Wali Kota Medan : Pengemudi Angkutan Umum Harus Punya Kompetensi Memadai


Medan | Indonesia Berkibar News -  Sebagai wujud kepedulian  dalam  ikut berperan serta aktif dalam rangka menurunkan angka kecelakaan di jalan serta meningkatkan keselamatan jalan, Pemko Medan melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan kembali menggelar Pemilihan Awak Kenderaan Umum Teladan (AKUT) atau Abdi Yasa Teladan Tingkat Kota Medan tahun 2018 di Saka Hotel Jalan Ring Road Gagak Hitam Medan, Senin (09-07-2018).

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi yang hadir membuka seleksi itu, sangat mendukung penuh digelarnya Pemilihan AKUT tersebut. Dikatakannya, permasalahan di sektor transportasi mencakup banyak faktor diantaranya faktor manusia, kenderaan serta kondisi jalan. Namun faktor manusia (human error) dianggap paling banyak berkontribusi dalam suatu kejadian kecelakaan.

Atas dasar itulah tegas Wali Kota, pengemudi, khususnya pengemudi angkutan umum diharapkan mempunyai kompetensi yang memadai. “Tidak hanya memilihi pengetahuan yang luas dan ketrampilan mengemudi yang handal tetapi supir juga harus memiliki perilaku yang baik saat mengemudikan kenderaan di jalan raya,” kata Wali Kota.

Menyikapi pengembangan sikap dan perilaku yang baik dalam berkendara guna meningkatkan keselamatan jalan, Wali Kota mengatakan, perlu usaha yang sungguh-sungguh baik dari individu maupun faktor dari luar individu. Mengacu faktor inilah sambung Wali kota, makanya Pemko Medan menyelenggarakan Pemilihan Abdi Yasa Teladan Tingkat kota Medan 2018.

“Kegiatan yang kita lakukan ini bertujuan   untuk memberikan penghargaan kepada awak kenderaan angkutan umum atas prestasinya di bidang transportasi jalan sebagai wujud kepedulian Pemko Medan akan pentingnya peran awak kenderaan umum untuk ikut membangun perwujudan keselamatan lalu-lintas jalan,” ungkapnya.
         
Sementara itu Kadishub Kota Medan Renward Parapat didampingi Suriono selaku Ketua Pemilihan  Abdi Yasa Teladan Kota Medan 2018 menjelaskan, seleksi sekaligus pemelihan berlangsung mulai 8-13 Juli.  Sejumlah narasumber dari PT Jasa Raharja, Satlantas Polrestabes Medan, akademisi/profesional, BNN Provinsi Sumut, Dishub Sumut dan Dishub Medan.(bundo)