Kapolda Sumut Pimpin Sertijab Lima Kapolres Sejajaran Polda Sumut

18 Desember 2019

Medan | Indonesia Berkibar News - Di Aula Tribrata Polda Sumut Jalan SM Raja Km.10.5 Medan, Dilaksanakan Serah Terima Jabatan Kapolres Sergai, Kapolres Batubara, Kapolres Pelabuhan Belawan, Kapolres Humbahas Dan Kapolres Binjai Polda Sumut. Turut Hadir Dalam Serah Terima Jabatan Tersebut Waka Polda Sumut, Irwasda, Para PJU Polda Sumut, Para Kapolres Sejajaran Dan Ketua Bhayangkari Sumut, Rabu Pagi(18-12-2019).

Dalam amanatnya Kapolda Sumut mengatakan marilah kita memanjatkan Puji syukur terhadap kehadirat Tuhan, Allah Maha Kuasa atas segala limpahan rahmat dan karunia-nya, sehingga pada hari ini kita dapat hadir untuk mengikuti kegiatan “Upacara Serah Terima Jabatan Kapolres Serdang Bedagai, Kapolres Batu Bara, Kapolres Pelabuhan Belawan, Kapolres Humbang Hasundutan Dan Kapolres Binjai di Sejajaran Polda Sumatera Utara” di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

Serah terima jabatan dilingkungan polri merupakan salah satu proses pembinaan sdm melalui regenerasi struktural untuk mengisi jabatan strategis di tubuh polri guna kepentingan organisasi. Kita maklumi bersama, bahwa tanggung jawab atas suatu jabatan adalah amanat sekaligus kepercayaan, karena di dalamnya mengandung konsekuensi. Artinya saat ini dilantik, maka kita harus siap besok hari diganti.

Pada kesempatan ini saya selaku pimpinan Polda Sumut menyampaikan ucapan terimakasih kepada para pejabat lama yaitu:

1. AKBP Nugroho Tri Nuryanto, S.H., S.I.K, M.H atas pelaksanaan tugas yang baik sebagai Kapolres Binjai Polda Sumut dan selamat melaksanakan tugas yang baru sebagai Kapolres Jepara Polda Jawa Tengah.

2. AKBP Edwin Hatorangan Hariandja atas pelaksanaan tugas yang baik sebagai Kapolres Sibolgapolda Sumut dan selamat melaksanakan tugas yang baru sebagai Wadir Intelkam Polda Metro Jaya.

Terima kasih atas pengabdian dan dedikasi saudara-saudara beserta istri selama bertugas dan berkarya di Polda Sumatera Utara, semoga kebersamaan kita selama ini dapat menjadi pendorong dan inspirasi untuk mencapai kesuksesan dalam pelaksanaan tugas di tempat yang baru.

Ucapan selamat juga saya sampaikan kepada para pejabat yang mutasi di internal Polda Sumut yaitu:

1. AKBP Juliarman Eka Putra Pasaribu, S.Sos.,S.I.K., M.Si, semula menjabat sebagai Kapolres Serdang Bedagai Polda Sumut dan sekarang melaksanakan tugas sebagai Kabag Rbprorena Polda Sumut.

2.AKBP Robinson Simatupang, S.H., M.Hum, semula menjabat sebagai Kapolresbatu Bara Polda Sumut dan sekarang melaksanakan tugas sebagai Kapolres Serdang Bedagai Polda Sumut.

3. AKBP H.  Ikhwan, S.H., M.H, semula menjabat sebagai Kapolres Pelabuhan Belawan Polda Sumut, dan sekarang melaksanakan tugas sebagai Kapolres Batu Bara Polda Sumut.

4. AKBP Dr. M. Rahmani Dayan, S.H., M.H, semula menjabat sebagai Kapolres Humbang Hasundutan Polda Sumut, dan sekarang melaksanakan tugas sebagai Kapolres Pelabuhan Belawan Polda Sumut.

5.AKBP Romadhoni Sutardjo, S.I.K., semula menjabat sebagai Kabagops Polrestabes Medan, dan sekarang melaksanakan tugas sebagai Kapolres Binjai Polda Sumut.

6.AKBP Triyadi, S.H., S.I.K, semula menjabat sebagai Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sumut, dan sekarang melaksanakan tugas sebagai Kapolres Sibolga Polda Sumut.

7.AKBP Rudi Hartono, S.I.K, M.M, semula menjabat sebagai Kasat Binmas Polrestabes Medan Polda Sumut, dan sekarang melaksanakan tugas sebagai Kapolres Humbang Hasundutan Polda Sumut.

Saya percaya, selama bertugas di Polda Sumut dan jajaran tentunya saudara sudah paham betul peta kerawanan kamtibmas dan karakter masyarakat sumut, sehingga dalam bertugas pada jabatan yang baru, saudara tidak memerlukan waktu yang lama untuk beradaptasi,” sebut Kapoldasu.

Lanjutnya, saudara harus mampu menampilkan operasional kepolisian yang baik, dalam mengantisipasikerawanan kamtibmas dan mampu menjalin kemitraan yang sinergis bersama potensi masyarakat.

Saya berharap saudara dapat segera menjalin kerjasama yang sinergis dengan para pejabat utama dan kasatwil sejajaran polda sumut lainnya, sehingga tercipta soliditas dalam rangka kesuksesan pelaksanaan tugas dan dapat mengimplementasikan Tujuh Program Prioritas Kapolri dan Commander Wish Kapolda Sumut.

“Melalui Commander Wish kebijakan dan strategi Kapolda Sumatera Utara, kita memiliki arah dan motivasi dalam pelaksanaan tugas, guna menekan angka kriminalitas yang menjadi perhatian masyarakat, seperti curat, curas dan curanmor, kasus peredaran narkoba dan kasus-kasus lainnya. Terlebih lagi tugas sudah didepan mata untuk pengamanan Hari Raya Natal Dan Tahun Baru 2020 Serta Pilkada 2020 Mendatang. Lebih baik mencegah dari pada menanggulangi. Lakukan perubahan terhadap Mindset Dan Culture Setpara anggota ke arah yang lebih baik,”jelasnya.

Di akhir amanat Kapolda Sumut menyampaikan Jadikan jabatanmu jadi Ibadah bagi masyarakat Bangsa dan Negara. Dan kita harus Humanis dan bisa memahami tugas kita.

Demikian amanat saya, semoga Allah Swt, Tuhan Semesta Alam Senantiasa memberikan bimbingan dan perlindungan kepada kita dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara.(indra/zul)