,SE, Kasi Pemasaran dan Pengelola Perikanan, Muslim,SE.Sementara Tokoh Agama Ustad Hotsah Saragih, Khoya Bakri Samosir, M.Pd,di Mesjid Istiqlal Bandar khalifah, Jumat (17-05-2019) malam.

Dalam sambutan Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman melalui Sekertaris Dinas Kelautan dan Perikanan, Takdir Manurung, SP.MP mengatakan bahwa terlebih dahulu kami ucapkan permohonan maaf karena ketuan Tim VII H. Radianto, SP. MMA berhaalangan hadir dalam acara ini dikarenakan beliau sakit, mohon doanya agar beliau di sembuhkan seperti sediakala.

Takdir juga menyampaikan bahwa kehadiran jamaah sholat tarawih di Masjid Istiqlal ini mencerminkan bahwa masyarakat desa ini masih bersatu dalam akidah Islam.

“Kegiatan safari Ramadhan yang di laksanakan setiap tahun pada bulan Ramadhan ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan tali silahturahmi antar pemerintah dan masyarakat untuk menambah ikatan rasa persaudaraan kita sebagai umat beragama,” paparnya.

Diungkapkan, lanjut Takdir, sedangkan dalam rangka meningkatkan pembangunan di bidang ke Agamaan, pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai pada tahun ini memulai pembanguanan Masjid Agung Serdang Bedagai yang di biayai dari APBD Kabupaten untuk tahun Anggaran 2019 dengan pagu sebesar Rp 51 miliar.

Sebagai informasi, Masjid ini terletak di depan pintu masuk dan keluar Tol (Interchange) Teluk Mengkudu.

Kemudian, kata Takdir, Masjid termegah pertama kali di Serdang Bedagai ini akan di bangun 3 lantai di atas tanah seluas 26.321 M2 dengan luas Masjid 1.600 M2 dan memiliki menara dengan tinggi 50 meter. Masjid ini nanti di harapkan sebagai pusat aktifitas ummat Islam dalam kegiatan keumatan, pembangunan dakwah Islam serta menjadi pusat peradaban umat Islam di Kabupaten Serdang Bedagai.

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat dengan berbagai kelebihan dan keutamaan yang besar, bulan suci Ramadhan ini juga merupakan bulan penuh pengampunan.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, kami menyampaikan permohonan maaf yang setinggi -tingginya kepada seluruh masyarakat kami, jika selama kurun waktu pelaksanaan pemerintahan kami masih ada janji dan masih ada program yang belum terlaksana atau belum di laksanakan dengan baik, kami menyampaikan permohonan maaf, manusia biasa tentunya saya pun tak luput dari kekurangan,” tambahnya.

Sementara itu, Ustad Khoya Bakri Samosir,M.Pd menerangkan pentingnya silahturahmi antar agama dan masyarakat, di mana rakyat Indonesia telah selesai dalam pesta politik pemilihan legislatif dan presiden, dari itu sebagai pemerintah Serdang Bedagai mengucapkan terimakasih atas situasi aman dalam pesta demokrasi.

“Dari itu agama kita menegaskan perlunya silahturahmi,” terangnya.

Dalam kegiatan akhir safari Ramadhan disimpulkan bahwa masyarakat sangat membuka silahturahmi antar umat dan masyarakat di Kabupaten Serdang Bedagai, lanjutnya.

Dalam acara, di tutup dengan penyerahan tali kasih dari pemerintah Kabupaten Sergai dengan BKM Istiqlal.(fit/torong)