16 April 2024


 Pelalawan | Indonesia Berkibar News - Karena sakit hati ibunya dihina, seorang suami nekat menghabisi istrinya dengan menggunakan sebilah pisau dapur, di Desa Pesaguhan, Kecamatan Pangkalan Lesung, Kabupaten Pelalawan, Riau, Minggu (14/04/2024).

Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto dalam pers release, di Mapolres Pelalawan, Selasa (16/04/2024), menyebutkan pelaku HYL (27) mengakui dengan terus terang telah membunuh istrinya Mona Fidyawati Gule (25) karena sakit hati.

"Pelaku melakukan pembunuhan didasari motif karena sakit hati kepada korban yang telah menghina ibunya," ujar Suwinto.

Masih menurut Suwinto, pelaku dan korban ini merupakan pasutri yang telah menikah lebih kurang 9 tahun dan tinggal bersama orang tua pelaku.

"Pelaku dan korban tinggal serumah dengan orang tua pelaku di Perumahan karyawan Musim Mas," terang Kapolres yang telah sukses menyelesaikan dua kasus pembunuhan diwilayah hukumnya dalam waktu singkat.

Dilanjutkannya lagi, pelaku menghabisi korban dengan 17 tusukan benda tajam disekujur badan saat berada di rumah abang kandung korban.

"Kita telah menyita satu buah pisau dapur yang didapat pelaku dilokasi kejadian," jelasnya lagi.

Untuk saat ini pelaku sudah ditahan dirumah tahanan Mapolres pelalawan menunggu pelimpahan perkaranya kepada Kejaksaan Negeri Pelalawan.

"Untuk pasal masih kita kembangkan apakah ada motif lain selain dari pada sakit hati," tutup Suwinto mengakhiri. (ton).

15 April 2024


Tebingtinggi  | Indonesia Berkibar News -
Menjelang pemilihan kepala daerah serentak secara nasional pada 27 November 2024 sejumlah nama calon Walikota Tebingtinggi mencuat di tengah masyarakat. 

Pengamat Politik Dr Eddy Syofian M AP kepada media di Medan, Senin (15 /04/2024) menyatakan ada 9 Tokoh yang mulai digadang-gadang warga Kota Lemang ini.

Menurut mantan Pj Walikota Tebingtinggi ini nama-nama tersebut diperolehnya dari pertemuan silahturrahim Idul Fitri dengan para ulama, tokoh masyarakat dan pemuda beberapa hari lalu di kota Tebingtinggi. 

Mereka mengharapkan muncul Calon Walikota yang memiliki integritas dan mengenal seluk beluk dan warga dan kota Tebingtinggi ini.

Eddy Syofian menjelaskan 9 nama yang menjadi pembicaraan para tokoh dan politisi di kota ini dibagi pada posisi dengan latar belakang politisi, birokrat dan pengusaha yang sebagian besar putra daerah.

"Kesembilan nama tersebut Ir H Abdul Haris Lubis (Kadis Pendidikan Sumut), Basyarudin Nasution (Ketua DPD Golkar/ Ketua DPRD Tebingtinggi), Irman Irdian Saragih (Ketua DPC PDIP/ Wakil Ketua DPRD Tebingtinggi), Oky Doni Siregar (Ketua Partai Nasdem/ mantan Wakil Walikota Tebingtinggi), Brigjen Pol (Purn) H Monang Situmorang, Mayjen TNI Ilyas Alamsyah Harahap (Kas Kostrad), Muhammad Dimyathi (Pejabat Pengawas Utama Itjen Kemendagri/ mantan Pj Walikota), H Kamlan SH (Pj Sekda Tebingtinggi ) dan H Daniel Sultan (mantan Ketua KADIN/ Ketua KONI Tebingtinggi,” ujar Eddy Syofian.

Menurut Eddy, sebagain dari nama tersebut sudah ada yang melakukan sosialisasi melalui pertemuan dengan masyarakat bahkan sudah memasang Baliho, spanduk dan membentuk Relawan .

