Medan | Indonesia Berkibar News  - Tio Handoko terpilih dan dikukuhkan menjadi Ketua Umum SP Bun PTPN III (Persero) pada Musyawarah Luar Biasa Serikat Pekerja Perkebunan Tingkat Perusahaan (MUSLUBSERJATIP)  21 Februari 2018 di Gedung Pamitran, DSER II Sei Karang. 40 basis dari 52 basis yang ada mendukung dan memilih Tio Handoko sebagai ketua umum dan dipercaya untuk memimpin SP Bun 4 tahun kedepan. Tio Handoko adalah salah satu tokoh pendiri SP Bun, jiwa berorganisasi sudah mendarah daging pada diri beliau sehingga para pengurus basis yakin dan percaya Tio Handoko bisa membawa SP Bun kearah yang lebih baik dalam rangka memperjuangkan kesejahteraan karyawan tanpa mengenyampingkan hubungan industrial yang serasi dan berkeadilan.
Tio Handoko yang mendapat dukungan dari 40 basis dalam pidato perdananya usai dilantik dan dikukuhkan mengungkapkan rasa terima kasih kepada rekan-rekan pengurus basis yang telah mempercayakan kepada dirinya untuk memimpin SP Bun PTPN III. Tio mengajak setiap unsur pengurus dan anggota SP Bun tetap mempertahankan soliditas dalam menjalankan roda organisasi tanpa mengenyampingkan dinamika yang ada, dan sebagai salah satu fungsi utama serikat pekerja maka perjuangan SP Bun untuk membela karyawan harus tetap dilaksanakan dengan tetap menjalin hubungan industrial yang harmonis. “Harmonis itu penting tanpa harus menghilangkan entitas sebagai pejuang hak karyawan” Tegas Tio.
Seger Budiarjo, Direktur SDM & Umum PTPN III (Persero) Holding dalam sambutannya mengungkapkan apresiasi terhadap SP Bun PTPN III, ia berharap eksistensi SP Bun senantiasa memberi ruang dan arti positif dalam mendorong kemajuan perusahaan, setiap dinamika yang ada dalam berorganisasi akan mudah dilalui dan diselesaikan apabila ada iktikad baik dalam berorganisasi tersebut. Begitu juga sambutan dari pihak Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara, yang disampaikan oleh Ir. Raijon, SH (Kepala Seksi Persyaratan Kerja) mengatakan bahwa serikat pekerja bertujuan untuk membela kepentingan karyawan, meningkatkan kesejahteraan karyawan dan menciptakan hubungan yang dinamis, harmonis dan berkeadilan. Ia berharap SP Bun agar dapat menjadi serikat pekerja yang sehat, kuat, demokratis dan bertanggung jawab terutama dapat menjalin komunikasi positif kepada semua pihak.

Para pengurus harian yang terpilih sebagai unsur ketua adalah Tengku Rinel, Yudi Cahyadi, Hadisaputra, David Sinaga, Dedy Sastra, Ahmad Kamil. Sebagai Sekretaris  Umum adalah Junaidi dan Bendahara umum dijabat oleh Syahriadi Siregar.

Seperti diketahui, MUSLUBSERJATIP dilaksanakan atas permintaan sebagian besar pengurus basis yang merasa kecewa dan menilai pengurus SP Bun  tingkat Perusahaan yang lama dianggap tidak layak dan cakap untuk mengemban amanah organisasi. Rasa kekecewaan ini dituangkan dalam surat pernyataan sikap yang diserahkan oleh pengurus basis kepada Christian Orchard pada Senin (19/2) yang lalu.