Pemerintah Kabupaten Nias Selatan Musrembang RKPD Tahun 2019

23 Maret 2018
Nias Selatan | Indonesia Berkibar News - Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nias Selatan Tahun 2019, dilaksanakan di Aula Bappeda, Jl. Saonigeho Km. 3,5 Telukdalam, Kamis (22-03-2018).

 Musrenbang ini dibuka secara resmi oleh Bupati Nias Selatan , Dr. Hilarius Duha, SH., MH, Ketua DPRD Nias Selatan, Sidi Adil Harita, S.Sos, MA Kepala Biro Pemerintahan H. Afifi Lubis, SH , Gubernur Sumatera Utara  T Erry Nuradi diwakili  Kepala Bidang Sosial Budaya Dr. Drs. M. Ismail P. Sinaga, M.Si mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara, para Forkopimda, Plt. Sekretaris Daerah Ir. Ikhtiar Duha, MM, Staf Ahli, Asisten dan Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama.

 Dalam pelaksanaan Musrenbang itu adalah amanah Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, sebagaimana terungkap dalam laporan Kepala Bappeda Kabupaten Nias Selatan, Ir. Ikhtiar Duha, MM., yang juga sebagai Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Selatan.

 “Jadi Musrenbang yang kita laksanakan pada hari ini sebagai tindaklanjuti hasil pelaksanaan Musrenbang tingkat Desa/Kelurahan dan Kecamatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan”, ujar Ikhtiar Duha.

Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha melalui arahannya menyebutkan arah kebijakan pemerintah daerah untuk menjawab isu-isu strategis di tahun 2019 yaitu disasarankan pada pembangunan daerah Kabupaten Nias Selatan yang terdiri dari: Meningkatnya kualitas pendidikan dan tercapainya pendidikan dasar 9 tahun bagi penduduk usia sekolah; Penguatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat; Tersedianya infrastruktur dasar listrik dan air bersih yang cukup; Meningkatnya kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara; meningkatnya produksi dan produktifitas sektor perikanan dan kelautan; serta berkembangnya industri pengolahan hasil pertanian.

 “Untuk memujudkan Nias Selatan yang kita impikan, perlu dilakukan perencanaan pembangunan yang matang, konsisten, dan partisipatif. Artinya tidak hanya aparatur pemerintah, tetapi semua elemen masyarakat diharapkan ikut berpartisipasi dalam proses pambangunan,"papar  Bupati Hilarius Duha.

Bupati Nias Selatan menghimbau semua Kepala Perangkat Daerah dan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabup[aten Nias Selatan supaya bersungguh-sungguh dalam melaksanakan setiap proses pembangunan, mulai dari proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pelaporan, dan evaluasi

“Sehingga tujuan kita bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat kita wujudkan," harap Hilarius Duha. (Mesiana BLL/torong)