Anggota DPRD Jakarta Kunker Ke DPRD Medan

18 Juli 2019
Medan | Indonesia Berkibar News - Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Kunjungan Kerja (Kunker)  ke DPRD Medan, Kamis, (18-07-2019). Rombongan diterima Ketua Komisi III DPRD Medan, Boydo HK Panjaitan, didampingi Kasubbag Humas dan Protokoler Sekretariat DPRD Nurlela di Ruang Transit DPRD Medan.

Rombongan DPRD DKI Jakarta ingin mengetahui bagaimana Pemko Medan menjadikan pendapatan dari retribusi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Kami yang hadir disini berasal dari berbagai komisi untuk mengetahui bagaimana Pemko Medan menjadikan pendapatan dari retribusi untuk meningkatkan PAD," kata Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta  Pandapotan Sinaga.

Boydo HK Panjaitan mengatakan pendapatan retribusi di Kota Medan sangat minim. "Kalau itu, kita saja sangat minim pendapatan retribusinya. Contohnya retribusi parkir yang dikelola Dinas Perhubungan Medan yang hanya mendapat Rp19,71 miliar dari target 43,81 miliar," kata Boydo.

Begitu juga terjadi di pajak reklame pada tahun 2018 Boydo mengungkapkan Pemko Medan dari target Rp 107,22 miliar, Pemko Medan hanya mampu mendulang Rp 13,72 miliar.

"Kita (Medan-red) belum bisa seperti Surabaya yang bisa meraup Rp 192 miliar setahun. Padahal Medan ini hutan reklame, tapi dapatnya cuma Rp 13,72 miliar. Kita terus dorong ini agar PAD Kota Medan meningkat. Maka dari itu kita terus belajar dari Jakarta, karena Jakarta masih jauh lebih hebat dan canggih dari Medan," ungkapnya.(torong/zul)