Ketua Dekranasda Dairi Mengunjungi Pelatihan Pengelolaan Bisnis dan Manajemen Wirausaha Untuk Petenun di Silalahi

23 September 2022

 


Dairi | Indonesia Berkibar News– Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM menggelar pelatihan pengelolaan bisnis dan manajemen wirausaha tenun kepada para petenun yang ada di Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi – Sumatera Utara yang berlangsung mulai dari Tanggal 19 - 24 September 2022 di Aula Hotel Martabe Silalahi.

Pelatihan pengelolaan, berkesempatan dikunjungi oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu untuk bertemu dengan 32 orang para petenun sekaligus memberikan semangat dan motivasi, Jumat (23/09/2022)

Pelatihan menghadirkan narasumber Dr. Cut Kamaril Wardani dari Cita Tenun Indonesia dan Mohammad Rianto Utama dari Retota Sakti.

Romy mengatakan, pelatihan ini selain diberikan pengetahuan tentang pengelolaan bisnis dan manajemen wirausaha tenun, tentunya juga akan memberikan pengetahuan juga tentang pengenalan akan tenun Silalahi.

Selain itu, regenerasi dari para petenun ulos yang ada di Silalahi harus dilakukan sehingga tenun ulos yang sudah dikembangkan menjadi echo fashion tetap terjaga keberlangsungannya. Dekranasda saat ini sedang menyusun pembuatan buku ulos Silalahi. Hal itu untuk mengenalkan lebih dekat lagi ulos Silalahi kepada masyarakat Silalahi.

 " Pemerintah bersama Dekranasda Kabupaten Dairi ingin melestarikan kebudayaan sekaligus meningkatkan kesejahteraan para pengarajin ulos Silalahi," ucap Romy Mariani didampingi oleh Kepala Bidang Perindustrian Deby Panjaitan.

Dalam pengelolaan bisnis bagi para petenun ulos dikatakan Romy Mariani bukanlah sesuatu hal yang mudah untuk diterapkan karena para petenun melakukan pekerjaan berdasarkan pesanan pelanggan.

Menurut pengakuan dari narasumber, peserta yang mengikuti pelatihan ini sangat bersemangat.

Oleh karena itu, dalam kesempatan Romy sangat berharap agar ilmu yang diperoleh selama pelatihan dapat bermanfaat dan dapat diterapkan langsung sehingga mampu mengelola bisnis dan manajemen wirausaha tenun dengan baik. (Mrs)