28 Maret 2024

 


Langkat| Indonesia Berkibar News -
Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang SIK SH MH, memimpin langsung upacara serah terima jabatan Wakapolres Langkat, di lapangan Jananuraga Polres Langkat, Kamis (28/03/2024).

Jabatan Wakapolres Langkat yang sebelumnya dijabat oleh Kompol Hendri ND Barus, SH, SIK, MM digantikan oleh Kompol Henman Limbong, S. P., S.I.K. yang sebelumnya menjabat Kapolsek Pelabuhan Belawan. Sementara Kompol Hendri ND Barus, SH, SIK, MM dimutasikan sebagai Pamen RO SDM Polda Sumut (dalam rangka Dik Sespimmen Polri Dikreg ke-64 TA 2024).

AKBP Faisal dalam kesempatan itu menyampaikan, bahwa serah terima jabatan dalam suatu organisasi merupakan hal yang rutin dilaksanakan, karena ini merupakan salah satu proses organisasi dalam upaya memberi kesempatan pada anggota untuk mengembangkan karir serta menjadi siklus yang memang harus dilakukan demi tercapainya tujuan organisasi.

“Jadi, tanggung jawab atas suatu jabatan adalah amanah sekaligus kepercayaan, dimana di dalamnya mengandung konsekuensi yang tidak ringan, sehingga setiap jabatan dituntut untuk dapat menampilkan kinerja terbaik agar mampu membawa perubahan dalam organisasi yang dipimpin kearah yang lebih baik,” ujarnya.

“Saya yakin dan percaya hal ini tentunya telah dilaksanakan oleh pejabat lama yang telah menyerahkan kepada pejabat baru,” lanjut Kapolres

Selaku pribadi dan sebagai Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat Husein, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya atas pengabdian dan dedikasinya kepada Kompol Hendri ND Barus, SH, SIK, MM selama menjabat menjadi Wakapolres Langkat.

“Selamat menempuh pendidikan Sespimmen Polri Dikreg ke-64, semoga diberi kesehatan kelancaran sampai dengan tupdik,” kata AKBP Faisal.

Ucapan yang sama juga disampaikan Kapolres kepada ibu Rani Hendri Barus.

“Terima kasih telah mendampingi bapak Kompol Hendri ND Barus, SH, SIK, MM selama menjabat sebagai Wakapolres Langkat, dan terima kasih atas kerjasamanya selama ini sebagai wakil ketua Bhayangkari cabang Langkat membantu ibu ketua cabang Langkat,” tuturnya.

Sementara itu, kepada pejabat baru Kompol Henman Limbong, S. P., S.I.K. beserta ibu, Kapolres Langkat menyampaikan selamat datang dan bergabung di Polres Langkat.

“Dan selamat atas kepercayaan yang diberikan Pimpinan untuk mengemban tugas baru di Polres Langkat”, ungkap Kapolres

AKBP Faisal juga berharap kepada Kompol Henman, untuk segera melaksanakan tugas barunya dan secepatnya menyesuaikan diri dengan lingkungan, sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.(sfn)

27 Maret 2024


 Langkat | Indonesia Berkibar News -
Pj.Bupati Langkat H.M.Faisal Hasrimy AP, MAP buka puasa serta silaturahmi bersama DP MUI Kabupaten Langkat, dewan pertimbangan MUI Langkat ormas Islam se Kabupaten Langkat bertempat di gedung Mabmi Kabupaten Langkat, Rabu (27/03/2024).

Ketua panitia Dr.Ibrahim Ishak MA berterima kasih atas kehadiran bapak/ibu di acara buka bersama sekaligus silaturahmi hari ini.

"kami pengurus MUI Langkat sudah lama ingin melaksanakannya namun baru terlaksana" ucapnya. 

"Semoga terselenggara acara ini lebih memperkuat kepengurusan serta menguatkan tradisi yang ada demi memajukan Langkat" tambahnya.

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan H.Syah Afandin SH menyampaikan rasa bangga dan senang atas terselenggaranya acara buka puasa serta silaturahmi, ini menunjukan solidaritas ormas islam di Kabupaten Langkat.

" Silaturahmi ini sangat penting tidak hanya pada saat ramadhan saja, silaturahmi harus di lakukan demi menyatukan persepsi agar Langkat sejahtera  dan religius" ucapnya.

