24 April 2024

 


Doloksanggul | Indonesia Berkibar News - Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE mengusulkan 22.169,66 ha  untuk inventarisasi dan Verifikasi Penyelesaian Penguasaan Tanah dalam rangka Penataan Kawasan Hutan (PPTKH)  untuk peruntukan redistribusi sumber TORA kepada masyarakat Humbang Hasundutan. 

Hal ini disampaikan Kepala Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah Medan, Pernando Lumban Tobing ,SP, M.Si pada Acara Rapat Pembahasan Usulan Permohonan Inventarisasai dan Verifikasi Penyelesaian Penguasaan Tanah dalam rangka Penataan Kawasan Hutan Rabu(24/04/2024) di Aula Hutamas Perkantoran Tano Tubu, Doloksanggul.

Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE yang diwakili Kadis PUTR Humbang Hasundutan, Reinward Marpaung, ST menyampaikan bahwa Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) adalah tanah yang dikuasai oleh negera dan/ tanah yang telah dimiliki oleh masyarakat untuk diredistribusi atau dilegalisasi.

Tujuan TORA dari Kawasan Hutan adalah memberikan kepastian hukum atas penguasaan tanah oleh masyarakat di dalam kawasan hutan dan menyelesaikan sengketa dan konflik dalam kawasan hutan.

Rekapitulasi permohonan inventarisasi dan verivikasi yang telah disampaikan oleh Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan berada di 69 Desa yang tersebar di 10 Kecamatan. 

Dengan adanya rapat ini kepada seluruh pemerintah desa, kecamatan agar memberikan perhatian khusus agar setiap proses PPTKH/ TORA INVER sampai tahap penerbitan SK Sertifikat oleh ATR/ BPN dapat terlaksana dengan baik.

Sementara itu dalam laporan Kadis PUTR Humbang Hasundutan yang diwakili Kabid Tata Ruang Eliston Silalahi, ST melaporkan bahwa rapat ini merupakan tindaklanjut kegiatan Sosialisasi Balai Pemantapan Kawasan Hutan dan Tata Lingkungan Wilayah I Medan pada tanggal 17 s/d 19 Desember 2023.

Dinas PUTR telah melaksanaan Sosialisasi tingkat kabupaten tanggal 27 Desember 2023 dan tingkat kecamatan pada bulan Januari 2024.

Turut hadir pada rapat ini mewakili Kepala Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provsu, Kepala Kantor Pertanahan Humbang Hasundutan, Kepala UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Wilayah XI Pandan, Kepala UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Wilayah XII Tarutung, Kepala UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Wilayah XIII Doloksanggul, Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Humbang Hasundutan. (diskominfo/samuel lg)


 Langkat  | Indonesia Berkibar News - Untuk menjaga kebugaran dan stamina personilnya, Sat Samapta Polres langkat setiap paginya melakukan olah raga dengan cara lari dari Polres Langkat ke Lapangan Alun-alun Kabupaten Langkat. Olah raga tersebut bukan merupakan hukuman maupun penindakan, melainkan upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina anggota Sat Samapta.

Tapi ada yang lain dari hari biasanya, dikarenakan olahraga lari pagi kali ini, Rabu (24/04/2024) Wakapolres langkat Kompol Henman Limbong,S. P., S.I.K, dan Kabag SDM, Kompol Waskita Sheena Sari , SE, SIK, MH, ikut serta dalam kegiatan lari pagi tersebut.

“Saya ajak anggota Dalmas Sat Samapta untuk lari dari Polres ke Alun-alun Kabupaten Langkat ini agar dalam melaksanakan tugas dapat terlaksana dengan baik dan tidak sakit-sakitan karena kurang olahraga, ” ujar Kompol Henman Limbong.

Olah raga ini merupakan bagian kegiatan rutin bagi personil Dalmas Sat Samapta yang bertujuan untuk menjaga fisik dan stamina anggota yang merupakan modal utama dalam pelaksanaan tugas setiap hari, selain itu diharapkan pula dengan adanya kegiatan ini dapat membuat para anggota lebih kompak,” terang Wakapolres Langkat.

Ditambahkanya, dengan lari setiap usai apel pagi diharapkan anggota Dalmas Sat Samapta selalu terjaga kesehatan dan kebugaran fisiknya yang merupakan modal utama dalam pelaksanaan tugas setiap harinya, dengan kesehatan yang prima berarti siap menjalankan tugas dengan baik benar dan jujur.

