Sekda Medan Pimpin Rapat Koordinasi Atasi Banjir, Transportasi & Sampah


Medan | Indonesia Berkibar News - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Sekda Ir Wiriya Alrahman MM memimpin Rapat Koordinasi dan Evaluasi Penanganan Banjir, Transportasi dan Persampahan di Ruang Rapat III Balai Kota Medan, Rabu (31-07-2019). Rapat ini digelar untuk mendengar sekaligus mengetahui berbagai progres serta rencana organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dalam mengatasi serta mengantisipasi ketiga permasalahan tersebut.

Didampingi Asisten Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Kota Medan Khairul Syahnan dan Kadis PU Kota Medan Isa Ansyari, Sekda mengungkapkan, rapat ini penting untuk dilakukan guna mengevaluasi setiap pekerjaan yang telah dilakukan OPD terkait. Dengan demikian, dapat diketahui program yang dijalankan dapat berjalan secara efektif. Terlebih, OPD terkait yakni Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Perhubungan (Dishub) serta Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan.

‘’Kita dihadapkan dengan berbagai persoalan klasik yang masih terus menerus dicari solusinya. Masyarakat membutuhkan kerja nyata dari kita semua sebagai seorang pelayan. Untuk itu, saya berharap di sini kita dapat sama-sama berkoordinasi dan menyamakan persepsi dalam menentukan langkah terbaik untuk mengantisipasi dan menangani berbagai permasalahan tersebut,’’ kata Sekda.

Kepada Dinas PU Kota Medan, Sekda mengatakan agar dapat membuat master plan untuk menangani masalah banjir khususnya di kawasan Lapangan Merdeka Medan. Salah satu caranya dengan membersihkan drainase dari sampah dan lumpur serta membuat crossing sehingga air dapat mengalir ke Sungai Deli. Sebab, selama ini kawasan Lapangan Merdeka kerap menjadi langganan banjir setiap kali hujan turun mengguyur Kota Medan.

Sekda menyarankan agar Dishub menempatkan seluruh petugas di titik kemacetan baik pagi, siang, sore dan malam. Diharapkan, dengan kehadiran petugas dapat mengurai dan meminimalisir terjadinya macet. Dengan demikian, seluruh masyarakat baik yang tinggal maupun yang melintasi Kota Medan tidak merasa terganggu kenyamanannya. 

‘’Kami berharap Dishub dapat menempatkan petugsnya di semua waktu. Sebab, Kota Medan saat ini tidak lagi mengenal jam macet. Sejak pagi hingga malam arus komuter sangat ramai dan padat. Guna mengantisipasi dan mengurai kemacetan kiranya petugas dapat bekerja sekaligus berkoordinasi dengan pihak kepolisian saat berada di lapangan,’’ pesannya.

Terkait mengenai permaslaah sampah yang sampai hari ini masih terus dicari solusi penanganannya, Sekda minta DKP Kota Medan agar membangun sinergitas dan kolaborasi dengan berbagai pihak yang dapat membantu menangani masalah tersebut. Selain itu juga menginstruksikan agar pekerja di DKP dapat berperan aktif memberi edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di sembarang tempat.(bundo)