8 Pelajar Kota Ichikawa Magang Di Sejumlah Sekolah

13 Agustus 2019
Medan | Indonesia Berkibar News - Sebanyak 8 pelajar dari Kota Ichikawa,  Jepang  mengunjungi Balai Kota Medan, Selasa (13-08-2019). Kunjungan dilakukan dalam rangka program pertukaran pelajar guna mempererat hubungan sister city  antara Kota Medan dengan Kota Ichikawa yang telah dijalin sejak tahun 1989.

Kedatangan kedelapan pelajar Kota Ichikawa bersama didampingi Mrs Emi Komatsu dan Mrs Yuki Hirose, mereka diterima Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi MH didampingi Asisten Ekbang Khairul Syahnan, Kabag Hakda Rivai Nasution serta Kabag Humas Arrahman Pane.

Rencananya kedelapan pelajar itu akan berada di Kota Medan selama 9 hari mulai 12 sampai 20 Agustus. Selama berada di Kota Medan, mereka akan tinggal di rumah orang tua asuh masing-masing. Selain menjalani program pertukaran pelajar,  mereka juga akan mengikuti upacara detik-detik Proklamasi RI.

Adapun kedepalan pelajar dari Kota Ichikawa itu yakni Ruka Kiuchi akan magang di SMA Negeri 1 Medan, Chiharu Suda (SMA Negeri 1 Medan), Kana Yoshino (SMA Negeri 1 Medan), Shuhei Nimura (SMA Negeri 1 Medan), Arika Wada (SMA Prime One), Hinaka Tanno (SMA Syafiyyatul Amaliyyah), Aoi Sudo (SMA Syafiyyatul Amaliyyah), dan Satoru Tsumura (SMA Harapan 1).

Wakil Wali Kota pun mengucapkan selamat datang di Kota Medan. Dikatakannya, Medan adalah ibukota Provinsi Sumatera Utara dengan  wilayah luasnya 26.510 hektar, serta terdiri dari 21 kecamatan, 151 kelurahan dan 2001 lingkungan.

"Saya ucapkan selamat datang ke Kota Medan. Selama berada di Medan, saya berharap semua merasa senang dan betah sehingga begitu kembali ke Kota Ichikawa Ichikawa dapat membawa pengalaman yang berharga," kata Wakil Wali Kota.

Selanjutnya Wakil Wali Kota menjelaskan, pertukaran pelajar merupakan bagian dari peningkatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang yang telah terjalin pada berbagai sektor kehidupan, khususnya antara Kota Medan dengan Kota Ichikawa.

"Saya rasa program ini cukup efektif dalam dunia pendidikan. Selain bertukar ilmu pengetahuan, pelajar Kota Ichikawa di Kota Medan ini juga mendapat pengalaman serta memiliki jaringan pertemanan baru yang dapat terus terjalin hingga dewasa nantinya," ungkapnya.(bundo)