Eddy yang juga putra daerah TebingtInggi berharap agar sosok yang ingin menjadi Walikota  mengutamakan keinginanannya membangun kota dan menyejahterakan masyarakat.

Hilangkan Politik Transaksional

Sementara itu salah seorang tokoh masyarakat yang hadir di opertemuan silahturrahim Idul Fitri Drs H Hadi Winarno mengajak para ulama, tokoh masyarakat untuk memberikan edukasi kepada warga kota agar mereka memilih calon pemimpin tidak karena politik uang.

"Cara membeli suara dengan uang akan merusak demokrasi dan tatanan kehidupan masyarakat," ujar mantan Sekda Sergai ini yang diamani Buya Abu Hasyim.Siregar dan Ustadz Agus Khoir Nasution yang hadir pada pertemuan ini.

Para tokoh yang hadir diantaranya Dr Eddy Syofian, Drs Hadi Winarno, Ustad Agus Khor Nasution, Buya Abu Hasyim Siregar, Ustad Daulat Sibarani dan Ustadz Ilyas Lubis mengimbau agar para ulama dan tokoh masyarakat melakukan himbauan dan pendidikan politik agar masyarakat menghindar politik transaksional.

"Kalau para calon semua ingin menang sehingga berbagai cara dilakukan. Masyarakatlah yang sesungguhnya melakukan kecurangan jika dengan mau dibeli suaranya dengan uang atau sembako," ujar para tokoh masyarakat tersebut.(rel/torong)

14 April 2024


 Langkat | Indonesia Berkibar News  - Kasat Lantas Polres Langkat, AKP Marulitua, menjamin kelancaran arus balik Idul Fitri 1945 H 2024 dengan memberikan imbauan dan menyediakan layanan Pos Pelayanan bagi para pengendara di wilayah hukum Polres Langkat. Pada pos pelayanan Operasi Ketupat Toba, yang disampaikan pada Minggu(14/04/2024) Marulitua menjelaskan pentingnya keselamatan bagi para pengguna jalan.

AKP Marulitua mengimbau kepada para pengendara agar tetap berhati-hati selama perjalanan arus balik, terutama jika merasa lelah. Polres Langkat telah menyiapkan Pos Pelayanan di beberapa titik strategis, di mana para pengendara dapat beristirahat dan memanfaatkan layanan cek kesehatan gratis.

Kehadiran Kasat Lantas Polres Langkat dalam memastikan kelancaran arus balik Idul Fitri 1945 H 2024 menunjukkan komitmen Polres Langkat dalam menjaga keselamatan dan kenyamanan masyarakat. Dengan adanya imbauan dan layanan yang disediakan, diharapkan dapat mengurangi risiko kecelakaan dan memastikan perjalanan para pengendara berjalan dengan aman dan nyaman.

Pada kesempatan ini Akp Maruli menyampaikan informasi kepada masyarakat melaksanakan mudik balek menggunakan jalur Tol Simpang Besilam Tanjung Pura dan Jalur Tol Sei Karang Stabat Kabupaten Langkat dalam kondisi normal tidak ada kepadatan dan antrian panjang dikedua pintu Tol tersebut, tambahnya.(sfn)

  


Medan | Indonesia Berkibar News - Aliansi masyarakat di Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deliserdang, mengapresiasi telah ditangkapnya Edi Suranta Gurusinga alias Godol.

"Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi karena telah menangkap Edi Suranta Gurusinga alias Godol," ujar masyarakat, Minggu (14/04/2024).

"Dengan ditangkapnya Godol kehidupan masyarakat di Pancurbatu kembali nyaman tanpa adanya judi, narkoba serta letusan senjata api," ucap emak-emak tersebut.

Masyarakat juga berharap agar Godol untuk tidak dibebaskan karena dikhawatirkan dijika bebas akan berdampak terhadap anak-anak yang terjerumus dalam peredaran narkoba, judi serta kejahatan lainnya.

Untuk diketahui, penahanan terhadap tersangka Edi Suranta Gurusinga alias Godol sudah sesuai dengan prosedur hukum. Dalam prosesnya semua dilakukan secara terbuka tanpa ada yang direkayasa.

