Akhyar Canangkan Lapangan Merdeka Kawasan Bebas Sampah Dan Rokok

9 Februari 2020
Medan | Indonesia Berkibar News - Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi senam bersama seribuan warga di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (09-02-2020) pagi. Ini menjadi rangkaian kegiatan dalam car free day (CFD) pertama di tahun 2020.  Sejak pukul 06.00 WIB, warga tampak telah memadati area lapangan bersejarah tersebut.

Plt Wali Kota yang dapat senam bersama dengan para warga. Hal ini dimaksudkan agar Plt Wali Kota dapat bersilaturahmi dan bertatap muka langsung serta menjadi wujud bahwa tidak ada jarak antara permerintah dengan masyarakat. Dengan harapan, bersama-sama membangun dan membawa Kota Medan ke arah yang lebih baik.

Plt Wali Kota juga sekaligus meresmikan lorong taman bunga yang berada tepat di jalan menuju Pendopo Lapangan Merdeka Medan. Lorong taman bunga ini merupakan inisiasi dari Ikatan Keluarga Alumni Perguruan Tinggi Ilmu Kepamongprajaan (IKAPTK) Kota Medan.

Adapun makna dari lorong taman bunga yang berbentuk hati ini menggambarkan kebersamaan keluarga besar IKAPTK Kota Medan dalam berpartisipasi dan berkontribusi membangun Kota Medan. Apalagi, lorong taman bunga tersebut berisi dari berbagi jenis bunga yang melambangkan Kota Medan sebagai kota multikultural yang humanis, berdaya saing, sejahtera dan religius.

"Hari ini kami mengajak seluruh warga untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan serta mewadahi sampahnya masing-masing agar tidak berserakan.  Sebab, kebersihan bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah bersama unsur Forkopimda, tapi menjadi tanggungjawab kita semua," kata Wali Kota dihadapan seribuan warga yang hadir.

Sesuai dengan program Pemko Medan 'Yok Bikin Cantik Medan' yang terus gencar disosialisasikan ke masyarakat, akan dimulai dari kawasan Lapangan Merdeka. Apalagi, ungkap Plt Wali Kota, direncanakan bulan April mendatang Pendopo Lapangan Merdeka akan mulai direnovasi untuk memberi sentuhan dan wajah baru lapangan yang berada di tengah Kota Medan tersebut.

"Bikin cantik Kota Medan bukan hanya sekedar wacana tapi juga aksi nyata yang akan dilakukan. Salah satunya yakni merenovasi Pendopo Lapangan Merdeka sehingga masyarakat semakin nyaman menggunakannya untuk berbagai aktifitas positif. Maka dari itu, mulai hari ini jangan takut untuk menegur orang lain yang kedapatan membuang sampah sembarangan. Medan ini rumah kita bersama, maka kita jaga bersama. Yok Bikin Cantik Medan, Bersama Kita Bisa," jelasnya.(bundo)