“Pentingnya menjaga kesehatan dengan berolahraga, lebih baik mencegah penyakit dengan berolahraga dari pada mengobati berbagai penyakit nantinya. Dan dengan berolahraga pula kita juga bisa menjaga stamina agar selalu prima supaya melaksanakan tugas sehari-hari dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu,” kata Wakapolres Langkat Kompol Henman Limbong.(sfn)

23 April 2024

 


Langkat | Indonesia Berkibar News - Panitia Penyelenggara MayDay Tahun 2024 Kabupaten Langkat menjumpai Pj Bupati Langkat H. M. Faisal Hasrimy, AP., M.AP, terkait persiapan menjelang Hari Buruh Internasional bertempat di Rumah Dinas Bupati Langkat pada Selasa (23/04/2024) sore.

Hari Buruh Internasional Kabupaten Langkat untuk pertama kalinya diselenggarakan dengan rencana berbagai kegiatan, diantaranya : gerak jalan santai, makan bersama dan pembagian sembako.

Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy mendukung kegiatan yang direncanakan tersebut, katanya, Kabupaten Langkat harus menunjukkan kekondusifannya dalam Peringatan Hari Buruh Internasional Kabupaten Langkat 2024.

"Biasanya hari buruh identik dengan demo, tetapi hari ini kita buktikan Kabupaten Langkat bisa kondusif" kata Hasrimy.

Ketua Panitia Dahlan Ginting sangat berbangga kepada Faisal Hasrimy, katanya Pj Bupati Langkat tersebut sepemikiran dengan para buruh di Kabupaten Langkat.

"Baru pertama kali kami jumpa dengan pemimpin di Kabupaten Langkat, tetapi sudah sepemikiran" ucapnya.

Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy diakhir audensi tersebut  memerintahkan melalui Kepala Dinas Terkait agar mendukung dan mensupport kegiatan.(Sfn)


Pangkalan Susu | Indonesia Berkibar News
-Halal Bihalal menjadi tradisi masyarakat Indonesia untuk senantiasa memperkuat hubungan dan tali persaudaraan. Hal tersebut juga menginisiasi manajemen PT Pertamina EP Pangkalan Susu melaksanakan halal bihalal bersama pekerja dan stakeholder di lingkungan perusahaan. 

Kegiatan yang dipusatkan di halaman kantor besar PT Pertamina EP Pangkalan Susu Field tersebut dilaksanakan pada Selasa (23/04/2024) siang. 

Kegiatan tersebut dihadiri pekerja Pertamina dan stakeholder di lingkungan wilayah operasi. 

Adapun stakeholder yang hadir diantaranya Komandan Yonif 08 Marinir Letkol Marinir Suherman, Camat Pangkalan Susu Agung Tri Tantyo, Camat Brandan Barat Fathan Nur, Ketua MUI Pangkalan Susu Ahmad Shobri Lc, perwakilan instansi pemerintahan dan perusahaan, Media rekanan, hingga tokoh masyarakat sekitar.

Momen Halal Bihalal ini bukan hanya sebagai ajang maaf-memaafkan, tetapi juga sebagai kesempatan untuk mempererat hubungan yang erat dalam energi kebersamaan.

Pjs. Field Manager PT Pertamina EP Pangkalan Susu, Dian Kristian dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh perwira 

PT Pertamina EP Pangkalan Susu. Dian juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari seluruh stakeholder perusahaan dalam memastikan kelancaran Kegiatan hulu migas di Pangkalan Susu.

“Selamat Idul Fitri untuk kita semua. Pada kesempatan yang baik ini, mari kita kuatkan ikatan dan kerjasama kita untuk mencapai tujuan, yakni bersama-sama menjaga ketahanan energi nasional. Dengan kolaborasi yang baik, semua niat baik kita akan terwujud,” ujar Dian Kristian.


Rangkaian kegiatan halal bihalal tersebut dilanjutkan dengan salam-salaman sekaligus bermaaf-maafan antar sesama pekerja dan stakeholder. Acara ditutup dengan ramah tamah sekaligus makan siang dan foto bersama.(ERI)



Langkat | Indonesia Berkibar News -
Pj Bupati Langkat H. M. Faisal Hasrimy, AP., M.AP dukung sinergitas bersama penguatan Desa Bersih Narkoba, untuk menghadapi kompleksitas permasalahan narkoba di Sumatera Utara dalam kegiatan Workshop Indonesia Bersinar, bertempat di Hotel Grand City Hall Medan, Sumatera Utara, Selasa (23/04/2024).

Pj Bupati Langkat, H. M. Faisal Hasrimy, AP., M.AP dalam perbincangannya dirinya berkomitmen  mendukung serta bersinergi bersama dalam penguatan desa bersih narkoba dalam menghadapi kompleksitas permasalahan narkoba di Sumatera Utara. 