"Secara pribadi saya dan kita semua memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada saudara Faisal Basri Hasrimy sebagai Pj.Bupati Langkat atas agamanya yang di emban beliau untuk mendedikasikan dirinya untuk kemajuan Langkat" ucap Syah Afandin.

M.Faisal Hasrimy menyampaikan dalam kegiatan tersebut bahwa silaturahmi ini dapat memanjangkan umur dan ia juga menyampaikan terimakasihnya kepada Syah Afandin.

"Atas didikannya kepada para perangkat daerah yang sudah di bentuk sebegitu bagusnya sehingga saya menjalankan tugas bisa maksimal. Tugas yang maksimal bukan untuk kita melainkan untuk masyarakat Langkat" ucapnya.

"Saya memohon kepada orang tua kami untuk selalu mengingatkan saya dalam menjalankan tugas di langkat ini, demi memberikan pengabdian yang terbaik, baiknya Pj di mata masyarakat maka baik pula presiden dan mentri di mata masyarakat, namun apabila buruknya Pj maka buruk juga la penilaian masyarakat kepada pimpinan kita" tambahnya.

Turut Hadir: 

-Sekda Langkat Amril,S.Sos,MAP

-Kakan Kemenag Langkat H.Ainul Aswad,MA 

-Kapolres Langkat di wakili AKP M.Syarif Ginting Kasat Intel Polres Langkat 

-Ketua PN Stabat di wakili Suhendra SH Kasubag Umum dan Keuangan PN Stabat. 

-Kajari Langkat di wakili Maura Meralda Harahap, S.H. (Kepala Sub Seksi Pertimbangan Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara Kejari Langkat) 

-Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs.H.Mulyono,M.Si

-Asisten Adm Ekbangsos H. Sukhyar Mulyamin, S.Sos, M.Si

-Staf Ahli Bid. SDM, Sosial dan Kemasyarakatan H.Sujarno, S. Sos

-Kadis Pendidikan Dr.H.Saiful Abdi,SH, SE, M.Pd

-Kadis Koprasi H.Syahrizal,S.Sos,M.Si

-Kalak BPBD  H.M.Ansyari,M.Kes

-Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika H. Sutrisuanto, S.Sos, M.AP

-Kabag Umum Mahardika Sastra Nasution,S.STP,MAP

-Kabag Kesra M.Suhaimi,S.STP,M.SP

-Ketua Baznas Langkat  H.Thantawi Jauhari MA, 

-Ketua MUI H.Zulkifli Ahmad Dian LC,MA

-Ketua Al Washliyah Langkat Drs.Syahrizal MZ.(Sfn)

 


 Medan | Indonesia Berkibar News  -Direktorat Lalulintas, Kepolisian Daerah Provinsi Sumatera Utara (Polda Sumut) dan Polres jajaran, tindak 24.437 kendaraan yang melakukan pelanggaran lalulintas di wilayah Sumatera Utara selama Operasi Keselamatan Toba 2024 .

Penindakan tersebut berupa tilang di tempat, teguran, Etle mobile, dan Etle statis yang dilaksanakan selama 14 hari. Mulai dari tanggal 13 Maret hingga 26 Maret 2024.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan, selama Operasi Keselamatan Toba 2024 Ditlantas Polda Sumut dan Polres jajaran, telah  memberikan tilang teguran sebanyak 18.934 orang baik itu kendaraan roda dua dan empat.

"Untuk tilang teguran sebanyak 18.934 pelanggar. Sementara untuk tilang di tempat sebanyak 5.055 pelanggar," ujar Kombes Hadi Rabu (27/03/2024).

Lanjut dia, selain itu untuk penindakan lewat Etle mobile sebanyak 71 orang dan Etle statis sebanyak 387 orang. Dengan total keseluruhan sebanyak 24.437 pelanggar.

Ditegaskan Hadi, Operasi Keselamatan Toba 2024 ini guna meningkatkan ketertiban masyarakat dalam berkendara dan juga untuk mengurangi angka kecelakaan lalulintas.

Ditambahkan Hadi, Polda Sumut meminta kepada seluruh masyarakat agar tetap patuh dalam berlalulintas.(zul)

 


Medan | Indonesia Berkibar News 
- Ahli Hukum Pidana, Dr Alpi Sahari SH MHum, mengapresiasi kinerja Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, karena berhasil mengungkap peredaran gelap narkoba di Sumatera Utara.

