Bupati Sergai Sokirman Didaulat Sebagai Narasumber Rapat Regional PIID PEL Kemendes PDIT

6 September 2019
Sei Rampah | Indonesia Berkibar News - Bupati Sergai Soekirman Didaulat Sebagai Narasumber Pada Rapat Regional Program Pilot Inkubasi Inovasi Desa Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID PEL) yang digelar oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) di  Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta,Jumat (06-09-2019).

Selain Bupati Soekirman, diundang juga sebagai narasumber Bupati Banyuwangi Provinsi Jawa Timur Abdullah Azwar Anas, selaku Ketua Asoaiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Bupati Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat Dr H Najmul Akhyar, SH, MH

Pernyataan dari Bupati Sergai Ir H Soekirman usai melaksanakan kegiatan, kepada Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Drs H Akmal, M.Si melalui WhatsApp langsung dari Jakarta, Jumat (06-09-2019) malam.

Bupati Soekirman hadir didampingi oleh Kadis PMD H Ikhsan,AP, M.Si,  Sekretaris Kemendes PDTT Anwar Sanusi serta ratusan kepala daerah yang didampingi jajaran Dinas PMD, demikian dijelaskan Kadis Kominfo Drs H Akmal, M.Si.

Bupati Sergai Soekirman mengatakan  tujuan dari rapat tersebut adalah untuk membangun model pengembangan ekonomi lokal berbasis kemitraan antara Kelompok Usaha Ekonomi Masyarakat Desa (KUEMD), BUMDesa dan Pekaku Bisnis Profesional (PBP).

"Model yang dihasilkan dapat didiseminasikan dan direplikasi oleh desa-desa lain dengan penggunaan dana desa sebagai sumber investasi, percepatan, pengakhiran dan keberlanjutan program. Kabupaten Sergai potensi yang menjanjikan seperti pariwisata, pertanian, perikanan, industri dan infrastruktur lainnya yang sebagian besar telah dikelola BUMDesa maupun kemitraan pada program PIID PEL dengan tujuan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa," paparnya.

Terdapat 117 Desa se Indonesia yang mendapat bantuan dari Kemendes PDTT. Di Kabupaten Sergai, ada dua desa yaitu Desa Melati II Kecamatan Perbaungan dan Desa Buluh Duri Kecamatan Sipispis.Jika ingin meningkatkan pendapatan desa, maka potensi desa yang harus digali dan ditingkatkan inovasinya. Oleh karenanya, di Kabupaten Sergai dengan visinya Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan mengusung jargon baru "Pataya" yang merupakan pangan, pariwisata dan budaya, harapnya.

Terkait dengan pangan, hingga saat ini Sergai surplus beras dan sebagai penyokong produksi beras di Provinsi Sumatera Utara. Begitupun dengan produksi beras organik yang saat ini sedang digalakkan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

 Kadis PMD H Ikhsan, AP, M.Si mengatakan  terpilihnya Desa Melati II karena Desa ini memliki usaha peternakan sapi dan kambing dan Desa Buluh Duri karena pengembangan pengelolaan wisata arung jeram Sei Bahbolon yang sudah terkenal pada tingkat Nasional.

"Kedua Desa ini diharapkan mampu meningkatkan PAD serta dapat mensejahterakan masyarakat," harapnya.(fit)