Ketua TP PKK Kabupaten Dairi : Salah Satu Program PKK Dairi Adalah Program Dasawisma

29 September 2022

 


Dairi | Indonesia Berkibar News -
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny Romy Mariani Eddy Berutu mengatakan salah satu program PKK Dairi adalah program dasawisma. Melalui dasawisma, akan dilalukan pendataan terhadap keluarga secara detail oleh pendata melalui aplikasi online, yaitu Sidasa.

Hal itu disampaikan Romy Mariani saat menghadiri pembinaan PKK di Kecamatan Sumbul, Kamis (29/09/2022) di Aula kantor Kecamatan Sumbul.

Dalam kegiatan ini, Ia menekankan pentingnya dasawisma kepada para operator sidasa yang hadir dari Kecamatan Sumbul dan Kecamatan Silahisabungan.

Dalam dasawisma, Romy utarakan akan terdapat 10-20 rumah tangga dalam satu dusun yang digabung ke dalam satu kelompok. Hal tersebut akan mempermudah pemerintah dalam mengambil keputusan secara tepat untuk menjalankan program pemerintah.

Romy menerangkan, bahwa dalam satu dusun misalnya ada 5 dasawisma, dalam pendataan nantinya akan di data mengenai jumlah anak yang belum masuk paud, jumlah anak yang telah bersekolah. Dasawisma ini bertujuan untuk mendapatkan data yang lebih akurat dan akan terhubung langsung ke berbagai OPD. 

" Dasawisma ini akan membantu pemerintah dalam mengambil keputusan secara tepat seperti halnya dalam pemberian bantuan kepada masyarakat,” ujar Romi yang di dampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bahagia Ginting.

Romy Mariani juga mengharapkan agar dasawisma segera dibentuk dimasing-masing desa ataupun keluarahan melaui SK Kepala Desa, sehingga petugas pendata dilapangan dapat menjalankan tugas dengan baik.

" Dasawisma ini harus dilaakukan secepat mungkin," tegas Romy.

Selain itu, Ia menyampaikan bahwa PKK merupakan gerakan nasional yang bertujuan untuk mensejahterakan keluarga mengingat keluarga adalah kompinen terkecil dalam masyarakat. Bila keluarga sejahtera, maka dipastikan masyarakat juga akan sejahtera.

PKK memiliki 10 program, jika 10 program ini dijalankan maka akan membantu program pembangunan di desa maupun kabupaten. PKK ini adalah mitra pemerintah, sehingga PKK juga harus mendapatkan dukungan dari pemerintah.

Dalam pembinaan ini, juga dilakukan pelatihan tentang pengisian data dengan menggunakan aplikasi sidasa oleh tim ahli dari Dinas Kominfo serta sosialisasi tentang pentingnya posyandu oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Imelda Purba.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Camat Sumbul Tetap Lingga, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Sumbul, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Silahisabungan serta Ketua Tim Penggerak PKK Desa Kecamatan Sumbul. (Mrs)