Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi Terima DIPA TA. 2020 dan WTP Lima Kalinya

21 November 2019

Banda Aceh | Indonesi Berkibar News - Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi  menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran ( DIPA)  Tahun Anggaran 2020 dari Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT sekaligus menerima Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke Lima kalinya secara beruntun  dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Aceh di Banda Aceh, Kamis(21-11-2019).

Dalam Siaran Pers Kementerian Keuangan RI Dirjen Perbendaharaan Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Aceh yang diterima oleh Humas dan Protokol Setdakab Bener Meriah dan diteruskan ke  Benermeriahnews.Id   tertera, bahwa Alokasi Transfer ke daerah dan Dana Desa meningkat Rp. 844 Miliar, dimana total belanja Negara yang disalurkan kepada Provinsi/Kabupaten dan Kota di Aceh mencapai Rp. 51,9 triliun, Alokasi Dana tersebut terbagi atas belanja pada Kementrian/Lembaga sebesar Rp. 24.74 triliun dan Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa sebesar Rp. 37,16 triliun.

Pada belanja Kementerian/Lembaga tersebar dalam 785 DIPA Satuan Kerja Se-Provinsi Aceh dengan rincian belanja Pegawai  sebesar Rp.6,7 triliun, Belanja barang Rp. 4,67 triliun Belanja Modal Rp. 3,38 triliun dan Belanja Bansos Rp.46,03 miliar.Adapun untuk Anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa menngalami peningkatan Rp.844 Miliar dibandingka dengan tahun yang lalu, alokasi Dana tersebut terdiri dari DAU sebesar Rp. 16 triliun, Dana Bagi hasil pajak  Rp. 604 Miliar, Dana Bagi Hasil  SDA Rp. 486 Miliar, DAK Fisik Rp. 2,7 triliun, DAK Non Fisik Rp. 3,4 triliun, DID Rp.514,9 Miliar, Dana Otsus Rp. 8,37 triliun serta Dana Desa Rp. 5,05 triliun.


Sementara Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi terakait dengan penerimaan DIPA TA. 2020 mengatakan,  untuk DIPA Kabupaten Bener Meriah perlu saya sampaikan, Kabupaten Bener Meriah adalah milik kita, daerah kita, mari kita bangun daerah kita, siapapun yang bertugas dia harus berpikir untuk membangun  Kabupaten Bener Meriah, tegas Bupati

Di samping Alokasi anggarannya harus bermanfat bagi masyarakat,  harus  juga  tepat sasaran, dan dikerjakan secara berjenjang oleh petugas lapangan yang  berkompeten serta hindari tindakan penyelewengan sekecil apapun, pesan Abuya Sarkawi.

”Saya minta tegas Bupati Tgk. H. Sarkawi,  jangan main main dengan anggaran. Lakukan pengawasan dan evaluasi, agar pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Bener Meriah  bisa berjalan sesuai dengan apa  yang telah direncanakan dan kita sepakati ,” tegasnya.

“Ingat  pesan Bupati, anggaran ini akan kita pastikan akan kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk pembangunan Bener Meriah, untuk kemakmuran rakyat Bener Meriah  dan untuk kesejahteraan rakyat Kabupaten Bener Meriah, dan sekaligus Bupati Tgk. H. Sarkawi juga menyambut dengan  baik pesan yang disampaikan oleh Presiden Jokowi  beberapa waktu yang lalu, agar semua para pejabat negara mulai dari  pusat sampai kedaerah  untuk segera membelanjakan anggaran tersebut untuk kemakmuran daerah masing-masing.


Terakait dengan penerimaan WTP yang kelima kalinya secara berturut-turut bagi Kabupaten Bener Meriah Bupati menyampaikan, “Ini merupakan  dorongan semangat  bagi seluruh steakholder di Bener Meriah  untuk bekerja  lebih baik lagi, baik dalam hal penggunaan mau pun pelaporan anggaran Pemerintah Kabupaten Bener Meriah,” kata Bupati Tgk. H. Sarkawi  usai menerima penghargaan WTP yang diserahkan oleh Plt. Gubernur Aceh Ir. Nova Iruansyah, MT. melalui Kabag Humas Dan Protokol Setdaka Bener Meriah Wahidi, S.Pd. MM.

"Setiap peraih WTP adalah tergantung kinerja mulai dari pimpinan sampai kebawahnya, “semua Kepala SKPK  dalam lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bener Meriah mari kita jaga   komitmen dalam hal penganggaran yang baik," kata Bupati Melalui Kabag Humasnya.(hamdani/ken pengamul)