Edukasi

Loading...

Dewan Bener Meriah " Sorot " Kinerja Insfektorat Redelong

Bener Meriah | Indonesia Berkibar News  - Inspektorat yang bertugas membantu Kepala Daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan. Selain itu ada Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRK, Dinas, dan lembaga teknis daerah Kecamatan dan Kelurahan mendapat perhatian serius dari Anggota Komisi C Fraksi Hanura Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK)  Bener Meriah Safri Kaharuddin.

 Inspektorat membantu Bupati dalam melaksanakan tugas pengawasan dalam penyelenggraan pemerintahan, administrasi, organisasi dan tatalaksana yang menjadi acuan, arahan, ketentuan dalam pedoman penyelenggaraan peraturan daerah itu dinilai "mandul" dan perlu dievaluasi. 

 "Penting untuk dievaluasi kinerja Inspektorat Bener Meriah, karena sampai Triwulan ke tiga baru empat dinas yang bisa diselesaikan pemeriksaannya, "ungkap Safri Kaharuddin, yang juga salah satu didalam tim Badan Anggaran (Banggar), pada saat Rapat Badan Anggaran membahas nota perhitungan anggaran Tahun 2017 di Gedung Dewan setempat, Jum'at (03-08-2018). 

 Ia menilai Inspektorat Bener Meriah itu belum sepenuhnya berfungsi melakukan pengawasan dan pemeriksaan atas pelaksanaan kegiatan administrasi umum dan keuangan, pengawasan dan pemeriksaan kinerja pelaksanaan tugas pokok dan fungsi kelembagaan, pelaporan hasil pengawasan dan pemeriksaan, serta pemberian usulan tindak lanjut temuan pengawasan dan pemeriksaan.

 Selanjutanya, pemantauan dan evaluasi atas tindak lanjut temuan pengawasan dan pemeriksaan, pengembangan dan penyempurnaan sistem pengawasan belum maksimal.

 "Memang dilembaga Inspektorat kekurangan SDM, hendaknya Kepala dinasnya bisa proaktif dengan lembaga Dewan, jangan mendengar Lembaga Dewan merasa alergi dan ketika dibutuhkan tidak berada ditempat, "keluh Anggota Komisi C itu. Ia berharap kepada Plt. Bupati Bener Meriah Abuya Syarkawi untuk mengevaluasi kinerja Inspektorat di Negeri Penghasil Kopi Arabika itu.

 "Kami ingin ada satu pembenahanlah di Inspektorat, tempatkan orang-orang disana sesuai dengan disiplin ilmunya agar inspektorat menjadi tolak ukur keberhasilan dan cerminan dari Kabupaten bener meriah ini, "pungkas Safri Kaharuddin.(hamdani/rahman/torong)
Share on Google Plus
Loading...

0 komentar:

Posting Komentar