Bupati Sergai Ir Soekirman Sambut Tim Wasev TMMD Ke 106 Di Desa Sipispis

18 Oktober 2019

Sipispis | Indonesia Berkibar News - Bupati Sergai Sambut Tim Wasev TMMD ke-106 Tahun 2019 di Desa Pispis Kecamatan Sipispis, Jumat (18-10-2019).

Bupati Sergai Ir H Soekirman mengucapkan selamat datang dan kehormatan atas kunjungan Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wassev) Program TMMD ke-106 Tahun 2019 dari PJO TMMD Mayjen TNI Hasanuddin, SIP, MM dan Pendamping dari PJO I/BB di Kabupaten Sergai pada hari ini.

"Kami berterima kasih atas dipilihnya Kabupaten Sergai sebagai lokasi pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 Tahun ini serta mengapresiasi keberhasilan program tersebut yang dipusatkan di Desa Pispis Kecamatan Sipispis ditandai dengan pembangunan jembatan sepanjang 43 meter, pembukaan jalan di Dusun V Desa Pispis sepanjang 700 meter dan 300 meter di Desa Silau Padang, serta pembangunan dua unit rumah tahan angin puting beliung," paparnya.

Selain pembangunan fisik, melalui program TMMD juga telah dilakukan berbagai kegiatan langsung kepada masyarakat seperti penyuluhan bela negara, penyuluhan anti narkoba, wawasan kebangsaan, hukum dan Kamtibmas, KB-Kesehatan, lingkungan hidup, kehutanan dan mitigasi bencana yang diharapkan mampu menambah wawasan masyarakat tentang permasalahan dan materi dimaksud, juga menjadi sarana mempererat manunggalnya TNI dan masyarakat.

 Melalui momen ini kami berharap kegiatan yang menyertakan kemanunggalan TNI dan masyarakat terus ditingkatkan dan menjadi lebih baik dimasa yang akan datang.Dari 237 desa di Sergai, Kecamatan Sipispis khususnya Desa Pippis merupakan salah satu daerah yang terpencil namun masyarakat Sipispis sangat kompak dan kondusif.Pembangunan jembatan serta hasil TMMD lainnya ini diharapkan menjadi pemancing dan pemacu semangat kita untuk semakin memajukan daerah.

Mayjen TNI Hasanuddin, SIP, MM selaku Ketua Tim Wasev TMMD ke-106 Tahun 2019 :
Atas nama pimpinan TNI-,AD selaku Penanggung Jawab Operasional (PJO) TMMD menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemkab Sergai khususnya Bupati dan Wakil Bupati, DPRD, serta seluruh masyarakat yang telah mendukung terlaksananya program ini.

Tujuan kedatangan Tim Wasev pada hari ini adalah untuk meninjau, pengawasan dan meminta saran serta masukan dalam rangka mengevaluasi kegiatan yang di selenggarakan TMMD ke-106 Kodim 0204/DS di Kabupaten Sergai.

Sasaran kegiatan fisik yang langsung ditinjau oleh Tim Wasev yakni pembangunan jembatan sepanjang 43 meter dan Normalisasi jalan sepanjang 1.500 meter, pembukaan jalan di Dusun V Desa Pispis sepanjang 700 meter dan 300 meter di Desa Silau Padang, serta pembangunan dua unit rumah anti gempa dan puting beliung, yang mana kegiatan TMMD tersebut merupakan usulan dari masyarakat.

Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin menyampaikan laporan progres TMMD ke-106 Tahun 2019 Kabupaten Sergai-Kodim 0204/DS. Sasaran kegiatan TMMD terbagi empat bagian yaitu Sasaran 1 adalah pembukaan jalan penghubung yang telah mencapai progres 65%. Selanjutnya Sasaran 2 yaitu Pembuatan Jembatan berkonstruksi besi, tahapnya telah memasuki 50%. Sasaran 3 yaitu Pembangunan Rumah Tahan Angin Puting Beliung dengan progres 40%. 

Sasaran keempat yaitu Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni dengan konsep segi delapan dirumah Bapak Suwanto dengan progres telah mencapai 80%.Hal-hal menonjol selama kegiatan antara lain hujan deras yang mengakibatkan longsor dibeberapa bagian jembatan dan jalan yang sedang dibangun. Namun semua dapat ditanggulangi dan dalam tahap finalisasi hingga rampung sebelum 31 Oktober 2019.

Sambutan Tokoh Masyarakat Desa Pispis, Rapendi Damanik mengatakan  rRasa kesyukuran kepada Allah SWT dan ucapan terimakasih kepada TNI atas apa yang telah diberikan melalui program TMMD. Kami sangat merasakan banyaknya manfaat dari program ini antara lain pembangunan jembatan, pembukaan serta perbaikan jalan disamping pembangunan rumah tahan gempa serta rehab rumah. Semoga program ini dapat terus berkesinambungan baik didesa kami maupun desa lainnya serta semakin kuat Manunggal TNI dan masyarakat.

Kegiatan diisi dengan peninjauan pelaksanaan sasaran TMMD, silaturahmi serta pemberian tali asih kepada masyarakat.(fit)