"Pengungkapan peredaran narkoba itu merupakan capaian menuju generasi emas sebagaimana komitmen Kapolri Jenderal Pol Listiyo Sigit Prawobo agar transformasi Polri yang Presisi melahirkan out put dan out come menuju Indonesia emas melalui generasi penerus bangsa termasuk peran personil Polri dalam mewujudkannya," katanya, Rabu (26/03/2024).

Hal ini juga telah ditekankan juga oleh Assdm Kapolri Irjen Pol Dedi Prasetyo bahwa dalam membentuk personil Polri yang unggul sebagai human capital atau sumber daya yang sangat berharga bagi Polri, yang perlu untuk selalu dirawat kesehatan mentalnya agar betul-betul dapat melaksanakan tugasnya secara professional dan paripurna. 

"Penekanan Assdm Kapolri merupakan bentuk derivasi landasan filosofis Pancasila pada sila Ketuhanan Yang Maha Esa dengan munculnya self Determination Theory pada landasan sosiologis," beber Ketua Program Studi Magister Ilmu Hukum Pascasarja UMSU tersebut.

Menurutnya, keberhasilan dalam pengungkapan peredaran gelap narkoba oleh Direktorat Narkoba Polda Sumut memfaktakan responsibitas Direktorat Narkoba Polda Sumatera Utara untuk mengantisipasi potensi gangguan kamtibmas dan kamdagri.

"Karena peredaran narkoba faktor penyebab dominasi terjadinya kejahatan salah satunya disebabkan pelaku yang terkontaminasi bahaya mengkonsumsi Narkoba (Self Determination Theory)," tutur Alpi yang sering diminta oleh Mabes Polri dan jajaran kewilayahan untuk memberikan keterangan ahli terutama perkara yang menjadi perhatian publik. 

Kombes Pol Hadi Wahyudi dalam keterangannya selaku Kabid Humas Polda Sumut pada Senin 25 Maret 2024 menerangkan pengungkapan tindak pidana yang dilakukan sejak 2023 hingga 2024 oleh Direktorat Narkoba Polda Sumatera Utara dan jajaran saat ini menempati ranking dua nasional karena berhasil menyita barang bukti narkoba sebanyak 1.122,35 kg. 

Responsibiltas Direktorat Narkoba Polda Sumatera Utara dalam pengungkapan peredaran gelap Narkoba berkontribusi turunnya tren angka kejahatan di Sumatera Utara sebesar 12,9 persen. 

Peredaran gelap Narkoba disamping dimaknai sebagai transnational crime juga merupakan crime humanity karena karakteristik kejahatannya tersistem, terstruktrur dan massif sehingga masih memerlukan tindakan tegas dengan menerapkan sistem pemidanaan berupa hukuman mati.  

"Pada tahun 1961 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menerbitkan instrumen hukum internasional, dibentuk dengan tujuan untuk memberantas penyebaran narkotika yang bersifat melawan hukum dan lintas batas negara," beber Alpi.

Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika merupakan kejahatan yang bersifat lintas negara (transnational crime), dapat mengakibatkan melemahnya ketahanan bangsa. Peredaran gelap narkotika merupakan kejahatan yang bersifat transnasional yang dilakukan dengan menggunakan modus operandi yang cukup canggih dan didukung oleh jaringan organisasi yang cukup luas, telah banyak menimbulkan korban, terutama dikalangan generasi muda. 

Kondisi ini sangat membahayakan bagi kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia. Oleh karena itu, dibutuhkan kebersamaan yang nyata dalam rangka menindak pelaku penyalahgunaan peredaran gelap narkotika. 

Tindak pidana narkotika tidak lagi dilakukan secara perseorangan melainkan melibatkan banyak orang yang secara bersama-sama, bahkan merupakan satu sindikat yang terorganisasi dengan jaringan yang luas yang bekerja secara rapi dan sangat rahasia baik di tingkat nasional maupun internasional. 

Apli menambahkan, dalam hubungannya dengan penegakan hukum, negara harus hadir dalam menegakkan hukum untuk mewujudkan perlindungan terhadap warganya. 

Sebagai sebuah negara yang menganut supremasi hukum (supremacy of law), Indonesia harus melakukan penindakan secara total terhadap penyalahgunaan peredaran gelap narkotika, bukan hanya kepada korban, tetapi juga kepada pelaku peredaran gelap narkotika, bahkan terhadap pihak ketiga yang mendapatkan keuntungan dari peredaran gelap narkotika. 

