Kesehatan Kabupaten Bener Meriah Teliti Penyebab Keracunan Siswa SD Negeri Bandar Lampahan


Bener Meriah | Indonesia Berkibar News - Bedasarkan terjemahan langsung dari Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi kepada Dinas terkait, dalam hal ini Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Perdagangan dan BPOM, untuk langsung membahas kegiatan terkait, apa yang menyebabkan musibah keracunan yang menimpa anak-anak kita di SD Negeri Bandar lampahan Atas, Kampung Rembune, KecamatanTimang Gajah, kata Bupati melalui Kabag Humas dan Protokol setdakab Bener Meriah Wahidi, S.Pd.MM, Rabu(31-07-2019).

Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi sa’at melihat langsung Murid SD yang di Rawat di Puskesmas Lampahan.

Seperti diketahui, begitu mendapat kabar tentang musibah itu tadi malam, Selasa (30-07-2019-red) bupati mendatangi langsung Puskesmas lampahan sedangkan anak-anak SD itu mengerti, tadi malam Bupati akan mendapatkan informasi dari pihak puskesmas lampahan, di mana ada 32 orang anak yang keracunan, 5 (lima) dirujuk ke Rumah sakat Umum Daerah (RSUD) Munyang Kute malam itu juga, 14 orang dirawat di Puskesmas dan 13 0rang di Observasi dan dibolehkan pulang kerumah masing-masing.

“32 orang yang keracunan, 5 orang dirujuk ke RSUD muyang Kute, 14 orangdirawat dipuskesmas dan sebanyak 13 orang hanya diObservasi dan setlah itu diperbolehkan pulang”, kata Hasminarti Kabid P2P (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) bagian survelans Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah.

Mendapat Instruksi dari Bupati, Kepala Dinas Kesehatan bersama timnya, bergerak cepat dengan yang akan datang lokasi kejadian, menantang Puskemas Lampahan, SD Neg. Bandar lampahan didesa Rembune serta rumah tempat pembuat jajanan itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah Iswahyudi, S.KM, M.Kes sa’at meninjau salah seorang anak yang dirawat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah Iswahyudi, S.KM.M.Kes, dengan cepat mejelaskan, Betul telah terbukti musibah itu, makanya kita dari Dinas Kesehatan begerak cepat, yang pertama kita lakukan dengan memberikan pertolongan yang maksimal untuk anak-anak kita yang Kembali musibah dan yang kedua kita langsung mengambil sampel makanan dan malam tadi (Selasa, 30-07-2019) kita kirim langsung ke Banda Aceh untuk diteliti di Laboraturium, apa yang penyebab pastinya terang Iswahyudi.

“Berkat penangan dan tindakan yang optimal dan  cepat dari tim kita (Puskesmas Lampahan) Alhamdulillah, dari semula 32 orang yang dirawat, samapai  pukul, 12.30 Wib hari ini, (Rabu, 31-07-2019) yang sudah pulang berjumlah  24 orang anak  dan sisanya  yang masih dirawat, di Puskesmas Lampahan tinggal 3 orang lagi, dan kita do’akan semoga hari ini, ketiganya   bisa pulang Insyaallah, sedangkan yang dirawat di RSUD Munyang Kute kondisi juga kita do’akan cepat pulih, insyaallah, mohon do’anya”, pinta Kadis Kesehatan Iswahyudi tersebut.

“Satu lagi terkait dengan sampel makanan yang kita kirim, hasilnya akan di umumkan besok, Kamis(01-08-2019)”, tandas Kadis Kesehatan, didampingi Ibu Hasminarti, Kabag Humas dan Protokol, Dinas Pendidikan dan Dinas Perdagangan Kabupaten Bener Meriah.(hamdnai)