Sebagaimana yang berkembang di masyarakat seolah penahanan tersangka Edi Suranta Gurusinga alias Godol dipaksakan.

"Berkas perkara tersangka atas nama Edi Suranta Gurusinga alias Godol dengan Nomor : BP/131/III/Res.1.17/2024/Reskrim tanggal 26 Maret 2024 telah dinyatakan lengkap oleh JPU atau P21, dan selanjutnya pada 3 April 2024 tersangka dan barang bukti telah diserahkan oleh penyidik ke Kantor Cabang Kejaksaan Deliserdang di Lubuk Pakam (P22)," kata Kasi Humas Polrestabes Medan, Iptu Nasution, Sabtu (13/04/2024).

Berdasarkan hal tersebut, maka penahanan terhadap tersangka Edi Suranta Gurusinga alias Godol sudah sesuai prosedur dan berkas perkaranya sudah memenuhi persyaratan sehingga telah dilimpahkan ke Kejaksaan Cabang Lubuk Pakam.

"Terkait dugaan senjata api yang diamankan telah dilakukan pengecekan serta peyelidikan dan tidak terdaftar di buku register Dit Intelkam Polda Sumut sehingga bukan merupakan senjata organik TNI/Polri dan senjata itu terbukti adalah senjata ilegal dan dipastikan senpi tersebut ilegal," terang Nasution.(zul)



Langkat| Indonesia Berkibar News -
Guna memastikan kelancaran operasional pos pengamanan arus balik mudik Idul Fitri 1445 H, Pj. Bupati Langkat H. M. Faisal Hasrimy, AP., M.AP didampingi Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat Hussein Simatupang SIK SH MH dan beberapa Forkopimda Langkat melakukan tinjauan Pos Pelayanan Polres Langkat - OPS Ketupat Toba 2024.

Diantara 7 Pos Pelayanan Polres Langkat di sepanjang jalan lintas sumatera sampai dengan perbatasan Aceh, Pos Pelayanan Sei Karang dan 

Pos pelayanan Terminal pasar X hinai yang menjadi tinjauan Pj Bupati Langkat tersebut, pada Minggu (14/04/2024) siang.

Dalam peninjauan tersebut, Pj Bupati Langkat ingin pastikan keamanan dan kenyamanan pemudik dalam arus balik Idul Fitri 1445 H terhadap petugas Pos Pelayanan tersebut.

" Pastikan pemberian pelayanan kepada masyarakat betul-betul diutamakan dan keamanan lalulintas aman dan lancar" tegas Pj Bupati kepada petugas pos Pelayanan.

Pos Pelayanan tersebut menyediakan pengecekan kesehatan gratis oleh Puskesmas Kecamatan, Toilet, Tempat Beristirahat, Informasi arus mudik, arus balik, dan titik kemacetan lalu lintas. Nomor telepon penting Call center LKT : 112, PMI : 082277982332 dan RS Putri Bidadari 082276920000.

Kapolres Langkat Faisal Simatupang juga menghimbau kepada pemudik dalam arus balik Idul Fitri 1445 H, agar kondisi tubuh dan kondisi kendaraan benar benar di perhatikan.

" Kondisi tubuh dan kendaraan menjadi yang paling penting, pastikan itu benar benar terjaga. Kami sudah siapkan 7 Pos di jalan Lintas Sumatera sebagai tempat peristirahatan dan pengecekan kesehatan" tegas Kapolres Langkat.

Teungku Rifki (34) tahun pemudik asal Langsa, dalam wawancaranya menyampaikan : pengalaman mudiknya, baru tahun ini situasi lalulintas tidak ada kemacetan.

" Terimakasih kepada pihak Kepolisian, Pemerintah Kabupaten dan jajaran yang bekerja keras demi memberikan kenyamanan kami dalam mudik tahun 2024 ini" ucapnya.(sfn)

 


Medan | Indonesia Berkibar News -
 Kesiapan Partai Golkar dalam menghadapi Pilkada 2024, DPP Partai Golkar telah melakukan tahapan-tahapan penjaringan dan saat ini dalam tahap survey 1 dan keseluruhan penjaringan dari proses awal telah lama dilakukan. Bermula dari surat penugasan sehingga untuk penjaringan ini tidak ada lagi dilakukan pendaftaran pada DPD Provinsi atau Kabupaten/Kota.

