BI Perwakilan Sumut Gelar Digifest Sumatera 2020 Tanggal 29 Pebruari - 1 Maret 2020 Di Hotel Santika Dyandra

11 Februari 2020
Medan | Indonesia Berkibar News -  Bank Indonesia (BI) Perwakilan  Sumatera Utara (Sumut ) akan menggelar Digifest Sumatera 2020  di laksankan, mulai dari 29 Pebruari hingga 1 Maret  2020 di Hotel Santika Dyandra Jalan Kapten Maulana Lubis Medan.

“Pelaksanaan kegiatan Digifest Sumatera 2020 ini juga akan diselenggarakan secara serentak di seluruh wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia di pulau Sumatera, baik KPwDN Provinsi maupun Kota, “kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumut, Wiwiek Sisto Widayat didampingi  Kepala Grup Sistem Pembayaran dan Pelayanan Andi Wiyana, Kepala Grup Advecory dan Pengembangan Ekonomi Ibrahimsaat menggelar Bincang Bareng Media (BBM) Cafe Junction di Jalan Uskup Agung  Medan, Selasa (11-02-2020).

Di hari pertama pembukaan kegiatan Digifest Sumatera 2020 ini direncanakan akan dihadiri oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, serta Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumut, Wiwiek Sisto. Bukan itu saja, acara Digifest Sumatera 2020 ini nantinya akan diramaikan dengan pameran umum, coaching clinic QRIS serta talkshow.

“Kita buat talkshow untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap kebijakan Bank Indonesia, perkembangan dan tantangan ekonomi digital serta memperkenalkan layanan-layanan perbankan dalam kegiatan Digifest Sumatera 2020,"papar Wiwiek.

Selanjutnya  kalau talkshow nantinya akan diambil beberapa topik seperti kebijakan sistem pembayaran Bank Indonesia yang bertujuan untuk mensosialisasikan visi-misi dan kebijakan-kebijakan Bank Indonesia di bidang sistem Pembayaran, khususnya Quick Response Indonesian Standard (QRIS).

Lalu ekonomi digital yang tujuannya meningkatkan pengetahuan dan awareness masyarakat terkait perkembangan ekonomi digital,risiko dan tantangan yang akan dihadapi serta potensi yang dapat dimanfaatkan serta topik talkshow lainnya yakni layanan perbankan dengan tujuannya memberikan edukasi terkait perkembangan inovasi layanan perbankan serta meningkatkan akses layanan jasa keuangan.

“Untuk narasumber dalam talkshow nanti selain kita menghadirkan dari Bank Indonesia sendiri juga akan ada praktisi ekonomi digital maupun asosiasi akan ada juga perbankan di wilayah kerja (Wilker) masing-masing. Kita harapkan audiennya berasa dari pelajar, mahasiswa, akademisi, kaum milineal, pelaku usaha serta  Pemerintah daerah (Pemda), “kata Wiwiek.

Wiwiek  mengatakan Digifest Sumatera 2020 ini merupakan suatu upaya untuk mendorong penggunaan sistem pembayaran nontunai, mensosialisasikan kewajiban penggunaan QRIS untuk seluruh pembayaran melalui kanal QR Code di Indonesia, serta memperkenalkan inovasi teknologi dan layanan digital yang telah tersedia di Sumatera.

Wiwiek menjelaskan bahwa dampak dari Virus Corona di triwulan I ini masih belum tampak bagi perekonomian Indonesia, khususnya Sumatera Utara. Sebab penyebaran Virus Corona beresiko akan mempengaruhi perekonomian global dunia.

Menurutnya, pada rapat tertinggi Keputusan Dewan Gubernur BI 22-23 Januari kemarin, kebijakan BI-7 Day Reverse Repo Rate tetap 5,00%, , Suku bunga Deposit Facility (DF) tetap 4,25% dan Suku bunga Lending Facility (LF) tetap 5,75%.(torong)