Workshop ini dilaksanakan bertujuan dan berpesan kepada masyarakat serta seluruh stakeholder yang ada di Sumatera Utara untuk mewujudkan kesadaran bersama agar menjaga diri, serta melawan keinginan-keinginan atau godaan-godaan untuk menggunakan Narkoba 

Dalam kesempatan ini Kepala BNN RI Komjen Martinus Hukom, S.I.K, M. SI menjelaskan, kegiatan workshop yang bertujuan untuk mencanangkan "BERSINAR" mulai dari desa-desa.

"Arti bersinar yaitu bersih dari narkoba, maka dari itu penegak hukum,pemerintah, tokoh agama dan tokoh masyarakat harus menyadari peredaran narkoba adalah ancaman manusia" ucapnya.

Martinus Hukom juga menyebutkan, Sumatra Utara adalah provinsi dengan pengguna narkoba terbanyak sebanyak 1 juta jiwa penyalahgunaan narkoba, tertinggi di Indonesia. 

"Kondisi ini sudah menghancurkan nilai-nilai kemanusiaan dan generasi masa depan yang akan menjalankan tongkat estafet di Indonesia emas 2045" tegasnya.

Kepala BNN RI tersebut berharap dengan workshop didiskusikannya masalah Narkoba di Sumatera Utara, dapat terpecahkan akar permasalahannya dan dapat terselesaikan menjadikan Sumatera Utara bebas Narkoba.(Sfn)


Humbahas | Indonesia Berkibar News -
Pasca putusan Mahkamah Konstitusi terkait sengketa hasil Pilpres 2024, Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto, S.H., S.I.K., M.H, Memantau langsung situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Humbahas. Selasa (23/04/2024)

Kapolres Humbahas menjelaskan Situasi Kamtibmas Pasca Putusan MK Pilpres 2024 di Kabupaten Humbahas dalam keadaan aman dan terkendali.

"Namun demikian Kita tetap siaga walaupun situasi dalam keadaan aman dan kondusif." Ucap Kapolres 

AKBP Hary Ardianto memantau langsung situasi Kamtibmas dengan melakukan pengecekkan ke kantor KPU kabupaten humbahas dan gudang logistik KPU yang berada di desa Pasaribu kecamatan Doloksanggul.

Dalam pengecekan tersebut, Kapolres didampingi oleh Kabag Ops Kompol Firman Peranginangin dan Kasat intelkam AKP Abner Lubis bersama anggota KPU.

Pengecekan tersebut dilakukan untuk memastikan tidak ada permasalahan atau gangguan Pasca putusan Mahkamah Konstitusi terkait sengketa hasil Pilpres 2024.

"Untuk antisipasi kejadian tidak diinginkan, kami telah memploting personil untuk melakukan penjagaan di kantor KPU dan Gudang Logistik, yang berjaga selama 24 jam." Tegasnya 

Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum dan menerima hasil keputusan yang dimana sudah berjalan sebagaimana mestinya.

"Keutuhan dan keamanan Kabupaten Humbahas adalah cerminan dalam kemajuan berpikir bagi kita semua." tutup Kapolres.(samuel  lg)

 


Langkat | Indonesia Berkibar News - Pj Bupati Kabupaten Langkat H. M. Faisal Hasrimy, AP., M.AP hadir dalam rangka kegiatan Halal Bihalal yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Langkat, Selasa (23/04/2024).

Pada kesempatan kali ini, Pj Bupati Langkat memberikan arahan saat memberikan sambutannya kepada Dinas Pendidikan Langkat, seperti meningkatkan potensi diri, meningkatkan kebersihan pada sekolah, dan membangun Mushalla disetiap sekolahan.

"Kami dorong agar dapat meningkatkan potensi diri, berikan dan ciptakan hal unik kita terapkan kurikulum merdeka ini, lalu meningkatkan kebersihan disetiap sekolah, khususnya kebersihan kamar mandi, serta dibangunnya mushalla disetiap sekolahnya," katanya.

Lanjutnya, Hasrimy sapaan akrab Pj Bupati Langkat mengatakan, kedepannya akan fokus kepada sekolahan, khususnya kebersihan kamar mandi dan Mushalla sekolah.

"Mungkin setelah ini kami rutin turun ke Kecamatan, kami akan fokus ke sekolahan kami akan melihat bagaimana kondisi sekolah-sekolah, tolong dijaga kebersihan sekolahnya dan khusus kepada kamar mandinya. Teruntuk Mushalla, bumi Langkat ini identik dengan kereligiusannya, jadi saya harap dan mendorong kepada seluruh Kepala Sekolah adanya bangunan atau pembangunan Mushallah disetiap sekolahnya," tegas Hasrimy.

Diakhirnya, Hasrimy berharap agar bisa terjalannya beberapa poin yang tadi ia sampaikan. "Mungkin itu, saya harap ini semua mampu kita jalankan, saya memohon maaf lahir dan bathin kepada semua," tutupnya.(sfn)

Diberdayakan oleh Blogger.