Jamaah Haji Kloter 7 Tiba Asrama Haji Disambut Plh Bupati Sergai Darma Wijaya

29 Agustus 2019
Medan | Indonesia Berkibar News - Jamaah Haji Sergai Tergabung Dalam Kloter 7 Embarkasi Medan Tiba di Tanah Air ,Kamis (29-08-2019)di  Asrama Haji Medan

Kedatangan Rombongan disambut Plh Bupati Sergai H Darma Wijaya,Sekda Hadi Winarno, MM,Kabag TU Kemenag Provsu H. David Saragih,Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman, Kabag Kesra Arianto, S.Pd, M.Si,para jamaah haji dan keluarga dari Jemaah Haji.

Ketua Kloter 7 Embarkasi Medan Drs H. Syarif Husen, S.Ag mengatakan jumlah seluruh Jemaah Haji Kloter 7 MES Embarkasi Medan saat berangkat adalah 391 jamaah, yang wafat satu orang atas nama Fatimah Zahara disebabkan circulatory diseases (jantung) dan dimakamkan di Sharaya, Makkah.

 Kemudian terdapat satu orang jamaah tawassul  (mutasi masuk) dari kloter lain yaitu  atas nama Nurlela Abdul Malik binti Abdul Malik asal Kabupaten Deli Serdang.Jumlah Jemaah Haji kembali ke tanah air pada hari ini adalah 391 jamaah dengan perincian 187 orang dari Kabupaten Sergai, 184 orang dari Kota Tebing Tinggi, 10 jamaah dari Kota Gunung Sitoli, dan 1 orang jamaah dari Kota Binjai. Kemudian para Jemaah Haji didampingi TPHD/TKHD kabupaten/kota dan petugas TPHI dari Kementerian Agama pusat.

Plh Bupati Sergai H Darma Wijaya mengungkapkan rasa bahagia dan bersyukur atas kepulangan jamaah haji Kloter 7 Embarkasi Medan pada hari ini yang sejak sore telah kami nantikan.

"Alhamdulillah semua jamaah dari Sergai yang dipimpin oleh Ketua TPHD Ir H Soekirman senantiasa sehat wal'afiat dan lancar melaksanakan ibadah haji hingga kembali saat ini. Selamat datang kembali ke tanah air para tamu Allah, semoga menjadi Haji yang mabrur dan mabrurah," paparnya.

Ketua TPHD Sergai Ir H Soekirman mengungkapkan rasa syukur dan ucapan Alhamdulillah kami dari Kloter 7 Embarkasi Medan telah kembali ke tanah air dengan selamat dan sehat wal'afiat.

"Saya apresiasi terhadap pemerintah atas baiknya pelaksanaan dan penyelenggaraan haji tahun ini mulai dari keberangkatan, pemondokan, pelaksanaan ibadah haji sampai kepulangan berjalan lancar dan sukses," paparnya.

Usulan kepada pemerintah bahwa dipandang perlu jika ada kuota tambahan kiranya diprioritaskan kepada calon Jamaah Haji yang juga bersedia mendampingi calon Jamaah Haji resiko tinggi (Risti). Berdasarkan pengalaman banyak jamah haji Risti tersebut justru malah merepotkan jama'ah lainnya dikarenakan harus meluangkan waktu untuk ibadah juga harus menjaga jamaah Risti tersebut,harapnya.

Saat jamaah haji pulang kerumah dan disambut oleh keluarga masing-masing jemaah. Begitupun dengan Ketua TPHD Sergai H Darma Wijaya, kepulangannya disambut penuh haru oleh seluruh keluarga, masyarakat dan jajaran OPD Sergai di kediamannya Kelurahan Batang Terap Kecamatan Perbaungan. 

Saat berada di kediamannya, Soekirman mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Sergai. 

“ Berkat doa masyarakat, seluruh Jemaah Haji  dapat melaksanakan ibadah haji dengan khusuk dan pulang dalam keadaan sehat walafiat,” katanya.

Dikatakan Soekirman bahwa keberangkatannya berhaji sebagai TPHD dan menjadi TPHD melalui beberapa tahapan seleksi. Sempat terbesit dalam hatinya, apakah saya bisa melakukannya padahal sehari-harinya selalu dilayani dan sebagai TPHD harus melayani. Namun, semua dapat dilakukannya dengan baik, ungkapnya penuh haru.(fit/a fauzy)