Camat Wilayah I Sukses Melaksanakan Musrenbang RKPD Tahun 2021

12 Februari 2020
Nias Selatan | Indonesia Berkibar News - Musrenbang ini dibuka secara resmi oleh Bupati Nias Selatan yang diwakili Sekretaris Daerah, Ir. Ikhtiar Duha,MM., dan dihadiri Anggota DPRD Dapil I, diantaranya: Memoris Fau,SH., Yustina Repi, Biv. Tinanda Limbong,S.P
d.K., Purim Putri J. Dachi,SH.dan Aldika Wau,SH.

Camat Wilayah I (satu) yang terdiri dari Teluk Dalam, Onolalu, Fanayama dan Luahagundre Maniamolo dinilai berhasil melaksanakan Musrenbang RKPD Tahun 2021, bertempat di Baga Resort Hotel Pantai Lagundri, Kecamatan Luahagundre Maniamolo, Kabupaten Nias Selatan, Rabu (12-02-2020).

Serta juga dihadiri para Kepala OPD diantaranya Kepala Dinas Pendidikan, Nurhayati Telaumbanua,S.Pd.,MM., Kepala Dinas Sosial, Intansani Haria,SE.,MM., Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Ir. Yudika Duha, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Hartawan Halawa, unsur Pimpinan Kecamatan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Pimpinan Organisasi Massa (Ormas) serta Kepala Desa dan Ketua BPD dari empat Kecamatan.

Sekretaris Daerah, Ikhtiar Duha menyampaikan program pembangunan Kabupaten Nias Selatan Tahun 2021 fokus pada 3 (tiga) aspek, meliputi: pembangunan ekonomi, pembungunan infrastruktur dan pembangunan manusia. “Oleh karena itu dalam mewujudkan pembangunan ini ke depan diharapkan dukungan dan kerjasama semua pihak. Misalnya dalam mengusulkan pembangunan harus disertai dengan surat hibah dari masyarakat,” harap Ikhtiar Duha.

Melalui sambutannya itu, menyebutkan bahwa pada tahun 2020 ini Pemerintah Kabupaten Nias Selatan akan melanjutkan pembangunan Bandara Silambo sebagai aksesbilitas dalam mendukung pengembangan kepariwisataan. “Dengan dimulai lagi pembangunan tersebut tahun ini, sehingga direncanakan untuk dilanjutkan pada tahun 2021,” sebut Ikhtiar Duha.

Sementara dalam sambutan Memoris Fau mewakili Anggota DPRD Nias Selatan dari Dapil I menyatakan forum Musrenbang tingkat kecamatan sangat penting untuk menentukan arah kebijakan pembangunan pada tahun 2021. “Kami mengharapkan agar peserta Musrenbang dapat mengusulkan pembangunan yang paling prioritas  serta sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” harap Memoris Wau.

Agar usulan pembangunan dari kecamatan lebih fokus dan terintegrasi, Plt. Kepala Bappeda Kabupaten Nias Selatan, Abdiel Sonasa Amazihono,SSTP.,M.Ec.Dev., memaparkan jenis-jenis pembangunan yang telah terlaksana pada tahun 2019 termasuk pembangunan yang akan dilaksanakan di setiap kecamatan untuk tahun 2020.

Pada forum Musrenbang tahun ini, Camat Teluk Dalam, Dionisius Wau,SE.,MM., Camat Onolalu, Darnis Harita,ST.,M.A., Camat Fanayama, Arifman Fatizanolo Wau,SS.,MM., dan Camat Luahagundre Maniamolo, Rosmawati Dakhi, antusias memaparkan usulan prioritas pembangunan sebagaimana hasil Musrenbang Desa yang telah disampaikan oleh para Kepala Desa di wilayahnya masing-masing. (Mesiana Buulolo)