"Tidak ada lagi penjaringan bakal calon kepala darah baik untuk tingkat provinsi maupun kabupaten kota yang akan  mengikuti kontestasi pada Pilkada 2024 digelar secara serentak pada November tahun ini," ujar Wakil Sekretaris Jendral DPP Partai Golkar Hasrul Benny Harahap SH MHum kepada penasumut.online, Sabtu (13/04/2024) di Medan.

Selanjutnya kata Hasrul Benny Harahap yang juga Wasekjen Pemenangan Pemilu (PP) Sumatera 1 DPP Partai Golkar mengatakan dalam menentukan siapa Calon Kepala Daerah (Cakada) yang akan diusung nantinya tentu PG lebih memprioritaskan kader Partai Golkar yang ada. "Kita partai besar, partai yang memiliki banyak kader pemimpin di negeri ini. Tentu saja dalam pemilihan kepala daerah nanti kita Partai Golkar akan memprioritaskan kader dari dari Partai yang sudah mumpuni," ucapnya.

Dikatakan, dalam menghadapi Pilkada serentak November 2024, partai berlogo pohon beringin sudah mempersiapkan strategi politik. Ketika rapat bertemu dengan calon gubernur, calon wali kota dan bupati. Dalam arahannya, Airlangga menyampaikan menargetkan Partai Golkar harus mampu meraih 60 persen.

Sampai tahap ini DPP Partai Golkar telah melakukan tahapan penjaringan dengan melakukan survey kepada Calon Kepala Daerah (Cakada) sehingga tidak ada penjaringan ataupun pendaftaran lagi di tingkat DPD. “Dalam survei yang sedang berlangsung, kita melihat simpatik dan elaktabilitas bakal calon di tengah masyarakat, DPP Partai Golkar yang membuka penjaring calon kepala daerah,” kata Hasrul.

Disinggung pencalonan Bobby Nasution menantu Presiden Jokowi yang akan mencalonkan diri dari Partai Golkar dan Ketua DPD Partai Golkar Sumut, Musa Rajekshah yang disapa Ijeck di Pilgub Sumut. Hasrul menegaskan Partai Golkar bakal lebih memprioritaskan kader. “Prioritaskan kader Golkar untuk calon gubernur, calon wali kota/bupati,” kata Hasrul yang berprofesi sebagai pengacara kondang di Sumut itu.

Sebagaimana diketahui, Bobby Nasution tampak menghadiri acara pengarahan untuk bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di markas DPP Partai Golkar beberapa waktu lalu. (torong/erde)

13 April 2024


 Kutalimbaru | Indonesia Berkibar News - Gerak cepat Personil Dit Reskrimum Polda Sumut dan Unit Reskrim Polsek Kutalimbaru yg turun ke TKP dan melakukan lidik terkait adanya Dumas dari Media Online tentang adanya judi tembak ikan di Dusun V Desa Pasar X Kecamatan Kutalimbaru. 

Pada hari Sabtu(13/04/2024) pukul 14.00 wib personil Dit Reskrimum Polda Sumut dan Unit Reskrim Polsek Kutalimbaru mengecek laporan dumas tersebut dan saat sampai di TKP tidak ditemukan adanya Mesin Judi tembak ikan.

 Sehingga kedepannya akan tetap melakukan patroli rutin ke TKP serta melakukan koordinasi dengan Perangkat Desa setempat dan memberikan himbauan kepada masyarakat.

Atas kinerja dengan bergerak cepat, dalam menanggapi pengaduan masyarakat, Pemerintahan Desa serta Masyarakat sangat bersyukur dan mengapresiasi tindakan Personil Dit Reskrimum Polda Sumut dan unit Reskrim Polsek Kutalimbaru  yang turun langsung ke lokasi tersebut.(Edi)

Diberdayakan oleh Blogger.