"Peredaran gelap narkotika mengikuti hukum pasar, yakni semakin tinggi permintaan maka akan semakin tinggi pula penawaran," pungkasnya.(zul)

 


Medan | Indonesia Berkibar News -
Pj Bupati Langkat H.M.Faisal Hasrimy AP,M.AP yang di wakilkan oleh Sekdakab Langkat H.Amril,S.Sos,M.AP menghadiri Rapat Koordinasi Penguatan Sinergi antara KPK, Kemendagri, BPKP dan Pemerintah Daerah di Wilayah l Kedeputian Bidang Koordinasi dan Supervisi bertempat di Aula Raja Inal Siregar Lt.ll Kantor Gubsu, Medan (27/03/2024).

Rapat Koordinasi Penguatan Sinergi antara KPK, Kemendagri, BPKP  dan Pemerintah Daerah mengambil tema : "Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih dan Berintegritas".

Rapat tersebut dihadiri oleh Forkopmda Provsu, Pimpinan Perangkat Daerah Provsu, Sekda Provsu,Bupati Kabupaten/kota ,seluruh Sekretaris Daerah dan Inspektur di wilayah Provinsi Sumatera Utara Kegiatan ini berfokus pada penyampaian Capaian Sementara Aksi Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah atau yang lebih dikenal dengan nama Monitoring Center for Prevention (MCP) sampai dengan Semester I Tahun 2024.

Kepala BPKP provinsi Sumatera Utara Bapak Fariz Firman  dalam sambutannya menyampaikan peran BPKP dalam pengawalan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah melalui SPIP Terintegrasi dan berbagai jenis pengawasan BPKP sejalan dengan penguatan 8 (delapan) Area Intervensi MCP.

"Disisi lain beberapa produk layanan BPKP bahkan sudah dijadikan sebagai Sub Indikator penilaian MCP seperti Kapabilitas APIP, Maturitas SPIP Terintegrasi,"sebutnya.

Pj Gubernur Sumatera Utara Bapak Hassanudin mengapresiasi kepada KPK, BPKP dan Kemendagri yang telah melaksanakan kegiatan Rapat koordinasi penguatan sinergi dalam upaya kita dalam peningkatan MCP di Sumatera Utara

Pada kesempatan ini beberapa catatan di seluruh area MCP tahun 2022 di Sumatera Utara secara umum telah menunjukkan perbaikan yaitu: pengadaan barang dan jasa 99,32,%, Manajemen ASN 97,57%, perencanaan dan penganggaran 97,5%, pengawasan APIP, 93,54 dan optimalisasi pajak daerah 83,15%

" Oleh karena itu saya mintakan pengelolaan dapat mendorong penyerapan APBD secara optimal selain itu penyalahgunaan anggaran terutama terhadap beberapa jenis belanja masih menjadi titik rawan korupsi sebut saja penyalahgunaan belanja barang dan jasa " ucapnya.

"Sinergi dan kolaborasi salah satu kunci percepatan pemberantasan korupsi untuk itu komitmen kita bersama dalam pencegahan korupsi,"tambahnya.

Deputi bidang koordinasi dan supervisi wilayah l bapak Didik Agung Wijanarko menyebutkan 

Deputi bidang koordinasi dan supervisi wilayah l KPK meliputi wilayah l provinsi : Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi dan Bengkulu.

"Bahwa tugas dan wewenang deputi bidang koordinasi dan supervisi adalah mempunyai tugas menyiapkan rumusan dan melaksanakan kebijakan di bidang koordinasi dan supervisi dalam penanganan perkara tindak korupsi,ucapnya".

Penilaian atas upaya pencegahan korupsi daerah dilakukan secara bersama oleh KPK, Kemendagri dan BPKP dengan jangka waktu setiap tahunnya.

"Upaya pencegahan korupsi daerah pemerintah daerah harus melakukan upaya pencegahan korupsi daerah yang di laporkan melalui monitoring center for Prevention (MCP) yang dapat di akses melalui JAGA id, "sebutnya.

Di lanjutkan dengan penyerahan penghargaan Delta MCP terbaik 2022-2023 yaitu: Provinsi Bengkulu, Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Karo dan Kota Binjai.(sfn)

 


Langkat | Indonesia Berkibar News - Operasi Keselamatan Toba 2024 telah selesai digelar di Polres Langkat Polda Sumatra Utara pada tgl 13- 26 Maret 2024.

Selama dua pekan, Sat Lantas Polres Langkat menilang sebanyak 520 pengendara yang melanggar lalu lintas.

