Bupati Sergai Ir Soekirman Narasumber Seminar Road To Youth Agripreneur Festival

5 Desember 2019

Medan | Indonesia Berkibar News - Bupati Sergai Narasumber Seminar Road to Youth Agripreneur Festival 2019 menuju Agrosociopreneur sukses di Era 4.0  di aula Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan, Kamis (05-12-2019).

Hadir Bupati Sergai Ir H Soekirman,Wakil Direktur (Wadir) I Polbangtan Medan Nurliana Harahap SP, M.Si, Kepala Dinas Pertanian Pertanian Sergai Radianto Panjis SP, MMA,Founder Bandung Permaculture Listriana Suherman dan Penyuluh Pertanian Ivan Kurniawan SP.

Sambutan Wadir I Polbangtan Medan Nurliana Harahap, SP, M.Si mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan dan diikuti oleh ratusan mahasiswa dari beberapa Universitas di Medan.

“Mari kita ikuti dengan baik, sebab narasumber yang dihadirkan  ini merupakan orang-orang yang berkompeten di bidang pertanian dan telah banyak mendapat penghargaan, seperti  halnya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman.

Sambutan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman juga ketua DPW Perhiptani Sumut dan Ketua Masyarakat Pertanian Organik Indonsia (MAPORINA) untuk Sumut menyampaikan materi yang berjudul Gerakan Peningkatan Pertanian Organik dan permasalahannya di Kabupaten Serdang Bedagai, “Di era teknologi informasi ini membuat kita malas untuk menulis dan saat ini segala macam ilmu dapat kita akses melalui telepon genggam kita.

"Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang baru dilantik oleh Presiden Indonesia Ir. H. Joko Widodo, sebut Soekirman, menginstruksikan untuk membentuk komando strategis Pertanian. “Nah, pengetahuan seperti itu dapat kita akses dengan mudah saat ini, seperti hal-nya juga dalam dunia kesehatan dan juga dalam dunia pertanian," harapnya.

Bupati juga menghimbau, pada era teknologi informasi saat ini, tidak usah khawatir akan ketinggalan informasi, dalam hal pertanian, jika kita mencari informasi perkembangan teknologi pertanian bisa dengan mudah kita dapatkan.

"Kabupaten Sergai tepatnya di Desa Melati II Kecamatan Perbaungan dan Desa Bulu Duri Kecamatan Sipispis, telah mengembangkan wisata desa. Wisata desa yang telah di kembangkan adalah bentuk pertanian yang menghasilkan jasa Dengan mengandalkan indahnya lahan pertanian. Dengan terjadinya perkembangan ini, tidak hanya menghasilkan produk saja namun juga dapat menghasilkan jasa, yang secara langsung dapat mensejahterakan warga di sekitar dalam waktu sekejap,"harapnya.

Usai menjadi narasumber di Polbangtan Medan, Bupati Sergai Ir H Soekirman melanjutkan menjadi narasumber di Seminar Revolusi Industri 4.0 dan pendidikan pertanian di aula Soeratman Kampus Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU).

Selain Bupati Sergai Ir H Soekirman, turut menjadi narasumber Direktur PPKS Dr. Ir. H.M Edwin Syahputra Lubis, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara Ir Dahler Lubis, MMA, Guru Besar Pertanian USU Prof. Dr. Ir Sharma Bakti, Ir. Zulkifli Ikhwan Harahap, serta puluhan mahasiswa dari beberapa universitas di Medan.(fit)