Dinas BPBD Kabupaten Nias Selatan dan Masyarakat Kecamatan Onolalu Melaksanakan Gotong Royong Masal

22 Januari 2020

Nias Selatan | Indonesia Berkibar News - Masyarakat Kecamatan Onolalu bersama Pemerintah Daerah dalam hal ini Tim dari BPBD Kabupaten Nias Selatan melaksanakan gotong masal dengan tiga kegiatan sekaligus yaitu pemasangan jembatan darurat di sungai “Demba” Desa Hilialito Saua, pembersihan jalan antara Desa Hilialito Saua dengan Desa Hilifalago dan pelaksanaan rehabilitasi jalan antara Desa Hilinamozaua dengan Desa Hilimondregeraya menuju kota Telukdalam, Rabu (22-01-2020).

 Gotong royong masal ini dilaksanakan sepuluh Desa se-Kecamatan Onolalu yang dikoordinir oleh Camat Darnis Harita,ST.,M.A., didampingi Sekretaris Kecamatan Asahuku Laia,S.Kom.,M.M., dan turut diikuti Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Nias Selatan, Idealis Dakhi,S.Sos.,M.AP., dan Sekretaris BPBD, Sehati Halawa,SKM., bersama Anggota Koramil 12/Telukdalam, serta turut diliput dan didokumentasikan oleh Tim Liputan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias Selatan.

Camat Onolalu, Darnis Harita mengatakan untuk mengoptimalkan pelaksanaan gotong royong tersebut dibagi dalam dua kelompok yaitu satu kelompok berjumlah empat Desa, masing-masing dikendalikan oleh Kepala Desa Hilialito Saua, Baruhati Laia, Kepala Desa Hilifalago, Terwujud Gari,S.Pd., Kepala Desa Hilifarono, Persyaratan Bago,S.Pd., dan Kepala Desa Hilifalago Raya, Usulan Laia. Dengan kegiatan adalah pemasangan jembatan darurat di sungai “Demba” Desa Hilialito Saua dan pembersihan jalan antara Desa Hilialito Saua dengan Desa Hilifalago menuju Kota Telukdalam.

Kemudian satu kelompok lagi berjumlah enam Desa, masing-masing dipimpin secara langsung oleh Kepala Desa Hilimondregeraya, Kepala Desa Hilinamozaua, Kepala Desa Hilinamozaua Raya, Kepala Desa Hilisanekhe Hosi, Kepala Desa Hilikara, dan Kepala Desa Hilionaha. Dengan kegiatan merehabilitasi jalan antara Desa Hilinamozaua dengan Desa Hilimondregeraya menuju kota Telukdalam mengecor semen di beberapa titik yang rawan dilalui kendaraan,” ujar Camat Onolalu, Darnis Harita.

Ia menjelaskan bahwa gotong royong itu dilakukan masyarakat bersama semua unsur pemerintahan se-Kecamatan Onolalu sebagai wujud kebersamaan yang sudah membudaya dari leluhur kita hingga saat ini. “Untuk mengawali gotong royong tahun ini dilaksanakan dengan mengutamakan perbaikan infrastruktur seperti pemasangan jembatan darurat di sungai “Demba” Desa Hilialito Saua menggunakan batang kelapa karena sekitar bulan Oktober tahun 2019 roboh akibat hujan deras yang disertai banjir,” jelas Darnis Harita.

Selain itu, Camat Darnis Harita menyebutkan jalan penghubung Kecamatan Onolalu dengan kota Telukdalam khususnya antara Desa Hilinamozaua dengan Desa Hilimondregeraya sangat layak direhabilitasi karena kondisinya rusak berat sehingga sulit dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

“Untuk menanggulangi sementara kerusakan fasilitas-fasilitas tersebut, maka Pemerintah Kecamatan bersama masyatakat Onolalu melakukan gotong royong dengan secara swadaya. Rencananya gotong royong seperti ini akan terus dilakukan setiap hari Rabu untuk membersihkan fasilitas umum lainnya sembari mengharapkan bantuan dan perhatian pemerintah Kabupaten Nias Selatan terutama pembangunan Jembatan “Demba” Desa Hilialito Saua yang permanen dan lanjutan pembangunan jalan dari Desa Hilimondregeraya menuju Desa Hilinamozaua Kecamatan Onolalu,” harap Camat Darnis Harita.

Menanggapi keluhan masyarakat Kecamatan Onolalu pada kerusakan jembatan “Demba” Desa Hilialito Saua, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Nias Selatan, Idealis Dakhi, mengatakan akan koordinasi dengan Camat Onolalu untuk membuat proposal yang selanjutnya akan diteruskan kepada Bupati Nias Selatan termasuk kepada BPBD Provinsi Sumatera Utara guna mendapatkan bantuan penanggulangan pembangunan jembatan yang roboh akibat banjir pada Oktober 2019 lalu.

Bahkan Anggota Koramil 12/Telukdalam sangat merespon keluhan masyarakat Kecamatan Onolalu dengan turun tangan secara langsung untuk memperbaiki jembatan darurat di sungai “Demba” Desa Hilialito Saua agar aktivitas masyarakat kembali normal terutama para petani yang membawa hasil pertanian dari Desa ke Kota, demikian juga pegawai dan masyarakat dari Desa Hilifalago, Desa Hilifalago Raya dan Desa Hilifarono yang berurusan di Kantor Camat Onolalu diharapkan kembali normal seperti biasanya.

Atas kegiatan hari ini, Kepala Desa se-Kecamatan Onolalu mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Nias Selatan dan Anggota Koramil 12/Telukdalam yang turut memberi semangat kepada masyarakat dalam kegiatan gotong royong. “Hal tersebut tidak terlepas atas keras Camat Onolalu meskipun baru beberapa hari dilantik menjadi Camat namun hari ini langsung membuat gebrakan baru dengan mempersatukan unsur Pemerintah Kecamatan dan masyarakat melalui kegiatan realitas dan sangat bermanfaat. Harapan kami kegiatan ini akan terus berlanjut dimasa yang akan datang,” ucap Kepala Desa Hilimondregeraya, Sabata Laia dan Kepala Desa Hilinamozaua, Pipinlianus Laia. (Mesiana Buulolo)