"Jumlah penindakan pelanggar lalu lintas oleh Sat lantas polres Langkat sebanyak 520," kata Kasat Lantas Polres Langkat AKP Maruli Tua, S.H, Melalui Kasi Humas Polres Langkat AKP Rajendra kusuma kepada wartawan, Rabu (27/03/2024).

Dalam penindakannya, pelanggar sebanyak 520 ditindak secara manual.

Adapun pelanggaran terbanyak di antaranya pengendara roda dua atau sepeda motor yang tak memakai helm SNI sebanyak 322 pelanggar, Lawan arus 82 pelanggar, pengemudi di bawah umur 35 pelanggar, berboncengan lebih dari 1(satu) Orang 15 Pelanggar, Kenalpot Brong 5 Pelanggar, Marka jalan 46 pelanggar, melebihi muatan(overload) 15 Pelanggar. 

Kemudian insiden kecelakaan yang terjadi berdasarkan data ada sebanyak 4  kasus. 

Sedangkan korban meninggal dunia ada sebanyak 1 orang, lalu 2  korban luka berat dan 1 korban luka ringan

"Dan dari lakalantas mengakibatkan kerugian materil sebesar Rp. 5,200.000.-," ucap  Kasi Humas Polres Langkat.

Pihaknya kemudian mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban serta mengutamakan keselamatan berlalu lintas walau Operasi Keselamatan 2024 selesai, tambahnya.(sfn)

26 Maret 2024

 


Padangsidempuan | Indonesia Berkibar News - Yayasan Perguruan Islam (YPI) BM Muda Nurul Ilmi Padangsidimpuan salurkan bantuan sembako dan santuni anak yatim di bulan ramadhan 1445 H.

Kepala sekolah SD IT kumpulan Parkumpulan Siregar dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan SD IT Nurul Ilmi Padangsidimpuan sejak tahun 2018.

"Santunan anak yatim dan sembako ini berasal dari donasi yang dikumpulkan siswa -siswi SD IT Nurul Ilmi sejak Juni 2023 sampai Februari 2024, dengan tujuan mengajarkan anak didik disini akan indahnya berbagi dengan sesama", ungkap Parkumpulan.

Disini kami juga sengaja mengundang Bapak Pj. Walikota untuk dapat ikut membagikan donasi yang dikumpulkan anak - anak, tambahnya.

Kemudian, Komite sekolah Ismail Fahmi, S.Si, M.Si mengucapkan terimakasih kepada bapak Penjabat Walikota Padangsidimpuan Dr. H. Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes yang telah meluangkan waktu ditengah kesibukannya untuk hadir di kegiatan SD IT Nurul Ilmi ini.

"Mewakili Komite Sekolah saya ucapkan terimakasih kepada bapak telah hadir", ucap Fahmi.

Selanjutnya, Syahlan Ginting, SE. MAIMM selaku Wakil Pimpinan Perguruan Islam BM. Muda Nurul 'Ilmi mengatakan dalam kegiatan YPI BM Muda Nurul Ilmi berbagi kami mengemban amanah bahwa yayasan ini tidak hanya bermanfaat untuk anak didik tetapi harus mempunyai manfaat sekitar dan ini merupakan kegiatan rutin setiap bulan suci ramadhan.

"Saya harap bantuan ini dapat bermanfaat untuk bapak ibu dalam menyambut hari raya Idul Fitri 1445 H", ucapnya.

Pada kesempatan ini saya juga ingin mengucapkan terimakasih kepada bapak ibu sekalian yang telah mempercayakan anaknya untuk menimba ilmu di YPI BM Muda Nurul Ilmi Padangsidimpuan.

Penjabat Walikota Padangsidimpuan Dr. H. Letnan Dalimunthe , SKM, M.Kes dalam kesempatan ini mengucapkan terimakasih atas kontribusi YPI BM Muda Nurul Ilmi untuk masyarakat kota Padangsidimpuan.

"Saya harap bantuan ini dapat dipergunakan dengan sebaik - baiknya", ungkapnya.

Adapun  paket sembako yang dibagikan YPI BM Muda Nurul Ilmi Padangsidimpuan di ramadhan 1445 H ini sebanyak 350 paket dan santunan kepada 120 anak yatim yang berdomisili di sekitar tempat tinggal Ustad/Ustazah yang mengajar di YPI BM Muda Nurul Ilmi Padangsidimpuan.(Ahmad)







Diberdayakan oleh Blogger.