Batu Bara Optimis Capai Target Sub PIN dan Stunting

8 Maret 2023


Batu Bara | Indonesia Berkibar News
- Pemkab Batu Bara melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) menyatakan optimis dapat mencapai target Sub PIN 2023 dan angka stunting 14% tahun 2024 mendatang.

Optimisme tersebut diungkapkan Plt Kepala Dinkes PPKB Kabupaten Batu Bara dr Deni Syahputra kepada wartawan di ruang kerjanya di Lima Puluh, Rabu (08/03/23).

“Dengan bantuan OPD kita optimis dapat mencapai target sub PIN 2023 dan stunting 2024,” kata Deni.

Dijelaskan Deni, pencapaian imunisasi tahap pertama Sub PIN di Kabupaten Batu Bara telah mencapai target 94% dari target nasional sebesar 95%.

Meski telah mencapai target tinggi, namun Deni mengaku pihaknya masih belum puas. Disebutkan, dinas yang dipimpinnya bekerjasama dengan OPD lain terus berupaya mencapai setidaknya target 95%. Bahkan Sekretaris Dinkes PPKB tersebut mengatakan akan berupaya dalam tiga hari kedepan untuk mencapai target diatas target Nasional.

“Masih ada waktu 3 hari ke depan untuk meningkatkan persentase capaian Sub PIN tahap pertama. Kita akan melakukan swiping ke rumah-rumah warga untuk melakukan imunisasi terhadap anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi polio. Tentu dengan melibatkan semua personel kesehatan hingga Bindes dan Posyandu,” kata Deni.

Diungkapkan dr Deni, selain melaksanakan imunisasi tahap pertama untuk menjangkau seluruh anak usia 0-59 bulan, saat ini pihaknya tengah bersiap-siap menggelar putaran 2 Sub PIN yang akan digelar 13-18 Maret 2023. “Dengan target yang sama diberikan imunisasi tetes polio kedua,” ucapnya.

Menjawab target Sub PIN Kabupaten Batu Bara, Plt Kepala Dinkes PPKB dr Deni Syahputra menyebutkan berdasarkan data online E-PPGBM (Elektronik- Pencacatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat) per 7 Maret 2023, Kabupaten Batu Bara sudah menjangkau 30.573 sasaran dari target 36.902 sasaran.

Sedangkan terkait penanganan stunting yang merupakan isu Nasional, dr Deni menegaskan kembali target 2024 Kabupaten Batu Bara dengan kisaran 14% sesuai target nasional yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. “Bahkan kalau bisa di bawah persentase itu,” harapnya.

Menurut Deni, ada 3 hal yang harus diperhatikan untuk mencegah stunting pada anak. Ketiga hal tersebut adalah asupan gizi anak, kebersihan lingkungan dan pendapatan keluarga.(j marbun)